Comscore Tracker

5 Cara Atasi Overthinking Soal Jodoh yang Gak Kunjung Datang saat Ini

Jangan berlarut-larut!

Usia sudah semakin matang dan satu persatu teman-temanmu sudah mulai menikah, bahkan ada yang sudah kunya anak, tapi kamu masih saja sendiri. Belum ada seseorang yang mendekatimu sama sekali dan menjalin hubungan.

Berada di posisi seperti ini, tentu saja membuatmu gak tenang. Banyak omongan negatif yang kamu Terima hingga akhirnya overthinking sendiri dengan keadaan. 

Overthinking setiap hari, bahkan setiap malam itu gak baik untuk dirimu sendiri. Lebih baik kamu menemukan cara untuk mengatasi semuanya. Caranya dengan melakukan beberapa tips di bawah ini. 

1. Sadarilah bahwa pernikahan itu bukan perlombaan

5 Cara Atasi Overthinking Soal Jodoh yang Gak Kunjung Datang saat Inipexels.com/Emma Wise

Jangan buru-buru ingin menikah karena melihat seluruh teman-temanmu telah menikah dan umurmu yang sudah semakin menua. Ingatlah kalau pernikahan itu bukan abang perlombaan.

Jika memang saat ini jodohmu belum juga datang, maka jangan sedih. Dia akan datang di waktu yang tepat saat kamu sudah benar-benar siap dari segi mental, fisik dan juga finansial. Jadi, tenang saja, selagi kamu bahagia saat ini itu gak akan memperburuk keadaan. 

2. Fokus untuk memperbaiki hidup dan dirimu sendiri

5 Cara Atasi Overthinking Soal Jodoh yang Gak Kunjung Datang saat Iniunsplash.com/manny PANTOJA

Hidup bukan hanya soal jodoh, tapi ada banyak hal yang lebih penting lainnya, seperti karier dan kualitas dirimu sendiri. Jangan hanya fokus pada kamu yang belum memiliki pasangan. Mulai dari sekarang kamu harus fokus menjalani hidup saat ini.

Perbaiki diri, kualitas diri, dan karier agar ke depannya saat bertemu dengan jodoh kamu sudah benar-benar hidup baik. Jika kariermu bagus dan pribadimu pun baik, jodoh yang akan kamu miliki pun adalah cerminan dirimu sendiri.

Baca Juga: 5 Hal Sepele yang Bisa Jadi Sebab Jodohmu Tak Kunjung Datang, Catat!

3. Renungkanlah hal apa yang membuatmu masih jomblo sampai sekarang

5 Cara Atasi Overthinking Soal Jodoh yang Gak Kunjung Datang saat Iniunsplash.com/Christopher Campbell

Jangan hanya overthinking, lantas kamu gak bisa melaluinya dengan baik dan terus menerus berada di situasi seperti itu. Kamu perlu tahu hal apa yang membuatmu masih jomblo terus samapai saat ini.

Jika sudah menemukan penyebabnya, maka ke depannya kamu juga pasti tahu solusi yang tepat sehingga bisa lebih mudah menemukan seseorang yang nantinya akan jadi jodohmu. 

4. Bukalah hatimu untuk orang baru

5 Cara Atasi Overthinking Soal Jodoh yang Gak Kunjung Datang saat Iniunsplash.com/You X Ventures

Jangan berdiam diri saja kalau kamu sudah merasa khawatir tentang jodoh saat ini. Mulai sekarang kamu harus bisa membuka hati untuk orang yang baru. Bahkan, kamu juga bisa meminta saran dan dikenalkan oleh teman-temanmu dengan lawan jenis yang baik. Semakin kamu membuka diri, maka semkin besar kamu akan menemukan jodoh itu. 

5. Jangan lupa berdoa dan serahkan semuanya pada Tuhan

5 Cara Atasi Overthinking Soal Jodoh yang Gak Kunjung Datang saat Inipexels.com/Polina Sirotina

Jika semua usaha telah kamu lakukan untuk mendapatkan jodoh, maka yang terakhir berdoalah agar dimudahkan semuanya. Kamu bisa meminta apa pun dan berkeluh kesah pada Tuhan agar hatimu jadi lebih tenang. 

Percayalah pada-Nya kalau jodohmu akan datang dengan cepat dan di waktu yang tepat. Jika kamu bisa percaya, maka semua usaha dan doa yang kau panjatkan akan terkabul. 

Jangan biarkan overthinking tentang jodoh mengacaukan hidupmu. Mulailah untuk melakukan cara-cara di atas agar kamu gak makin insecure dengan keadaan. Percayalah semua akan indah pada waktunya. 

Baca Juga: Waspada, Ini 5 Ujian yang Mungkin Datang saat Jodoh akan Menghampirimu

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya