Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Selingkuh Itu Bentuk Insecurity pada Diri Sendiri

Pahami, ya! 

Pernah merasa jadi korban perselingkuhan tentunya tak hanya membuat marah dan sakit hati yang kamu rasa, tapi juga trauma yang mendalam. Tak jarang kamu juga akan menyalahkan diri sendiri, mengapa pasanganmu sampai tega melakukan hal itu padamu.

Namun, kamu perlu tahu, bahwa selingkuh itu tidak disebabkan olehmu. Selingkuh tidak lain adalah tanda insecurity pada diri sendiri. Beberapa alasan yang bisa kamu ketahui dari hal ini, agar tidak terus menerus merasa bersalah.

1. Mencari pelarian dari tekanan hidup yang ada

5 Alasan Mengapa Selingkuh Itu Bentuk Insecurity pada Diri Sendiripexels.com/Andrea Piacquadio

Ketahuilah bahwa sebenarnya pasangan yang berselingkuh itu merasa tertekan dengan hidup dan dirinya sendiri, tapi dia tak ingin terlihat di hadapan publik. Dia ingin terus menerus dianggap selalu bermartabat dan banyak yang menyukai dirinya. Salah satu cara yang dipilih, yakni dengan menyelingkuhimu.

Oleh sebab itu, kamu tak perlu menyalahkan dan mengasihani dirimu. Karena yang patut dikasihani adalah pasanganmu yang punya masalah akan dirinya sendiri, tapi lari dari kenyataan dan tanggungjawab dirinya. 

2. Mencari kepuasan diri, karena merasa tidak cukup dicintai

5 Alasan Mengapa Selingkuh Itu Bentuk Insecurity pada Diri Sendiriunsplash.com/Joel Overbeck

Bukan karena kamu kurang mencintai pasanganmu, tapi karena dia selalu merasa kurang menerima cinta dari satu orang saja. Oleh sebab itu, alasan tidak cukup dicintai olehmu itulah yang nantinya dijadikan alasan, mengapa dia bisa berselingkuh darimu. 

Kamu tak perlu menyalahkan dirimu, karena yang sepenuhnya merasa tidak dicintai itu adalah dia. Perselingkuhan sepenuhnya adalah salah pasanganmu. 

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Jangka Panjang Hubungan Jika Kamu Sudah Selingkuh

3. Tak mampu membahagiakan dirinya sendiri

5 Alasan Mengapa Selingkuh Itu Bentuk Insecurity pada Diri Sendiripexels.com/Antonio Prado

Pada dasarnya, dia yang berselingkuh itu tidak mampu membuat dirinya sendiri bahagia. Bahkan, mencintai dirinya sendiri pun tidak bisa. Oleh karena itulah, dia mencari kebahagiaan lain dan bukan hanya denganmu, tapi dengan yang lain juga.

Hal inilah yang nantinya akan memperlihatkan dirinya, betapa dia bahagia berhasil menjalin dengan dua orang. Padahal, hatinya tidak benar-benar bahagia. 

4. Punya ekspektasi yang tinggi akan hubungan, tapi gagal

5 Alasan Mengapa Selingkuh Itu Bentuk Insecurity pada Diri Sendiripexels.com/Fernanda Pereira

Dia yang sekarang menyelingkuhi dirimu, tidak bisa mencapai ekspektasi yang dia buat sendiri untuk hubungannya. Bukan salahmu, itu salahnya, karena dia terlalu memimpikan hubungan yang sempurna. Padahal, hubungan itu dijalani dan tak perlu berharap terlalu tinggi. 

Ketika ekspektasinya tidak tercapai, maka jalan satu-satu agar ekspektasi itu jadi kenyataan adalah memulai kembali hubungan dengan orang lain. Tentunya juga, tanpa memutuskan dirimu. 

5. Seseorang yang berselingkuh, tidak akan berubah, kecuali setelah konsultasi

5 Alasan Mengapa Selingkuh Itu Bentuk Insecurity pada Diri Sendiripexels.com/Christina Morillo

Perlu kamu tahu, bahwa sekali melakukan selingkuh itu, pasanganmu akan selalu ingin melakukannya lagi dan lagi. Dan, hal itu nantinya akan menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan. 

Cara satu-satunya untuk sembuh dan bisa berubah adalah dengan berkonsultasi secara rutin pada psikolog. Di mana nanti pribadinya bisa tenang dan bersyukur atas segala hal yang dia dapat dalam hubungan. 

Itulah sederet alasan mengapa seseorang orang berselingkuh merupakan bentuk insecurity diri. Tak perlu menyalahkan dirinya, karena perbuatan selingkuh tak lain adalah salah pasanganmu sendiri. Tidak ada hubungannya denganmu. 

Baca Juga: Tak Hanya Selingkuh, Ini 5 Alasan Kamu Harus Segera Putus Darinya

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya