Comscore Tracker

Bukan Masalah Finansial, Ini 5 Alasan Cewek Takut untuk Menikah

Bukan hanya cowok, cewek juga memikirkan banyak hal

Setiap cewek yang sedang menjalin hubungan percintaan pasti ingin disegerakan untuk menikah. Memiliki keluarga kecil yang harmonis dan membinanya merupakan impian kaum cewek.

Namun, berbeda bagi sebagian cewek yang memilih untuk tidak menikah. Mereka memiliki ketakutan tersendiri akan pernikahan yang akan ia jalannya kelak. 

Bukan hanya soal finansial dan karier yang membuatnya takut untuk menikah, tetapi ada beberapa alasan lain yang ditakutinya. Ini dia 5 di antaranya.

1. Pernah melalui hubungan percintaan yang pahit

Bukan Masalah Finansial, Ini 5 Alasan Cewek Takut untuk MenikahPexels.com/Odonata Wellnesscenter

Pernah mengalami hubungan percintaan yang pahit memang paling sering dijadikan alasan oleh kebanyakan cewek. Kekecewaan dan pengkhianatan yang pernah dilakukan pacarnya mampu membuat trauma yang berkepanjangan. 

Sakit hati dan luka batin cewek lebih sulit untuk disembuhkan dibanding dengan cowok. Oleh sebab itulah, cewek memutuskan untuk tidak menikah dan memilih untuk tidak percaya pada cowok.

2. Takut mengalami kegagalan dalam pernikahan

Bukan Masalah Finansial, Ini 5 Alasan Cewek Takut untuk MenikahUnsplash.com/Yoann Boyer

Setelah hubungan percintaannya kandas dan menimbulkan sakit hati yang mendalam. Lalu, ketika ia sudah berada pada usia yang matang untuk menikah, ia takut jika pernikahannya akan gagal dan mengalami perceraian. 

Perceraian menjadi momok yang menakutkan bagi semua cewek. Ia tidak ingin mengalami hal tersebut, maka ia memilih untuk tidak menikah.

Baca Juga: Ingin Menikah? Tanyakan Dulu 5 Hal Ini pada Dirimu Sendiri 

3. Sering melihat kehidupan rumah tangga yang tak bahagia

Bukan Masalah Finansial, Ini 5 Alasan Cewek Takut untuk MenikahPexels.com/Vera Arsic

Keseringan melihat rumah tangga orang lain yang tidak bahagia dapat memicu ketidakpercayaan cewek terhadap pernikahan. Fase pernikahan baginya hanya dapat bertahan bahagia dalam waktu lima tahun saja. 

Setelah lima tahun berlalu, hubungan rumah tangga tidak akan harmonis seperti dulu lagi. Ada pertengkaran, perselingkuhan hingga penelantaran yang menyedihkan.

4. Takut calon suami mengalami perubahan sikap setelah pernikahan

Bukan Masalah Finansial, Ini 5 Alasan Cewek Takut untuk MenikahUnsplash.com/Manuel Meurisse

Di dalam hubungan percintaan, sebisa mungkin cowok akan menjaga sikapnya. Selalu berbuat baik, memberi perhatian dan kasih sayang akan ia lakukan demi orang yang ia cintai. Hal itu bertujuan agar cewek ia inginkan dapat mencintainya. 

Namun, banyaknya kasus dalam rumah tangga, suami akan mengalami perubahan yang drastis setelah menikah. Suami akan menunjukkan sikap buruknya pada cewek dan hal itu yang ia takutkan. 

5. Memiliki ketakutan keluarga calon suami tak dapat menerimanya

Bukan Masalah Finansial, Ini 5 Alasan Cewek Takut untuk MenikahPexels.com/rawpixel.com

Sejatinya seorang cewek menginginkan adanya penyambutan yang hangat manakala dirinya telah dipersunting oleh pasangannya. Sambutan ini di dapat dari calon mertua dan keluarga suaminya. 

Ketika ia sudah menjadi bagian dari keluarga suami, ia takut jika mertuanya tidak memperlakukannya dengan baik. Alih-alih ia disayang, bagaimana jika ia dijadikan pembantu dalam rumah tangganya?. Nah, hal itulah yang ditakutkannya.

Itulah lima alasan yang dihadapi oleh cewek yang takut akan pernikahan. Kamu sebagai calon suami atau temanya wajib menanamkan pemikiran positif tentang pernikahan agar ia tak takut lagi untuk menikah. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Takut Menikah Sebelum Mapan 

P U T R I Photo Community Writer P U T R I

Yuk menulis lagi! mari berteman ig:@putrirhy11

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You