Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Tahu Love Language Satu Sama Lain dalam Hubungan 

Jaminan hubungan langgeng, deh!

Kita semua mengeskspresikan dan menerima cinta secara berbeda dalam sebuah hubungan asmara. Love language dalam hubungan memerankan peran penting untuk kelanggengan dan keharmonisan satu sama lain. Ya, pasalnya love language adalah bentuk cinta seseorang yang ditunjukkan dengan cara yang membuatnya nyaman, bisa melalui perkataan, tindakan, sentuhan, quality time dan pemberian hadiah.

Selain alasan itu, ada juga beberapa alasan lain yang menunjukkan betapa love language mempengaruhi hubungan secara signifikan ke arah positif. Yuk, simak deretan alasannya!

1. Meningkatkan ketidakegoisan dalam hubungan 

5 Alasan Pentingnya Tahu Love Language Satu Sama Lain dalam Hubungan ilustrasi hubungan asmara (pexels.com/Katerina Holmes)

Ketika kamu mencintai seseorang dan menjalin hubungan dengannya, kamu pasti penasaran dengan perasaannya terhadapmu, kan? Kamu berusaha untuk mencari tahu dengan memperhatikan setiap yang dia lakukan. Dalam hal ini, kamu juga mempelajari love language-nya.

Ketika kamu fokus mempelajari dan memahami love language dalam dirinya, secara gak langsung kamu berfokus pada kebutuhannya daripada apa yang kamu butuhkan darinya. Inilah yang membuatmu gak hanya terpaku hanya pada dirimu saja, tapi pada dirinya juga. Tentu saja, dia pun akan melakukan hal yang sama karena manusia cenderung penasaran akan perasaan pasangannya sendiri.

2. Menciptakan empati satu sama lain 

5 Alasan Pentingnya Tahu Love Language Satu Sama Lain dalam Hubungan ilustrasi pasangan (pexels.com/Keira Burton)

Saat kamu belajar lebih banyak tentang bagaimana pasanganmu menunjukkan rasa cinta dan sayangnya, kamu akan belajar berempati padanya.  Hal ini dapat membantumu memahaminya dan melihat betapa dia mencintaimu dan menganggapmu penting dalam hidupnya.

Tentunya ini menjadi sebuah keuntungan kalian kalian dapat meningkatkan kedekatan emosional satu sama lain.  Alih-alih berbicara terkait love language yang dimiliki masing-masing, kamu dan pasangan justru mempelajari love languange satu sama lain dan ini membuat hubungan menjadi lebih harmonis.  

Baca Juga: 5 Cara Nembak Gebetan Berdasarkan Tipe Love Language-nya

3. Menjaga keintiman agar tetap mesra dan harmonis 

5 Alasan Pentingnya Tahu Love Language Satu Sama Lain dalam Hubungan ilustrasi hubungan (pexels.com/Helena Lopez)

Jika dalam hubungan, kamu dan pasangan paham love language masing-masing, maka itu membuat rasa cinta yang kalian miliki semakin besar setiap harinya. Yang mana artinya, kalian  menciptakan lebih banyak pemahaman dan akhirnya menjadi sebuah keintiman dalam hubungan.

Kalian gak hanya belajar lebih banyak tentang satu sama lain, tetapi juga terhubung dengan cara yang lebih dalam dan lebih bermakna. Ketika ini terjadi, hubungan akan terasa lebih intim tanpa banyak masalah di dalamnya.

4. Membantu menjadi pribadi yang lebih baik lagi  

5 Alasan Pentingnya Tahu Love Language Satu Sama Lain dalam Hubungan ilustrasi pasangan (pexels.com/Christ F)

Ketika kamu fokus pada sesuatu atau seseorang di luar dirimu, itu dapat mengarah pada pertumbuhan karakter dan sikap pribadi yang lebih baik. Mencintai pasangan dengan cara yang mungkin berada di luar zona nyaman dapat memaksamu untuk tumbuh dan berubah, dan untuk melihat ke luar dirimu sendiri.

Di sini, kamu juga kan banyak melakukan intropeksi diri. Hal-hal yang sebelumnya kamu lakukan dan gak disukai pasangan, perlahan mulai menjadi lebih baik agar kalian tetap bersama.

5. Berbagi cinta dengan cara yang bermakna 

5 Alasan Pentingnya Tahu Love Language Satu Sama Lain dalam Hubungan ilustrasi pasangan (pexels.com/Tran Long)

Ketika kamu dan dia mulai berbicara bahasa cinta satu sama lain, hal-hal yang kalian lakukan untuk satu sama lain menjadi lebih disengaja dan juga lebih bermakna. Sebagian dari ini berkaitan dengan fakta bahwa kalian saling mencintai satu sama lain dan membuktikan apa yang dirasakan sehingga hal ini membuat perasaan bahagia dan puas.

Hubungan yang bahagia kaitkan dengan minimnya pertengkaran. Kalian bisa saling menjaga cinta satu sama lain dan kebersamaan yang dilakukan akan lebih berarti.

Membicarakan dan mengetahui love language satu sama lain mungkin membutuhkan sedikit usaha dan niat. Namun, ingatlah bahwa hubungan yang sehat dan bahagia gak terjadi saja, tapi perlu diusahakan dan diperhatikan. Ketika kamu dan dia tahu love language masing-masing, maka hubungan akan semakin bahagia dan langgeng.

Baca Juga: Rekomendasi Hadiah Valentine untuk Pasangan Berdasarkan Love Language

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya