Comscore Tracker

5 Penyebab Seseorang Belum Move On Meski Hubungan Sudah Lama Berakhir

Belum move on berarti belum dapat menerima perpisahan

Menjalin suatu hubungan sejatinya untuk menyatukan dua karakter dalam satu cinta dan dipersatukan dalam sebuah ikatan pernikahan. Namun, tidak semua hubungan berakhir dengan bahagia. Banyak yang kandas dengan akhir yang memilukan.

Pasca berakhirnya hubungan yang sudah dijalani, baik pria maupun wanita pasti tidak langsung dapat move on. Lalu bagaimana jika hubungan tersebut sudah lama berakhir tapi belum juga move on dari sebelumnya? Berikut ini adalah 5 penyebabnya. Yuk, kita simak langsung.

1. Memiliki ketakutan untuk memulai kembali hubungan bersama orang lain

5 Penyebab Seseorang Belum Move On Meski Hubungan Sudah Lama BerakhirUnsplash.com/Bruce Mars

Penyebab utama seseorang belum juga move on dari hubungan sebelumnya karena ia memiliki ketakutan untuk menjalin kembali hubungan percintaan dengan orang lain. Ketakutan ini biasanya disebabkan oleh hubungan yang ia jalin sebelumnya berakhir dengan menyisakan sebuah luka batin yang sulit sekali untuk disembuhkan.

Trauma akan sakit yang dialaminya akan terulang kembali, maka ia akan memilih untuk berhenti terdahulu dalam menjalin hubungan percintaan dengan orang lain sampai akhirnya ia benar-benar sudah sembuh dari trauma tersebut.

2. Saat pacaran sering mengumbar kemesraan bersama

5 Penyebab Seseorang Belum Move On Meski Hubungan Sudah Lama BerakhirUnsplash.com/Sorin Sirbu

Sejatinya sebuah hubungan itu adalah ikatan antara pria dan wanita yang saling mencintai dan menyayangi. Memperlihatkan kemesraan dan keromantisan memang hal yang wajar dilakukan.

Namun, tidak perlu berlebihan dengan mengumbarnya di media sosial maupun di kehidupan nyata. Sebab hal tersebut tidak berdampak baik ketika hubungan berakhir. Pada akhirnya kamu yang sering mengumbar kemesraan sulit sekali untuk move on dari bayang-bayang mantanmu.

Baca Juga: 5 Pelajaran Berharga dari Cinta Pertama yang Bikin Susah Move On

3. Banyak kenangan yang sudah terukir bersama yang tak bisa dilupakan

5 Penyebab Seseorang Belum Move On Meski Hubungan Sudah Lama BerakhirUnsplash.com/Ian Dooley

Bagi seseorang yang telah menjalin hubungan percintaan yang begitu lama pastilah sudah memiliki banyak kenangan yang terukir. Kenangan manis dan buruk selalu teringat dalam pikiran. Bersamanya, kamu bisa mengekspresikan diri dan menjadi diri sendiri.

Namun, ketika hubungan sudah berakhir, rupanya kenangan tersebut tidak dapat kamu lupakan begitu saja. Bahkan masih kamu kenang sampai saat ini. Itulah alasan mengapa seseorang sulit sekali move on dari hubungan percintaan sebelumnya.

4. Belum menemukan sosok pengganti yang lebih baik dari sebelumnya

5 Penyebab Seseorang Belum Move On Meski Hubungan Sudah Lama BerakhirUnsplash.com/Caleb Frith

Kehilangan sosok yang dicinta dan disayangi merupakan hal yang paling menyakitkan di dunia ini. Rasa hampa dan kosong sering kali hadir dalam kesendirian yang setiap hari semakin terasa. Menemukan sosok yang sama persis atau bahkan lebih dari sosok mantan sebelumnya pun belum berhasil kamu lakukan. Alhasil, kamu pun makin susah untuk move on.

5. Mindset tentang calon pasangan yang ideal dan harus lebih dari mantan

5 Penyebab Seseorang Belum Move On Meski Hubungan Sudah Lama BerakhirUnsplash.com/Edward Cisneros

Hal terakhir yang membuat seseorang belum dapat move on dari kisah cintanya yang lama adalah bahwa ia masih memikirkan calon pasangan yang ideal dan harus lebih dari mantannya.

Padahal tidak semua orang adalah sosok yang sempurna, masih banyak kekurangan yang dimilikinya. 

Jangan mencari pasangan yang sempurna. Akan lebih baik jika kamu dan pasanganmu bisa saling melengkapi.

Bersedih dalam hubungan yang sudah berakhir memang sah saja. Namun, jangan sampai kamu berlarut-larut dalam kesedihan tersebut dan berakhir dengan menyiksa dirimu sendiri. Carilah sosok pengganti yang bisa menerimamu dan jadilah pelengkap akan dirinya supaya hubunganmu bisa sampai pada tahap yang lebih membahagiakan.

Baca Juga: 5 Alasan Cowok Lebih Cepat Move On, Sudah Tahu Belum?

P U T R I Photo Community Writer P U T R I

Yuk menulis lagi! mari berteman ig:@putrirhy11

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You