Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Termasuk Orang yang Rela Berkorban Banyak untuk Pasangan

#IDNTimesLife Benar gak?

Berkorban untuk cinta adalah hal yang harus dilakukan. Namun, jika dilakukan berlebihan tentu itu menjadi hal buruk juga bagimu. Seluruh hal yang kamu miliki bisa kamu berikan untuknya, entah itu waktu, usaha dan uang. 

Menilai apakah dirimu sosok yang terlalu berkorban berlebihan untuknya bukanlah hal mudah. Kamu perlu memahami dirimu sendiri. Biasanya sosok yang rela berkorban berlebihan dalam hubungan ditunjukkan dari lima tanda berikut ini. 

1. Terlalu mencintainya

5 Tanda Kamu Termasuk Orang yang Rela Berkorban Banyak untuk PasanganIlustrasi pasangan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Cintamu padanya begitu besar. Bahkan, melebihi cinta pada dirimu sendiri. Dari situlah ada rasa takut kehilangan dirinya. 

Gak heran bila akhirnya kamu rela melakukan segala hal agar dia tetap bertahan di sisimu. Kamu berusaha keras untuk membuatnya bahagia, meskipun hal yang kamu lakukan gak membuatmu nyaman. 

2. Gak bisa menolak permintaan pasangan

5 Tanda Kamu Termasuk Orang yang Rela Berkorban Banyak untuk PasanganIlustrasi hubungan (pexels.com/cottonbro)

Perhatikanlah sikapmu selama ini. Hampir gak pernah sama sekali kamu menolak permintaannya. Semua hal yang dia ingin darimu telah kamu kabulkan semuanya, entah itu kamu yang harus selalu bersamanya, mengatur hidupmu sampai dia yang minta dibelikan segala yang dia mau. 

Dalam dirimu ada kamu selalu meyakinkan kalau kebahagiaannya adalah kebahagiaanmu juga. Hal inilah yang akhirnya membuat dia jadi berkuasa atas dirimu. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Harus Punya Pasangan Dulu untuk Bisa Bahagia

3. Selalu ingin dianggap olehnya

5 Tanda Kamu Termasuk Orang yang Rela Berkorban Banyak untuk PasanganIlustrasi pasangan (pexels.com/Vera Arsic)

Terlalu banyak mencintainya membuatmu ingin selalu dianggap olehnya. Kamu ingin seluruh teman, sahabat sampai keluarganya tahu kalau kamulah pasangannya saat ini. 

Bahkan, kamu pun selalu memintanya untuk memposting kebersamaan kelian berdua di media sosialnya agar semuanya tahu kalau dia adalah milikmu. Bukan hanya dia, kamu juga selalu memamerkan dirinya pada seluruh orang yang kamu kenal. 

4. Rela memberikan segalanya demi dia nyaman

5 Tanda Kamu Termasuk Orang yang Rela Berkorban Banyak untuk PasanganIlustrasi memberikan hadiah (pexels.com/Any Lane)

Gak ada sikap perhitungan memang sangat baik dalam sebuah hubungan, tapi tetap harus dibatasi. Jika kamu rela memberikan segalanya hanya demi dia nyaman, maka itu salah. 

Selain sikapmu yang rela berkorban banyak, juga menunjukkan ada ketidaksehatan dalam hubunganmu. Dia memang akan nyaman denganmu, tapi nyaman karena dia akan bisa memanfaatkanmu untuk hidupnya. 

5. Takut kehilangannya

5 Tanda Kamu Termasuk Orang yang Rela Berkorban Banyak untuk PasanganIlustrasi seorang wanita (pexels.com/Yan Krukov)

Begitu banyak ketakutan yang kamu miliki bila kehilangannya. Kamu takut kesepian dan takut hidupmu lebih hancur serta gak bisa mendapatkan sosok sepertinya lagi. 

Dari situlah akhirnya kamu sebisa mungkin membuatnya nyaman di sisimu. Gak ada kata penolakan untuknya dan kamu rela memberikan segalanya tanpa berpikir panjang. 

Semua hal di atas adalah tanda kamu sosok yang rela berkorban banyak untuknya. Jika memang kamu merasa seperti itu, maka cobalah untuk menggunakan logikamu dalam bertindak. Jangan diperbudakan oleh cinta hingga akhirnya kamu menyesal sendiri. 

Baca Juga: Pelihara 5 Sikap Ini, Fix Kamu Gak Akan Jadi Bucin

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya