Comscore Tracker

Doi Belum Siap Menikah? Lakukan 5 Hal Ini untuk Meyakinkannya

Tapi, jangan memaksa juga ya!

Menikah adalah pilihan masing-masing dengan kesiapan yang sudah dimiliki. Untuk melanjutkan hubungan ke tahap pernikahan, tentu itu bukanlah hal yang mudah dilakukan karena banyak pertimbangan yang harus dipikirkan secara matang. 

Namun, kalau hubunganmu sudah terjalin lama dan dia masih saja belum siap untuk menikah, maka kamu harus bisa meyakinkan dirinya tentang pernikahan. Cobalah lakukan lima hal di bawah ini untuk meyakinkannya. 

1. Menjadi partner diskusi yang baik

Doi Belum Siap Menikah? Lakukan 5 Hal Ini untuk MeyakinkannyaIlustrasi komunikasi (pexels.com/William Fortunato)

Menikah bukan hanya tentang hidup bersama saja dalam satu atap, tapi lebih dari itu. Salah satu yang terpenting dari pernikahan adalah memiliki komunikasi yang saling nyambung satu sama lain. 

Kamu harus bisa belajar menjadi pasangan sekaligus partner diskusi yang baik untuknya. Gak boleh egois, kekanak-kanakan, dan harus pengertian saat memandang permasalahan. Hal ini akan membuatnya merasa menemukan tempat berkeluh kesah yang nyaman. 

2. Yakinkan bahwa kalian saling membutuhkan satu sama lain

Doi Belum Siap Menikah? Lakukan 5 Hal Ini untuk MeyakinkannyaIlustrasi hubungan (pexels.com/Cleyder Duque)

Menikah itu tentang keterikatan hubungan secara lahir dan batin antara kalian berdua. Oleh karena itu, tumbuhkanlah keyakinan dalam dirinya bahwa kalian saling membutuhkan satu sama lain. 

Mulailah dengan cara selalu melibatkannya dalam setiap aktivitas terpentingmu, prioritas dirinya, dan temui dia saat kamu sedang ada masalah. Hal seperti ini dapat membuatnya yakin kalau kamu membutuhkannya, begitupun dengan dirinya sendiri. 

Baca Juga: 5 Sebab Pasanganmu Tak Pernah Bahas Pernikahan meski Lama Pacaran 

3. Tunjukkan bahwa dia adalah pasangan yang ideal

Doi Belum Siap Menikah? Lakukan 5 Hal Ini untuk MeyakinkannyaIlustrasi hubungan (pexels.com/Elina Sazonova)

Kamu yang ingin segera menikah dengannya pasti telah menganggap dia sebagai sosok yang begitu istimewa. Tunjukkan perasaan sayang dan cintamu padanya agar dia yakin dengan ketulusan cinta yang kamu miliki. 

Sembari menunjukkan perasaanmu, tunjukkan pula bahwa dia adalah pasangan yang ideal. Tunjukkan bahwa dia dapat diandalkan dalam berbagai hal sehingga dia merasa diistimewakan dan dibutuhkan olehmu. 

4. Mendekati teman dan keluarganya

Doi Belum Siap Menikah? Lakukan 5 Hal Ini untuk MeyakinkannyaIlustrasi pertemanan (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Jangan hanya terpaku pada dirinya saja dalam hal meyakinkan. Yakinkan juga orang-orang yang ada di sekelilingnya, seperti teman, sahabat, saudara, dan keluarga. Kamu bisa memilih mendekati mereka dan ceritakan tentang hubungan yang kalian jalani ini.

Ceritakan berapa bahagianya kalian dan tunjukkan keseriusanmu untuk menikah dengannya. Kamu juga bisa menceritakan rencanamu ke depan. Hal ini dilakukan agar mereka bisa meyakinkan pasanganmu juga. 

5. Jangan terlalu menekannya

Doi Belum Siap Menikah? Lakukan 5 Hal Ini untuk MeyakinkannyaIlustrasi hubungan (pexels.com/Alex Green)

Kamu memang ingin segera menikah dengannya. Ditambah dengan usia hubungan kalian yang sudah terjalin lama ini. Namun, bukan berarti kamu harus menekannya dengan selalu menceritakan tentang pernikahan dan mengajaknya langsung menikah dalam waktu dekat. 

Jangan paksa dia dengan penekanan karena itu akan membuatnya ragu pada dirimu. Kamu hanya bisa meyakinkannya, selebihnya dia yang bisa memilih kapan waktu untuk menikah denganmu. 

Cobalah terlebih dahulu sederet cara di atas untuk meyakinkannya. Ingat, usahamu harus dilakukan dengan tulus agar dia juga bisa melihat kesungguhanmu untuk menikah dengannya. 

Baca Juga: 5 Alasan Pasangan Mulai Sering Membandingkan Kamu dengan Orang Lain

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya