Comscore Tracker

5 Tanda Nyata kalau Pasanganmu Sangat Posesif, Bukan Benaran Cinta!

#IDNTimesLife Pekalah pada sikapnya

Ketika kamu sedang jatuh cinta, kamu pasti ingin hubungan yang dijalani ini bahagia tanpa banyak drama yang terjadi. Berbagai macam usaha pun kamu lakukan untuk membuat hubungan ini terasa lebih nyaman. Bahkan, kamu juga selalu menuruti apa pun yang dikatakan pasangan untuk membuat dia betah berada di sampingmu sampai kamu gak sadar kalau sikapnya sudah terlalu mengekang dan posesif.

Ketidaksadaran ini disebabkan oleh perasaan cintamu yang begitu besar. Jika kamu masih menyangkalnya, simaklah beberapa tanda di bawah ini yang menunjukkan dia posesif padamu. 

1. Mengatur seluruh kegiatan yang akan kamu lakukan

5 Tanda Nyata kalau Pasanganmu Sangat Posesif, Bukan Benaran Cinta!Ilustrasi hubungan asmara (pexels.com/Alex Green)

Dia yang posesif akan merasa memiliki kamu seutuhnya. Gak heran bila dia akhirnya menjadi sosok yang begitu peduli padamu, dalam artian dia akan mengatur seluruh kegiatan yang kamu lakukan setiap harinya.

Mungkin kamu gak akan sadar, tapi cobalah untuk perhatikan sikap dia. Hampir seluruh aktifitas yang kamu lakukan itu diketahui dan diatur olehnya semua. Bahkan, dari segi penampilan dan bersama siapa kamu di luar pun, dia yang mengaturnya. 

2. Cemburu berlebihan secara gak masuk akal

5 Tanda Nyata kalau Pasanganmu Sangat Posesif, Bukan Benaran Cinta!Ilustrasi hubungan (pexels.com/cottonbro)

Cemburu memang jadi tanda dia mencintaimu, tapi kalau cemburu yang dia rasakan terlalu berlebihan dan membebanimu, maka itu bukanlah tanda cinta. Melainkan dia hanya ingin kamu ada bersamanya.

Jikalau memang dia mencintaimu, dia pasti akan jadi sosok pasangan yang pengertian untukmu. Bukan malah cemburu dan akhirnya mengekang sesuai dengan keinginannya. 

Baca Juga: 5 Tips Berhenti Jadi Pacar yang Terlalu Posesif, Biar Tak Menyesal

3. Mengancam bila perintahnya gak kamu patuhi

5 Tanda Nyata kalau Pasanganmu Sangat Posesif, Bukan Benaran Cinta!Ilustrasi hubungan yang buruk (pexels.com/Keira Burton)

Harusnya kamu langsung peka saat dia berani mengancammu dengan alasan kamu gak bisa menuruti perintah atau keinginannya. Dia bukanlah sosok yang baik untukmu, meski sekarang kamu merasa kalau hubungan ini saling mencintai.

Mengancam adalah perbuatan yang kasar walaupun dia hanya mengancam kamu dengan kata putus saja. Kamu harus sadar kalau sikap posesifnya ini bukan menunjukkan kecintaannya padamu. 

4. Gak menghargaimu sama sekali

5 Tanda Nyata kalau Pasanganmu Sangat Posesif, Bukan Benaran Cinta!Ilustrasi dia gak menyukaimu (pexels.com/cottonbro)

Hubungan yang bahagia adalah hubungan yang bisa menghargai privasi satu sama lain. Keterbukaan memang harus dilakukan, tapi tetap dalam batas yang wajar.

Bila saat ini dia sama sekali gak menghargaimu dengan selalu ikut campur dalam ranah privasimu, entah masalah pribadi, isi HP sampai mengatur semua hal privasimu, maka kamu harus cepat ambil keputusan yang tegas. Jangan mau diperlakukan seperti itu olehnya. 

5. Gak senang melihat kamu memiliki waktu sendiri bersama teman-teman

5 Tanda Nyata kalau Pasanganmu Sangat Posesif, Bukan Benaran Cinta!Ilustrasi minder pada gebetan (pexels.com/Le Minh)

Harusnya kalau dia cinta dan sayang padamu, maka dia akan selalu mendukung apa pun yang kamu lakukan untuknya. Salah satunya memberikan kamu waktu sendiri dan bersenang-senang dengan teman-temanmu. Namun, dia yang malah bersikap curiga terus dan gak suka dengan pertemananmu, maka itu menunjukkan dia yang posesif dan hanya menganggapmu sebagai miliknya saja. 

Bersama dengan dia yang posesif itu gak akan membuat hidupmu berkembang ke arah yang lebih baik. Cukup sudahi saja karena dia yang bersikap seperti ini, maka itu menunjukkan dia yang sebenarnya gak mencintaimu sama sekali. 

Baca Juga: Membuatmu Terkekang, Kenali 5 Tanda Pasangan yang Terlalu Posesif

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya