Comscore Tracker

Gak Bisa Lepas, Ini 5 Tanda Kamu Sudah Sangat Bergantung pada Pasangan

Merasakan tandanya gak?

Segala hal yang berlebihan itu gak baik, termasuk saat kamu berlebihan telah bergantung pada pasanganmu saat ini. Dia memang pasanganmu, tapi jika kamu terus menerus menguntungkan dirimu untuknya, maka hal ini akan menjurus pada hubungan yang gak sehat. Baik kamu maupun dia akan tetap bertahan dalam hubungan walaupun sudah sama-sama gak cintai dan saling terkenang sendiri. 

Kamu yang sudah sangat bergantung pada pasangan sebenarnya sering kali tidak disadari olehmu, tapi justru ditunjukkan oleh beberapa tanda dalam perilakumu, seperti beberapa perilaku di bahwa ini. 

1. Kamu gak bisa jauh dari dirinya walau sebentar saja

Gak Bisa Lepas, Ini 5 Tanda Kamu Sudah Sangat Bergantung pada Pasanganpexels.com/Karolina Grabowska

Tanda yang paling terlihat jika kamu sudah sangat bergantung pada pasangan saat ini dalam hubungan adalah sikapmu yang gak bisa jauh dari pasangan. Kamu ingin selalu berada di dekat pasangan setiap harinya.

Bahkan, katika pasanganmu sedang gak berada di sampingmu karena urusan yang mendesak, maka pikiranmu akan selalu curiga padanya dan gak akan pernah merasa tenang berjauhan dengannya. 

2. Gak mau pergi kalau pasangan juga gak pergi bersamamu

Gak Bisa Lepas, Ini 5 Tanda Kamu Sudah Sangat Bergantung pada Pasanganpexels.com/Trung Nguyen

Mungkin karena kamu sudah ada pasangan segala hal bisa kamu lakukan berdua bersama-sama. Namun, sudah sangat gak wajar rasanya jika setiap saat kamu harus pergi bersama pasangan kapan pun dan gak akan pergi jika pasangan gak ikut. 

Sikapmu ini menunjukkan bahwa duniamu hanyalah berpusat darinya. Jika dia gak ada, hidupmu seakan gak berarti. 

Baca Juga: Waspada, 5 Penyebab Pasangan jadi Gak Mencintaimu dengan Tulus Lagi

3. Mudah cemburu pada hal apa pun yang dilakukan pasangan

Gak Bisa Lepas, Ini 5 Tanda Kamu Sudah Sangat Bergantung pada Pasanganfreepik.com/pressfoto

Kamu yang bergantung pada pasangan, tentu saja menganggap bahwa pasangan adalah milikmu dan akan menjaga dia agar gak lepas darimu. Makanya, sekarang kamu jadi bersikap mengenangnya dan cemburu bilamana pasangan melakukan segala hal yang gak melibatkanmu. Kamu akan overthinking dan menuduh pasangan bermacam-macam. 

4. Berubah demi pasangan bisa tetap menyukaimu

Gak Bisa Lepas, Ini 5 Tanda Kamu Sudah Sangat Bergantung pada Pasanganpexels.com/Gustavo Fring

Ketika bergantung pada pasangan, maka duniamu akan berpusat terus padanya dan gak ada hal yang lebih penting selain dia. Gak heran bila akhirnya kamu berubah sedemikian rupa dirimu sampai melupakan jati dirimu hanya untuk membuat pasangan tetap bertahan denganmu dan menyukai segala hal tentang dirimu. Kamu mulai menyukai hal-hal yang pasangan sukai yang padahal sebelumnya sama sekali gak kamu suka. 

5. Seberapapun besar kesalahan pasangan, kamu tetap memaafkan

Gak Bisa Lepas, Ini 5 Tanda Kamu Sudah Sangat Bergantung pada Pasanganpixabay.com/stocksnap

Kadang kamu bertindak bodoh saat sedang mencintai dirinya dan menjadikan dirinya sebagai sosok yang bisa diandalkan. Salah satunya adalah kamu selalu memaafkan kesalahan pasangan seberapa pun faktanya kesalahannya agar dia tetap bertahan dalam hubungan dan terus bersamamu selamanya. 

Bergantung sama pasangan memang gak buruk, tapi jika sudah berlebihan maka itu akan jadi tidak baik juga. Jadi, lebih baik tanamkan mindset bahwa sewajarnya saja dalam mencintai dan menjadikan pasangan sebagai duniamu. 

Baca Juga: 5 Alasan Tetap Bertahan Meski Dikasari Pasangan Itu Bukanlah Cinta

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya