Comscore Tracker

Jangan Takut! Ini 7 Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum LDR Sama Pacar

Seandainya, jarak tiada berarti...

Gak semua orang bisa bertahan sama yang namanya LDR-an, alias Long Distance Relationship. Siapa sih yang betah harus berlama-lama jauh dari pacar? Padahal kehadiran pacar itu bisa menambah semangat dalam menjalani kehidupan yang agak weird ini. 

Tapi, gimana kalau kalian terpaksa harus menjalani hubungan penuh tantangan itu? Mau gak mau, kalian berdua harus menghadapinya. Masa iya, melepas beasiswa ke luar negeri hanya takut LDR-an sama pacar? Atau masa harus menolak tawaran kerja di perusahaan bergengsi di luar kota, hanya gara-gara takut berjauhan dengan si dia? 

Sebenarnya gak ada yang perlu dikhawatirkan saat menjalani hubungan LDR, kalau kamu sudah tahu mengenai apa yang perlu dipersiapkan. Kalau kamu sudah siap, akan lebih mudah menjalankanya. Siapkan hal-hal di bawah ini untuk hadapi LDR!

1. Persiapkan dirimu untuk merasakan kerinduan yang agak menantang. Kok menantang?

Jangan Takut! Ini 7 Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum LDR Sama Pacarunplash.com

kalau gak LDR-an, pasti bisa langsung ketemuan, nge-date walaupun sekedar makan bareng, atau main ke rumahnya. Kalau lagi LDR-an? Paling pol ya cuma telpon atau video call. Itupun kalau sinyal dan kuota kalian mumpuni.

Bergantung juga sama tempat si dia. Kalau beda negara, terus punya waktu yang berbeda, malah repot. Disana lagi pagi hari, disini sudah malam banget. Rindunya lebih menantang karena mungkin kita harus terpaksa menahan rindu atau belum merasakan kelegaan melepas rindu. Ooh rinduku padamu...

2. Mulailah cari kegiatan sebelum LDR-an sama pacar. Biar gak kangen terus dan melow melulu keingetan si dia

Jangan Takut! Ini 7 Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum LDR Sama Pacarunplash.com

Masa iya nanti ketika LDR-an, setiap harinya kamu ngelihatin kalender atau jam, chattingan melulu, hingga memandangi foto si dia terus menerus? Sah-sah aja sih sebenernya. Namanya juga bakalan kangen dan rindu, kan?

Tapi, gimana nasib aktivitasmu yang lainnya? Masa kerjaanmu hanya memikirkan dia aja? Kamu juga harus memikirkan dirimu sendiri. Mulailah mencari aktivitas yang bermanfaat misalnya gabung di organisasi, bikin usaha, meluangkan waktu dengan peliharaanmu, renovasi kamar dan sebagainya. Kangen boleh, tapi jangan sampai menyita seluruh perhatianmu hanya untuk meladeni rasa kangen.

3. Siapkah kamu menghadapi 'godaan' ketika LDR-an? Gak semua berhasil menghadapi godaan ini, lho.

Jangan Takut! Ini 7 Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum LDR Sama Pacarunplash.com

Hal yang wajib dipersiapkan adalah komitmen dan kepercayaan. Godaan terbesar saat LDR-an adalah kehadiran sosok yang seakan 'menggantikan' posisi si dia. Ketidakhadiran fisik pacar di dekatmu, membuatmu seolah gak punya pacar. Pada akhirnya, tergoda oleh cewek seksi di sebelah untuk menemani kesepianmu.

Padahal meski secara fisik gak nampak di dekatmu, tapi secara psikologis kalian masih saling terikat dengan hubungan asmara. Hargailah pacarmu yang disana sedang berjuang untuk setia sama kamu. Kalau kamu masih tergoda, coba bayangkan betapa menyakitkan bagi pacar jika dia tahu kelakuanmu disini. Kalau kamu beneran sayang, kamu gak akan menyakitinya, bukan?

Baca Juga: 7 Lagu LDR dari Band Alternative Lokal Ini Obati Rindumu pada Kekasih

4. Jangan lupa untuk selalu mengisi pulsa dan kuotamu. Biar komunikasi gak terputus!

Jangan Takut! Ini 7 Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum LDR Sama Pacarunplash.com

Sisihkan dan alokasikan uang yang kamu punya untuk mengisi ketersediaan pulsa dan paket internet. Namanya juga lagi LDR-an. Pasti yang diandalkan tentu saja komunikasi secara gak langsung, seperti via internet.

Jangan sampai ketika rindu sudah memuncak, eh pulsa dan kuota habis. Pilih paket internet yang mencukupi untuk dibuat videocall berlama-lama. Mau lebih praktis? pasang wifi di rumahmu. Boleh aja nebeng wifi di kos-an temen kamu atau di kafe favoritmu. Pokoknya pas videocall gak buffering dan gak burem!

5. Persiapan juga untuk menghadapi problem bersama, dengan jarak diantara kalian

Jangan Takut! Ini 7 Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum LDR Sama Pacarunplash.com

Mengatasi problem dalam hubungan asmara itu, paling enak kalau diselesaikan secara langsung. Maksudnya, kita bertemu lalu saling membicarakan permasalahannya. Ini akan lebih efektif dibandingkan kita menyelesaikan dengan perantara chatting atau telpon. Kalau ketemu langsung kan kita bisa tahu gestur tubuh, ekspresi wajah bahkan nada ketika mengucapkan suatu kalimat.

Kalau lewat chatting, bisa terjadi salah kaprah. Kalau lewat telpon, kita gak bisa memandang wajahnya. Via videocall? Bisa, sih. Tapi kita gak bisa menyentuhnya untuk sekedar menjadi gestur meminta maaf. Tapi apa daya sedang LDR-an. Mau gak mau, permasalahan harus diselesaikan meski gak bisa ketemu langsung.

6. Bersiaplah menjadi pemburu promo traveling. Lumayan kan, kalau dapat promo buat nyamperin pacar?

Jangan Takut! Ini 7 Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum LDR Sama Pacarunplash.com

Kamu bisa mengunjungi pacar kalau waktu dan uang memungkinkan. Namun, kemungkinan biaya yang dibutuhkan cukup banyak. Apalagi kalau LDR-an antar negara. Inilah waktunya kamu menjadi pemburu diskon dan promo traveling, guys.

Lihat aplikasi travel yang mungkin menyediakan diskon penerbangan atau potongan harga untuk menginap di hotel. Jangan malas untuk browsing dan mengurus segala keperluan untuk mendapatkan diskon itu, ya. Demi pacar dan dompet!

7. Siap-siap buat iri sama sobatmu yang bisa berduaan sama pacarnya tanpa terpisah jarak. Sial!

Jangan Takut! Ini 7 Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum LDR Sama Pacarunplash.com

Mungkin kamu akan berada dalam kondisi, dimana kamu harus melihat betapa damainya sobatmu saat berduaan sama pacarnya. Bisa suap-suapan, mendatangi suatu acara bareng dan mungkin bisa foto romantis berdua. Sedangkan kamu? Yah, nasib LDR ya begini. Cuma bisa menahan segala rindu dan ke-mupeng-an alias muka pengen! 

Tapi percayalah, teman-teman. Ketika kamu berhasil mengatasi problem LDR, maka kamu menjadi pribadi yang lebih hebat. Mempertahankan cinta ketika dibatasi jarak itu gak mudah, lho!

Baca Juga: 5 Hubungan Asmara yang Terasa Lebih Menyakitkan Daripada LDR

Putri Aisya Pahlawani Photo Verified Writer Putri Aisya Pahlawani

20% princess, 80% ordinary human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya