Jika Temanmu Punya 7 Sikap Ini, Syukuri dan Pertahankan Dia!

Rugi kalau sampai dilepas! 

Kita butuh teman dalam menjalani kehidupan sehari-hari di dunia ini. Meskipun kamu berlatih untuk menjadi pribadi yang mandiri, tapi kamu tetaplah membutuhkan sosok seorang teman. Gak semua orang bisa menjadi temanmu.

Orang yang toxic, seperti suka merendahkanmu, gak menghargai kamu, selalu berkomentar negatif, adalah ciri-ciri orang yang tidak cocok menjadi temanmu. Sebaliknya, ada beberapa orang yang wajib banget kamu pertahankan sebagai temanmu. Teman seperti apa sih yang harus kita pertahankan?

1. Tidak hanya datang ketika kamu lagi senang. Saat duka pun, dirinya mengusahakan untuk ada

Jika Temanmu Punya 7 Sikap Ini, Syukuri dan Pertahankan Dia!desenho.ynccf.net

Memang gak ada satupun orang yang senang berada dalam situasi yang kurang menyenangkan. Akan tetapi jika temanmu tetap ada di sisimu ketika kamu sedang dalam kondisi yang sulit, maka dialah teman yang paling the best. Meski dirinya mungkin tidak bisa selalu ada ketika kamu butuh, setidaknya dia berusaha untuk membantumu bagaimana pun cara yang bisa dilakukannya.

Bisa melalui telepon, datang ke pertandinganmu, atau mendengarkan keluh kesahmu. Dia selalu berusaha untuk 'ada' ketika kamu sedang berduka. Itulah teman yang sesungguhnya. Harus dipertahankan!

2. Menghargai seleramu, meski sangat bertolak belakang dengannya

Jika Temanmu Punya 7 Sikap Ini, Syukuri dan Pertahankan Dia!wmagazine.com

Selera setiap orang itu berbeda. Begitupula dengan selera kalian sebagai teman. Kamu suka drama Korea, dia mungkin suka thriller. Kamu suka cowok berotot, dia suka cowok kutu buku yang pendiam. Kamu suka warna monokrom, dia sukanya warna yang colorful.

Meski seleramu 'gak banget ' buat dia, tapi dia tetap menghormati seleramu. Dia enggak menjelek-jelekkan atau merendahkan seleramu. Alhasil, kita bisa mengekspresikan diri sesuka kita tanpa khawatir atas penilaian dia. Bebas banget, deh. Orang yang paham bahwa dirinya harus menghormati selera orang lain, adalah orang yang wajib banget jadi temanmu!

3. Berkata jujur di depanmu meski sedikit menyakitkan. No gossip di belakang!

Jika Temanmu Punya 7 Sikap Ini, Syukuri dan Pertahankan Dia!hercampus.com

Dia akan memberikan opininya secara jujur padamu. Potongan rambut yang kurang pas, warna yang kurang cocok, parfum yang baunya kurang sedap dan segudang komentar pedas lainnya. Sedikit sadis, tapi itu adalah kenyataan. Meski seringkali bikin kamu agak kesal, tapi setidaknya dia enggak akan membicarakanmu di belakang.

Yup, enggak ada tuh ceritanya menjelek-jelekkanmu alias tanpa sepengetahuanmu. Dia lebih memilih untuk berkomentar secara jujur langsung di depanmu. Bukankah justru seperti itu yang lebih baik? Kamu punya teman yang seperti ini?

Baca Juga: 5 Penyebab Cowok Lebih Senang Berkumpul Bersama Teman Saat Galau

4. Kerap menyemangati dan menghujanimu dengan nasihat yang positif

Jika Temanmu Punya 7 Sikap Ini, Syukuri dan Pertahankan Dia!farahdeen.com

Salah satu manfaat ketika kamu memiliki teman adalah memiliki dukungan tambahan yang membuat hari-harimu terasa bahagia. Teman yang baik akan selalu berusaha menyemangatimu dan tidak mematahkan semangatmu. Ketika kamu mulai putus asa, dia hadir untuk menghujanimu beragam nasihat inspiratif nan positif, supaya kamu bisa semangat kembali.

Kalau kamu punya teman yang bawaannya bikin kamu patah semangat dan nge-down melulu? Ah, tinggalin aja deh! Jatuhnya nanti malah jadi toxic people di hidupmu. Males banget!

5. Bersedia meluangkan waktunya untuk sekadar ngobrol atau jalan-jalan denganmu

Jika Temanmu Punya 7 Sikap Ini, Syukuri dan Pertahankan Dia!vaunte.com

Kesibukan yang kita miliki, seringkali membuat kita merasa jika 24 jam itu kurang. Alhasil kita menyusun daftar kegiatan yang penting dan menjadi prioritas. Jika kamu punya teman yang berusaha meluangkan waktunya untukmu, berarti kamu termasuk orang yang penting dalam hidupnya.

Meskipun kegiatannya hanya sekadar ngobrol santai, dia tetap menganggap itu hal yang penting. So sweet, ya? Percayalah, sesibuk apapun seseorang, pasti akan memprioritaskan sesuatu yang penting. Jika itu dirimu, maka berbahagialah!

6. Mampu menjaga rahasia yang kamu ceritakan padanya

Jika Temanmu Punya 7 Sikap Ini, Syukuri dan Pertahankan Dia!freepik.com

Ketika seseorang menceritakan rahasianya kepada orang lain, itu berarti dia menaruh rasa percaya kepada orang yang diceritakannya tersebut. Begitu juga dengan temanmu. Ketika kamu menceritakan rahasiamu dan dia mampu menjaganya, maka dia adalah teman yang bisa dipercaya.

Meski sedang bertengkar denganmu, dirinya tidak menceritakan rahasiamu sebagai 'kekuatannya'. Dia tetap menjaga rahasiamu karena sadar bahwa telah berjanji padamu. Tipe teman seperti ini adalah tipe teman yang dapat diandalkan dan dipercaya. Pertahankan!

7. Menampilkan dirinya apa adanya alias gak berpura-pura

Jika Temanmu Punya 7 Sikap Ini, Syukuri dan Pertahankan Dia!bustle.com

Apakah kamu pernah punya teman yang 'berpura-pura' di depanmu? Pura-pura baik, ternyata ada maunya. Memuji di depan, ternyata menghujat di belakang, dan segala kebohongan lainnya. Berteman dengan orang seperti ini tentu melelahkan, bukan? Jika kamu punya teman yang tampil apa adanya sesuai dengan dirinya, jangan sampai dilepas!

Bangunlah hubungan persahabatan yang positif dengan teman semacam ini, ya. Kamu yang bakalan rugi jika sampai melepasnya. Pasalnya, kamu mungkin akan cukup sulit untuk menemukan teman dengan tujuh ciri di atas. Eits, tapi jangan sampai posesif juga, ya!

Baca Juga: Teman tapi Musuh, Ini 6 Tips Jitu Menghadapi Teman 'Frenemy'

Putri Aisya Pahlawani Photo Verified Writer Putri Aisya Pahlawani

"Your life is like a blank page. You write on it" - Donald Miller-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You