Comscore Tracker

Awas, 7 Kalimat yang Haram Diucapkan ke Sahabat yang Baru Putus Cinta

Bukannya menenangkan, malah bikin makin mewek!

Sahabatmu baru aja putus cinta? Sebagai sahabat yang baik dan setia, kamu sebaiknya menghibur dan mengembalikan semangatnya. Kamu pasti gak mau dong melihatnya terus menangis dan bersedih? Kamu bisa menghiburnya dengan berbagai cara, misalnya mengucapkan beberapa kalimat supaya dia bisa ceria lagi.

Tapi jangan sampai salah perkataan, ya. Kalimat di bawah ini malah bikin mood dia makin berantakan. Jangan dikatakan!

1. "Ah, cowok kayak gitu aja ditangisin. Jangan nangis, deh"

Awas, 7 Kalimat yang Haram Diucapkan ke Sahabat yang Baru Putus Cintaunplash.com

Kata "cowok kayak gitu aja" mungkin akan terdengar menyakitkan baginya. Memang seleramu dengan sahabatmu mengenai cowok itu berbeda. Tapi bukan berarti kamu 'merendahkan' mantan cowoknya, apalagi mengatakannya ketika sahabatmu lagi sedih berat seperti saat ini.

Meskipun sudah berstatus mantan dan kamu menilai kalau si cowok itu memang gak layak ditangisi, namun ingatlah bahwa cowok itu juga pernah jadi orang yang membahagiakan sahabatmu. Cowok itu pernah jadi orang yang sangat berarti baginya. Bukannya terhibur, yang ada dia bakalan makin kesal dan berpikir "bisanya kamu bilang kalau mantan cowok aku itu cowok kayak gitu aja?!"

2. "Tuh kan, aku bilang apa. Kalian itu memang gak cocok buat pacaran"

Awas, 7 Kalimat yang Haram Diucapkan ke Sahabat yang Baru Putus Cintaunplash.com

Jangan malah menyalahkan dia atas apa yang sudah terjadi. Kalimat itu hanya akan membuatnya semakin benci dengan keputusan yang sudah dijalaninya. Padahal cocok gak cocok itu subjektif. Apa yang menurutmu gak cocok, belum tentu dinilai sama oleh sobatmu.

Jangan pula menyalahkannya, karena gak menuruti dan mempercayai apa pendapatmu. Sadarlah bahwa semua keputusan akan kembali kepada orang yang menjalaninya. Keputusan untuk tetap berpacaran adalah keputusan sahabatmu. Sehingga ini adalah resiko yang diterimanya. Tugasmu bukannya mengungkit dan menyalahkan, namun menguatkan dirinya.

3. "Ayo dong kamu move on. Si dia udah dapat penggantinya, tuh"

Awas, 7 Kalimat yang Haram Diucapkan ke Sahabat yang Baru Putus Cintaunplash.com

Move on itu bukan seperti perlombaan, atau ajang untuk mencari siapa yang tercepat melakukannya. Move on itu bergantung pada kesiapan diri dan keikhlasan hati, untuk merelakan semua yang terjadi di masa lalu. Setiap orang punya waktu yang berbeda untuk merasa siap move on.

Ada yang cepat ada juga yang lambat. Hargailah itu karena move on memang bukan hal yang mudah bagi sebagian orang. Lagipula, jangan jadikan keberhasilan mantannya sebagai motivasi dia untuk move on. Malah jadi persaingan dan move on nya gak beneran matang dari diri sendiri.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Jadi Seseorang yang Hobinya Stalking Pacar Baru Mantan

4. "Kamu mah cengeng. Putus cinta aja nangis"

Awas, 7 Kalimat yang Haram Diucapkan ke Sahabat yang Baru Putus Cintaunplash.com

Siapa sih yang gak sedih, ketika harus berpisah dengan seseorang yang disayang? Meski mungkin keadaan saat ini mereka sedang saling marah, tapi hati gak akan bisa berbohong. Ada kesedihan di mana harus melepas dia yang sudah ada di hati.

Biarkan sahabat mengeluarkan emosinya. Jangan halangi dia untuk menangis dan mengekspresikan apa yang dirasakan. Lebih baik temani dia, beradalah di sampingnya, dan dengarkan curhatannya. Intinya, hargailah perasaannya.

5. "Oh itu permasalahannya. Masalah gitu aja kok putus, sih?"

Awas, 7 Kalimat yang Haram Diucapkan ke Sahabat yang Baru Putus CintaUnplash/Francisco Moreno

Ini mungkin jadi komentar termenyebalkan bagi orang yang putus cinta ketika mendengarnya. Kata gitu aja menunjukkan seakan dia meremehkan problem yang dihadapi oleh pasangan itu. Padahal, bukan dia yang menjalani dan merasakan badai asmara itu. Respon orang dalam melihat dan memaknai problem itu kan berbeda.

Ada yang menganggap itu adalah masalah berat, ada juga yang merasa itu adalah problem sepele. Plis, deh. Mereka gak akan mungkin putus begitu saja tanpa berusaha mencoba memperbaikinya dulu, bukan? Hargailah keputusannya dan anggaplah memang segitu batas kemampuan mereka dalam mempertahankan hubungannya. 

6. "Dia kemaren jalan sama cowok barunya. Lumayan, sih. Pantesan dia berpaling dari kamu"

Awas, 7 Kalimat yang Haram Diucapkan ke Sahabat yang Baru Putus Cintaunplash.com

Gak ngerti lagi deh, kalau sampai ada yang tega bilang gini ke sahabatnya yang lagi barusan putus cinta. Ini jelas kalimat yang menyakitkan banget. Seakan ketampanan dan kekerenan menjadi alasan kandasnya sebuah hubungan.

Padahal belum tentu, kan? Lagian itu bakalan bikin sobat berpikir kalau dirinya punya penampilan yang kurang oke. Kalimat yang bisa bikin sobat jadi minder dan kurang percaya diri. Kehadiranmu malah semakin menambah bebannya dengan mengatakan hal seperti itu!

7. "Ah, lupain dia. Aku punya kenalan cewek cakep, nih. Mau kukenalin gak?"

Awas, 7 Kalimat yang Haram Diucapkan ke Sahabat yang Baru Putus CintaUnsplash/Chris Moore

Mungkin niat kamu baik. Mungkin niatmu untuk membantunya supaya cepat move on dari mantan pacarnya. Tapi tindakanmu itu malah seakan-akan menganggap kalau hubungan pacaran yang dijalaninya cuma main-main. Sehingga dengan mudahnya bisa berpindah hati. Kurang pantas lah kalau kamu mengatakan kalimat ini ke dia. Boleh sih, tapi nanti setelah dia sudah mengikhlaskan dan siap membuka hati lagi.

Jadilah orang yang membantunya untuk bangkit. Bukannya malah menimpanya lagi dengan hal-hal yang bikin dia sedih. Sahabat yang baik itu, ada dan memahami sahabatnya, kan?

Baca Juga: Masih Suka Kepoin Sosmed Mantan? Ini 6 Cara Menghentikannya

Putri Aisya Pahlawani Photo Verified Writer Putri Aisya Pahlawani

20% princess, 80% ordinary human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya