Comscore Tracker

5 Cara Sikapi Beda Pendapat Dengannya, Gak Perlu Berdebat Berlebihan

Kalian hanya perlu saling mengerti dan memahami

Meski dirasa kamu dan dia punya persamaan yang banyak di dalam hubungan, perbedaan tetap akan selalu ada. Kamu dan dia memiliki latar belakang, budaya, dan lingkungan yang berbeda sehingga perbedaan pendapat pasti akan selalu ada. 

Gak perlu merasa paling benar saat berdebat dengan pasangan karena itu hanya akan membuat semuanya runyam dan sulit diselesaikan. Sikapi perbedaan dengan tenang. Caranya bisa kamu ketahui di bawah ini. Apa saja? 

1. Ketahui bahwa perbedaan itu pasti ada

5 Cara Sikapi Beda Pendapat Dengannya, Gak Perlu Berdebat Berlebihanilustrasi komunikasi (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Meski kalian saling mencintai dan memahami satu sama lain, tapi kamu harus paham bahwa perbedaan itu pasti ada. Gak ada yang semuanya harus sama. Pemahaman di awal hubungan ini akan membuatmu bisa melalui perbedaan dalam segala hal dengan baik. 

Gak akan ada drama kalian harus saling memahami hingga saling diam karena edisi dengan pendapat yang berbeda di hubungan. Semuanya bisa diselesaikan dengan damai dan hubungan pun bisa tetap bertahan. 

2. Hindari mengharuskan pasangan untuk ikut dalam asumsimu

5 Cara Sikapi Beda Pendapat Dengannya, Gak Perlu Berdebat Berlebihanilustrasi komunikasi (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Tekan keegoisan dalam dirimu saat kamu menemukan sebuah perbedaan pendapat. Jangan pernah memaksa atau menuntut pasangan untuk selalu memahami dan ikut dengan pendapat yang kamu miliki. 

Biarkan semuanya mengalir layaknya partner. Tampung semua perbedaan dan selesaikan satu persatu sampai kalian menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tentang perbedaan ini. 

Baca Juga: 5 Fakta untuk Atasi Ketakutan Dihakimi, Beda Pendapat Itu Wajar

3. Hargai dan pahami pendapat pasangan

5 Cara Sikapi Beda Pendapat Dengannya, Gak Perlu Berdebat Berlebihanilustrasi komunikasi (pexels.com/August de Richelieu)

Pendapat kamu memang benar, tapi jangan terlalu egois kalau dengan mengesampingkan pendapat pasangan tanpa mendengarkannya terlebih dahulu. Hargai dirinya dengan mendengarkan semua pendapat yang dia miliki. Jangan menyela, apalagi memotong selagi dia berbicara. 

Pahami semuanya dari sudut pandang dirinya agar kamu mengerti. Jika dia sudah selesai menjelaskan, baru setelah itu tanyakan hal yang menurutmu gak dimengerti. Semua itu jauh lebih baik tanpa menjatuhkan. 

4. Jangan mudah tersinggung hanya karena pendapatmu ditolak

5 Cara Sikapi Beda Pendapat Dengannya, Gak Perlu Berdebat Berlebihanilustrasi komunikasi (pexels.com/SHVETS Productions)

Kamu dan dia saling mencintai, bukan? Oleh karena itu, pahami bahwa beda pendapat itu wajar. Jangan pernah merasa tersinggung karena pendapatmu ditolak atau tidak digunakan saat kalian menyelesaikannya. 

Anggap bahwa semuanya dilakukan demi kebaikan kalian. Di hubungan ini gak ada siapa yang pintar dan harus menang, karena kalian bukan menjalani sebuah kompetisi. Bersikaplah selayaknya pasangan saja yang bisa saling menerima masukan satu sama lain. 

5. Selesaikan perbedaan dengan cara diskusi

5 Cara Sikapi Beda Pendapat Dengannya, Gak Perlu Berdebat Berlebihanilustrasi berdiskusi (pexels.com/Uriel Mont)

Menyelesaikan perbedaan pendapat yang kalian miliki itu perlu suasana yang tenang. Jangan ada emosi, apalagi keegoisan yang hanya ingin dimengerti.

Kalian bisa menyelesaikan semuanya dengan berdiskusi santai. Cobalah untuk duduk sambil ngeteh atau ngopi, lalu mulai diskusikan semuanya. Suasana yang nyaman juga dapat membuat kalian bisa berpikir dengan jernih. 

Gak perlu drama berkepanjangan saat kamu dan dia punya pendapat yang berbeda. Cukup lakukan 5 cara di atas saja untuk menyelesaikannya dengan damai. Setelah itu, hubungan kalian tetap akan harmonis seolah tidak memiliki masalah. 

Baca Juga: 5 Cara Menyampaikan Pendapat agar Diterima dengan Baik saat Diskusi

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya