Comscore Tracker

5 Hal yang Buat Seseorang Enggan Cepat Menikah dengan Pasangan

Kira-kira apa, ya? 

Melihat teman, saudara bahkan kakak menikah tentunya ada kebahagiaan tersendiri yang kamu rasakan, bukan? Bahkan kamu juga menginginkan untuk cepat-cepat menikah dalam waktu dekat. 

Namun, tahukah kamu, ada beberapa orang yang enggan untuk menikah. Padahal menikah dapat mendatangkan kebahagiaan. Lantas apa sih alasan sebenarnyanya? Berikut lima hal yang bisa kamu simak. 

1. Masih belum punya keyakinan yang besar akan dirinya dan pasangannya untuk menikah

5 Hal yang Buat Seseorang Enggan Cepat Menikah dengan Pasanganunsplash.com/Andrik Langfield

Menikah adalah soal keyakinan yang harus dipersiapkan segalanya, baik fisik maupun psikis. Kebanyakan orang yang tidak ingin menikah karena mereka belum yakin dengan dirinya sendiri maupun dengan pasangannya.

Dia takut bahwa pasangan yang selama ini tulus mencintainya dengan baik, suatu saat akan berubah drastis. Entah itu menjadi tempramen atau menjadi cuek. 

2. Merasa bahwa hubungan upacara jauh lebih menyenangkan

5 Hal yang Buat Seseorang Enggan Cepat Menikah dengan Pasanganunsplash.com/Gabriel Silverio

Menikah itu bukan lagi tentang senang, tapi ada juga masalah, bahkan banyak. Mereka yang tidak ingin terlarut dalam masalah rumah tangga yang kompleks cendrung memilih untuk pacaran saja daripada menikah dan tinggal satu atap. Bahkan, ada yang memilih untuk tinggal bersama tanpa adanya sebuah ikatan pernikahan. 

3. Punya trauma pernikahan di masa lalu yang sulit hilang

5 Hal yang Buat Seseorang Enggan Cepat Menikah dengan Pasanganunsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Trauma masa kecil dengan keluarga yang tak bahagia atau trauma hubungan asmara dengan pasangannya mampu membuat seseorang enggan untuk menikah sebab menikah hanya akan mengungkit kesalahan yang lama. Dimana, lambat laun bukan sembuh, melainkan bertambah dan timbul luka baru di ingatannya. 

Baca Juga: 6 Tipe Teman yang Ada Baiknya Kamu Hindari Ketika Sudah Menikah

4. Tidak percaya akan hubungan dalam pernikahan

5 Hal yang Buat Seseorang Enggan Cepat Menikah dengan Pasanganunsplash.com/Kate Kozyrka

Pernikahan pada dasarnya adalah sebuah ikatan lahir dan batin antara seorang pria dan wanita. Bagi mereka konsep sepertinya sepertinya tidak ada.

Hal ini biasanya disebabkan oleh banyakan pernikahan yang mereka saksikan tidak persis sama dengan konsep pernikahan. Baginya konsep pernikahan hanya berlaku pada awal pernikahan saja. Kesananya, tidak berlaku. 

5. Menikah tak dijadikan goals akan hubungan

5 Hal yang Buat Seseorang Enggan Cepat Menikah dengan Pasanganpexels.com/Chinmay Singh

Memang menikah bertujuan untuk membentuk sebuah keluarga. Namun, bagi mereka menikah bukanlah sebuah goals hubungan. Ada banyak goals hubungan lainnya yang harus dicapai dan itu bukan menikah. 

Itulah lima hal yang membuat seseorang enggan untuk menikah. Bukan tak ingin menikah, sebenarnya mereka perlu waktu yang cukup lama untuk meyakinkan diri bahwa pernikahan itu tidak semenakutkan dengan apa yang dipikirkan. 

Baca Juga: 5 Acara Besar yang Harus Ditunda dan Batal Akibat Wabah COVID-19

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya