Comscore Tracker

5 Cara Memaafkan Kesalahan Pasangan agar Dia Gak Mengulanginya Lagi

Sudah tahu?

Masalah dan kesalahan dalam sebuah hubungan adalah hal yang pastinya selalu ada. Meminimalisirnya itu harus kamu lakukan, entah dengan cara memaafkan dan introspeksi diri satu sama lain saat masalah datang. 

Ketika pasanganmu melakukan kesalahan, hatimu pasti kecewa dibuatnya. Namun, memaafkan dia bukanlah perkara mudah. Untuk itu, biar kamu ikhlas memaafkan pasangan, maka cobalah lakukan beberapa caranya di bawah ini. 

1. Ketahui alasan mengapa dia melakukan kesalahan itu

5 Cara Memaafkan Kesalahan Pasangan agar Dia Gak Mengulanginya Lagipexels.com/Gabby K

Sebelum kamu memaafkan, ada baiknya untuk tahu terlebih dahulu alasan mengapa pasangan melakukan kesalahan itu. Dengarkan semua alasan dia, baru setelah itu kamu memikirkan, apakah bisa memaafkannya kesalahannya atau tidak sama sekali? Kalau pun nanti tidak bisa, maka berikan alasan kamu gak bisa memaafkannya pada dia. 

2. Redakan dulu emosimu sekarang ini

5 Cara Memaafkan Kesalahan Pasangan agar Dia Gak Mengulanginya Lagipexels.com/Chevanon Photography

Jangan langsung memutuskan sebuah masalah saat kamu masih merasa emosi dan kecewa dengan pasangan. Pasalnya, ketika kamu memutuskan masalah saat masih emosi, maka yang ada keputusan tersebut gak akan baik untuk kamu ke depannya. Pikirkan tentang semuanya, entah itu baik dan buruknya saat kamu memaafkan kesalahannya agar maafmu gak bikin kamu menyesal di kemudian hari. 

Baca Juga: 6 Hal yang Mendorongmu Memaafkan Kesalahan Pasangan, Gak Diperpanjang

3. Mengapa kamu harus memaafkannya

5 Cara Memaafkan Kesalahan Pasangan agar Dia Gak Mengulanginya Lagipexels.com/Andrea Piacquadio

Memaafkan lewat kata itu mudah, tapi untuk benar-benar memaafkan dari hatimu, itu bukanlah hal yang mudah. Kamu harus ikhlas. Untuk itulah perlu kamu bertanya pada dirimu sendiri, mengapa kamu harus memaafkan dia? Apa karena kasihan saja, atau memang karena masalahnya bisa diperbaiki? Semua itu harus dapat jawabannya agar segala hal yang kamu lakukan bisa kamu pertanggungjawabkan sendiri. 

4. Maafkanlah dengan tulus

5 Cara Memaafkan Kesalahan Pasangan agar Dia Gak Mengulanginya Lagipexels.com/William Fortunato

Ketika kamu memaafkan pasanganmu, maka maafkan kesalahannya dengan setulus hatimu. Jangan ada lagi sikapmu yang masih marah padanya karena dengan kamu memaafkannya berarti kamu sudah tahu apa konsekuensinya.

Jadilah dewasa dan lupakan semuanya jika memang kamu sudah memaafkan. Jika belum kuat dengan konsekuensinya, maka jangan dipaksakan untuk memaafkan dengan alasan kamu takut putus darinya. 

5. Jangan lagi diingat soal kesalahannya

5 Cara Memaafkan Kesalahan Pasangan agar Dia Gak Mengulanginya Lagipexels.com/Cleyder Duque

Lupakan semua masa lalu dan jalanilah hari ini untuk ke depannya. Jika kamu terus mengingat saat sudah memaafkan semua kesalahan yang sudah dia lakukan, maka akan banyak masalah yang muncul nantinya. 

Hubunganmu nanti gak akan pernah nyaman kembali. Jadi, usahakan untuk bisa bersikap lebih dewasa, yakni dengan melupakan semua yang telah terjadi. 

Semua cara di atas harus kamu lakukan karena bila tidak, maaf yang kamu berikan pada pasangan gak akan membuatmu merasa lega. Jika kamu tulus, maka hubunganmu pun akan tenang dan nyaman. 

Baca Juga: 5 Akibatnya jika Kamu Salah Memilih Pasangan Hidup, Bisa Menyesal

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya