Comscore Tracker

Gak Perlu Overthinking, 5 Alasan Logis Dia Belum Membahas Pernikahan

Kamu harus paham!

Hubungan sudah berlangsung cukup lama dan kalian sudah saling mengenal satu sama lain, tapi dia belum pernah sekalipun membahas tentang pernikahan, tentu itu membuatmu jadi overthinking sendiri. Kamu mulai mempertanyakan apakah waktu yang dilewati bersama gak ada artinya sama sekali? Gak adanya keseriusan yang kamu lihat darinya ini pun kian membuatmu ingin menyerah.

Namun, tunggu dulu, dia yang gak membicarakan tentang pernikahan denganmu selama ini bukan berarti dia gak cinta dan gak ingin menikah denganmu. Bisa jadi ada beberapa alasan yang membuatnya bersikap seperti itu, seperti beberapa alasan logis di bawah ini. 

1. Belum ada kesiapan secara mental

Gak Perlu Overthinking, 5 Alasan Logis Dia Belum Membahas PernikahanIlustrasi hubungan asmara (pexels.com/Alex Green)

Banyak persiapan yang dilakukan untuk memulai pernikahan. Harus ada kesiapan mental dari dalam dirinya agar nanti kehidupan pernikahan yang kalian jalani bisa tetak harmonis tanpa menimbulkan banyak masalah dan berakhir dengan pertengkaran.

Dia masih meyakinkan tentang dirinya sendiri dan juga berubah menjadi lebih baik untuk ke depannya. Daripada kamu overthinking terus, akan lebih baik jika kamu fokus memperbaiki diri. Ingatlah kalau dirimu adalah cerminan dari jodohmu sendiri. 

2. Finansial belum stabil

Gak Perlu Overthinking, 5 Alasan Logis Dia Belum Membahas PernikahanIlustrasi bekerja (pexels.com/Burst)

Menikah bukan hanya mengandalkan soal cinta saja. Banyak kebutuhan yang nanti dibutuhkan untuk kelangsungan hubungan kalian berdua. Saat ini dia sedang mempersiapkan semuanya secara bertahan.

Menundanya dia soal menikah dan jarang, atau gak pernah sekalipun membicarakan tentang pernikahan karena memang dia belum siap secara materi. Finansialnya belum stabil. Jika nanti memang sudah stabil dan bisa menghidupi kebutuhan berdua, maka dia pun akan merencanakan pernikahan denganmu. Jadi, santai dulu sampai saat ini ya! 

Baca Juga: 5 Hal Tentang Pernikahan yang Perlu Diajarkan Orang Tua pada Anak

3. Masih ingin mengenalmu lebih jauh dan menikmati hubungan ini

Gak Perlu Overthinking, 5 Alasan Logis Dia Belum Membahas PernikahanIlustrasi komunikasi (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Kamu harus ingat sebelum memutuskan untuk menikah, kamu harus tahu terlebih dahulu tentang pasanganmu agar ke depannya gak menyesal. Hal inilah yang dilakukan oleh pasanganmu.

Dia bukan gak mencintaimu, hanya saja dia ingin kenal kamu lebih dalam lagi dan menikmati kebersamaan ini denganmu. Belum ada kepikiran dia untuk menikah karena menikah itu butuh saling kenal dan kompak dalam segala hal. 

4. Prioritasnya saat ini bukan untuk menikah

Gak Perlu Overthinking, 5 Alasan Logis Dia Belum Membahas PernikahanIlustrasi komunikasi (pexels.com/Gary Barnes)

Kamu dan dia memang menjalin hubungan cukup lama, tapi bukan berarti punya prioritas yang sama siapa hidup. Kamu ingin menikah, tapi dia gak menjadikan pernikahan sebagai prioritasnya saat ini.

Ada banyak hal yang ingin dia kejar terlebih dahulu. Kamu harus mengerti dan tahu prioritas apa yang dia miliki agar ke depannya kamu bisa lebih memahami situasi tanpa membuatnya jadi tertekan. 

5. Khawatir nanti pernikahan gak berhasil sesuai yang diharapkan

Gak Perlu Overthinking, 5 Alasan Logis Dia Belum Membahas PernikahanIlustrasi hubungan asmara (pexels.com/cottonbro)

Setiap orang menikah pasti ingin bahagia, begitu pun dengan pasanganmu. Namun, tetap saja ada banyak ujian yang nanti dialami dan hal inilah yang membuatnya belum siap.

Dia takut nanti pernikahannya denganmu gak bisa melalui banyaknya ujian bersama. Bukan kebahagiaan yang nantinya dia rasakan, tapi pertengkaran. Karena itulah, dia memilih untuk mempersiapkan semuanya secara perlahan. 

Kini kamu sudah tahu alasannya, maka jangan overthinking dan memaksakan kehendakmu saja. Jadilah pasangan yang pengertian karena jika nanti dia sudah siap dan kamu pun sudah memperbaiki diri, pernikahan yang bahagia kelak bisa kalian dapatkan. 

Baca Juga: Diskusikan 6 Masalah Finansial ini dengan Pasangan Sebelum Menikah

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya