Comscore Tracker

5 Cara Elegan dan Cepat Selesaikan Masalah Perselingkuhan

Jangan dibiarkan selesai begitu saja! #IDNTimesLife

Siapa yang gak sakit hati saat tahu diselingkuhi oleh pasangan yang selama ini disayang? Semuanya pasti sakit hati, kecuali kamu gak benar-benar sayang dan mencintainya. Mengetahui dia mengkhianati cintamu rasanya duniamu hancur begitu saja. 

Ketika kamu sudah merasa demikian, maka selanjutnya selesaikan masalah ini. Jangan biarkan menggantung, apa lagi berakhir begitu saja karena ini harus diselesaikan agar tidak menimbulkan dendam dalam hati. Cara menyelesaikan masalah perselingkuhan bisa kamu simak di bawah ini. 

1. Tenangkan dirimu terlebih dahulu

5 Cara Elegan dan Cepat Selesaikan Masalah PerselingkuhanIlustrasi meyakinkan hati (unsplash.com/Candice Picard)

Ketika kamu tahu dia selingkuh, hal pertama yang pasti ingin kamu lakukan adalah marah padanya dan ingin melabrak selingkuhannya itu. Namun, sebelum berbuat terlalu jauh, lebih baik kamu tenangkan dirimu terlebih dahulu. 

Marah-marah hanya menguras energimu saja dan membuatmu malu. Kamu harus bisa mengontrol emosimu dulu untuk bisa menyelesaikan semuanya dengan bijak. 

2. Diskusikan segera masalah perselingkuhan ini

5 Cara Elegan dan Cepat Selesaikan Masalah PerselingkuhanIlustrasi hubungan (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Ajak pasanganmu bertemu untuk membahas masalah ini sampai selesai. Pasalnya, perselingkuhan terjadi bukan hanya salah dari seseorang yang kini jadi pasangannya saja, tapi dari pasanganmu juga. 

Kamu harus bisa menyelesaikan masalah ini sampai tuntas. Turunkan egomu dan bersikaplah dewasa saat berdiskusi dengannya. 

3. Dengarkan semua penjelasannya

5 Cara Elegan dan Cepat Selesaikan Masalah PerselingkuhanIlustrasi hubungan cinta (unsplash.com/Manuel Meurisse)

Kamu gak tahu apa yang sebenarnya terjadi dan alasan dia menyelingkuhimu. Oleh karena itu, meski ini semua adalah salahnya, kamu harus bisa mendengarkan semua penjelasan yang dia ceritakan padamu. 

 Mendengarkan semua cerita tentangnya dapat membuatmu tahu penyebab dia selingkuh. Jangan menyela, apa lagi merasa bersalah karena semua ini adalah salahnya. Kontrol emosimu dan jangan sampai terjadi keributan yang besar. 

Baca Juga: 5 Jenis Perselingkuhan Emosional yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan

4. Berikan pernyataanmu

5 Cara Elegan dan Cepat Selesaikan Masalah PerselingkuhanIlustrasi hubungan asmara (pexels.com/Alex Green)

Setelah semuanya telah dia jelaskan, maka kini saatnya kamu memberikan pernyataanmu. Kamu harus bisa berpendapat atas apa yang telah dia lakukan padamu. 

Jangan diam saja karena inilah saatnya kamu bisa marah dan mengkritik dirinya. Kamu bisa menanyakan apa pun yang ingin kamu tanyakan sampai semuanya puas dan terjawab sudah. 

5. Putuskanlah apa yang ingin kamu lakukan atas masalah ini

5 Cara Elegan dan Cepat Selesaikan Masalah PerselingkuhanIlustrasi hubungan asmara (pexels.com/cottonbro)

Peristiwa perselingkuhan yang telah kamu alami ini sangat amat menyakitkan. Kamu harus bisa memutuskan langkah apa yang kamu ambil selanjutnya. Jangan berfokus pada cintamu terus karena kamu harus berpikir dengan logika juga.

Jika memang kamu ingin putus, maka putuskan secara baik-baik. Sebaliknya, jika memang ingin bertahan, maka lakukan dengan sadar. 

Perselingkuhan itu bukan perkara kecil. Oleh karena itu, kamu harus bisa menyelesaikannya dengan baik bersama dia. Turunkan egomu dulu dan bicarakan semuanya dengannya agar keputusan yang diambil benar-benar terbaik. 

Baca Juga: 5 Ragam Perselingkuhan yang Jarang Disadari, Gak Melulu Harus Mendua!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya