Comscore Tracker

5 Cara Memulai Kencan saat Kamu Baru Putus Cinta

Jangan memaksakan diri, yang penting kamu harus bahagia

Mengalami kondisi putus cinta dari orang yang kamu cinta bukanlah hal mudah untuk dijalani. Kamu merasa hidup yang dijalani sedih, kecewa dan gak bersemangat. Bahkan, untuk melakukan kencan lagi pun gak pernah terpikirkan olehmu. 

Namun, berlama-lama dalam rasa sedih juga gak baik untukmu. Lebih baik kamu move on karena hubunganmu pun sudah berakhir. Kencan dapat dijadikan cara untuk membuatmu cepat move on. Cara melakukannya bisa kamu coba praktikan di bawah ini. 

1. Lepaskan semua beban yang kamu rasakan

5 Cara Memulai Kencan saat Kamu Baru Putus CintaIlustrasi pria melamun (pexels.com/Rahul Shah)

Mengalami putus cinta itu memberikan beban yang begitu berat untuk hidupmu. Kekecewaan yang kamu alami gak akan pergi begitu saja. Oleh karena itulah, penting untuk kamu bisa menerima semua yang telah terjadi. 

Lepaskan semua beban yang membuat hatimu terluka. Anggaplah memang kisah cintamu harus berakhir demi mendapatkan sosok yang lebih baik lagi. Jangan terus menerus menikmati kesedihanmu itu. 

2. Mulai melangkah untuk hidupmu ke depannya

5 Cara Memulai Kencan saat Kamu Baru Putus CintaIlustrasi pria bahagia (pexels.com/Novan Swaby)

Setelah kamu bisa menerima semua yang telah terjadi. Beban yang kamu miliki pun telah perlahan menjadi lebih ringan. Sekarang, mulailah untuk menata hidupmu kembali. 

Kamu harus bisa melangkah untuk menggali kehidupan yang lebih baik lagi. Ingatlah kalau kamu tetap baik-baik saja setelah kepergian dirinya. Gak ada yang berubah dari hidupmu meskipun hatimu telah patah. 

Baca Juga: 5 Alasan di Balik Sulitnya Mengembalikan Kebahagiaan Pasca Putus Cinta

3. Ingat semua orang itu berbeda

5 Cara Memulai Kencan saat Kamu Baru Putus CintaIlustrasi wanita melamun (pexels.com/Tran Long)

Memandang semua lawan jenis itu sama setelah kamu disakiti di hubungan sebelumnya sangatlah gak adil. Satu sama lain itu berbeda. Jika kamu masih beranggapan seperti itu, maka ke depannya kamu gak akan bisa jatuh cinta pada orang lain lagi. 

Kamu harus tahu kalau setiap lawan jenis itu berbeda. Dia yang mendekatimu sekarang pun berbeda dengan mantan pacarmu dulu. Jalani dulu hubungan selagi kamu ingin melupakan mantanmu. 

4. Lakukan interaksi terlebih dahulu

5 Cara Memulai Kencan saat Kamu Baru Putus CintaIlustrasi pasangan (pexels.com/Liliana Drew)

Ketika ada yang mendekatimu, maka jangan langsung menolak. Jalin hubungan pertemanan terlebih dahulu. Jadilah sosok yang lebih ramah agar orang tahu bahwa kamu baik-baik saja setelah putus cinta. 

Kamu bisa mulai berbincang terlebih dahulu untuk tahu bagaimana karakter darinya. Selama bertemu dengannya jangan berpernah membahas, atau memikirkan mantanmu. 

5. Buka hatimu untuk yang baru

5 Cara Memulai Kencan saat Kamu Baru Putus CintaIlustrasi pasangan (pexels.com/cottonbro)

Cinta yang sudah berakhir adalah masa lalu. Biarkan semuanya mengalir karena menang inilah kehidupan percintaan, ada putus dan ada kelanggengan. 

Jangan memikirkan terus tentangnya. Mulailah buka hatimu untuk orang yang baru. Lakukan kencan dan nikmati semuanya. Ketika kamu bisa enjoy melakukannya, maka kamu bisa move on lebih cepat. 

Kencan dengan orang yang baru bukan berarti kamu melampiaskan perasaan sedihmu, tapi lebih kepada memulai hidup yang baru. Hal ini akan memberikanmu kebahagiaan dan merasa jauh lebih baik setelahnya. 

Baca Juga: Lakukan 5 Langkah Ini Kalau Mau Sepenuhnya Move On dari Mantan! 

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya