Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Sosok yang Telah Diselingkuhi akan Takut untuk Menikah

Rasa sakit hati membuatnya menutup diri

Siapa yang tak sakit hati mengalami sakitnya diselingkuhi oleh pasangan? Pastinya sangat menyakitkan. Mendengar cerita perselingkuhan saja sudah bikin sakit, apa lagi jika ada yang mengalaminya. Makanya, imbas dari perselingkuhan ini adalah ketakutan untuk menikah bagi korban yang merasakannya. 

Ada juga beberapa alasan mengapa sosok yang telah diselingkuhi akan takut untuk menikah? Berikut ulasan yang bisa kamu baca dan simak baik-baik. 

1. Punya rasa insecure dalam diri untuk kembali menjalin hubungan

5 Alasan Kenapa Sosok yang Telah Diselingkuhi akan Takut untuk Menikahpexels.com/Jansel Ferma

Sosok yang sudah dikhianati dalam hubungan akan mengalami rasa insecure dalam dirinya. Dia tak akan percaya diri untuk menjalin hubungan lagi karena banyak hal yang dia takuti akan terulang kembali. 

Bukan hanya tak percaya diri saja, dia pun akan merasa tak berharga dan tak akan pernah menjadi sosok yang bisa dicintai dengan setulus hati oleh orang lain. Meski ada, pastilah nanti pun akan mengalami bosan dan akhirnya pergi dari hidupnya. 

2. Ada trauma mendalam yang sulit untuk sembuh

5 Alasan Kenapa Sosok yang Telah Diselingkuhi akan Takut untuk Menikahunsplash.com/Allef Vinicius

Menjadi korban dari perselingkuhan, bukan hanya rasa kecewa, marah dan sakit hati, tapi juga trauma mendalam yang akan sulit untuk sembuh. Akan selalu ada rasa khawatir dalam dirinya hal seperti itu terulang lagi, entah bersama pasangannya lagi atau dengan orang baru dalam hidupnya. 

Biarpun nanti sembuh, tentu saja perlu waktu yang tak cepat. Banyak waktu, pengorbanan dan biaya yang dilakukan agar bisa move on dari semua yang telah terjadi. 

Baca Juga: 5 Alasan yang Buktikan kalau Selingkuh Itu Candu, Pahami Ya!

3. Tak lagi percaya sepenuhnya pada lawan jenis yang mengajak untuk menjalin hubungan baru

5 Alasan Kenapa Sosok yang Telah Diselingkuhi akan Takut untuk Menikahpexels.com/Vera Arsic

Imbas dari trauma akan kejadian perselingkuhan yang pernah dia rasakan pada hubungannya dulu adalah dia tak akan lagi percaya pada setiap lawan jenis yang mengajaknya menjalin hubungan baru. Dia akan menilai bahwa semua sama saja. 

Bila bosan atau ada masalah, akhirnya malah diam-diam menjalin hubungan baru. Setelah itu, dia akan dicampakkan lagi. Oleh karena itu, dia memilih untuk menutup diri. 

4. Ada rasa tidak percaya pada pernikahan

5 Alasan Kenapa Sosok yang Telah Diselingkuhi akan Takut untuk Menikahpexels.com/Wesner Rodrigues

Bagi orang yang pernah diselingkuhi di hubungan asmara dulu, padahal hubungannya sudah punya komitmen yang serius, maka dia tak akan lagi percaya pada pernikahan. 

Tak ada pernikahan yang benar-benar dia inginkan. Bahkan, dia akan berpikir untuk single selamanya dan menjadi sosok yang berkualitas tanpa harus menaruh banyak harapan pada sosok lain lagi. 

5. Sudah mati rasa untuk jatuh cinta kembali pada orang lain

5 Alasan Kenapa Sosok yang Telah Diselingkuhi akan Takut untuk Menikahpexels.com/Ba Tik

Mencintai seseorang dengan sangat dalam dan tulus, lalu dikhianati sebegitu dalamnya dengan sebuah perselingkuhan, tentu saja akan membuat dia mati rasa dan enggan untuk jatuh cinta lagi dengan orang lain. Untuk menikah dalam waktu dekat pun tidak akan dia lakukan. Dirinya sudah benar-benar enggan berhubungan dengan cinta dan asmara lagi. 

Itulah sederet alasan kenapa sosok yang telah diselingkuhi takut untuk menikah. Dirinya benar-benar trauma akan masa lalunya dan tak ingin hak tersebut terulang lagi. 

Baca Juga: 5 Alasan Balas Perselingkuhan dengan Selingkuh Lagi Bukanlah Hal Baik

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya