Comscore Tracker

5 Kerugian Jika Bersikeras Bertahan dengan Pasangan yang Selingkuh

Pahami dengan baik!

Cinta memang bisa membutakan segalanya, termasuk saat kamu memaafkan pasangan yang telah menyelingkuhimu dan gak peduli dengan nasihat dari teman-teman yang menyuruhmu untuk putus saja. Karena, tanpa kamu tahu, tetap bertahan dalam hubungan dengan pasangan yang telah menyelingkuhimu hanya akan merugikanmu saja. 

Hubunganmu gak akan sama lagi seperti sebelumnya dan gak menjamin hubunganmu kalian akan berlabuh pada pernikahan. Kerugian yang akan kamu alami nantinya bisa kamu simak di bawah ini. 

1. Gak akan pernah percaya sepenuhnya pada pasanganmu

5 Kerugian Jika Bersikeras Bertahan dengan Pasangan yang Selingkuhfreepik.com/nakaridore

Perselingkuhan adalah sebuah pengkhianatan dalam hubungan. Komitmen dan kepercayaan satu sama lain telah dirusak olehnya. Jadi, pantas saja jika setelah diselingkuhi dan kamu memilih memaafkannya, maka kamu gak akan lagi pernah percaya padanya. 

Jika sudah gak percaya, maka rentetan pertengkaran akan selalu ada dalam hubunganmu karena sejatinya kepercayaan itu adalah fondasi hubungan. Ketika sudah gak ada, maka hubungan tersebut telah rusak. 

2. Kamu akan selalu diselimuti oleh perasaan gak tenang dalam hubungan

5 Kerugian Jika Bersikeras Bertahan dengan Pasangan yang Selingkuhfreepik.com/wavebreakmedia_micro

Dari ketidakpercayaan yang kamu rasakan ini, maka timbulah perasaan yang gak pernah tenang. Apa lagi jika kamu sedang gak bersama dengannya. 

Pikiran negatif akan selalu hadir menghantui pikiranmu dan akan mengarah pada tuduhan selingkuh lagi. Overthinking ini akan berlangsung lama, bahkan gak akan pernah membaik sampai kamu benar-benar ikhlas dengan semua yang telah terjadi. 

Baca Juga: Hati-hati, 5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Menjadi Awal Perselingkuhan

3. Kamu akan bertindak semena-mena terhadapnya

5 Kerugian Jika Bersikeras Bertahan dengan Pasangan yang Selingkuhfreepik.com/drobotdean

Kamu dan dia yang gak mau putus satu sama lain, meski telah ada pengkhianatan di dalamnya itu membuktikan bahwa kalian memang saling menyayangi satu sama lain. Namun, karena goresan luka tersebut, ke depannya kamu akan bertindak semena-mena dalam hubungan. 

Kamu merasa bahwa kamu selalu disakiti olehnya dan kini kamu gak ingin dia terlihat baik-baik saja setelah melakukan kesalahan. Kamu mulai memperlakukan dirinya seperti bukan pasanganmu lagi. 

4. Ada keinginan untuk membalaskan rasa sakitmu dengan selingkuh lagi

5 Kerugian Jika Bersikeras Bertahan dengan Pasangan yang Selingkuhfreepik.com/freepik

Percaya atau tidak, ketika kamu merasakan sakitnya diselingkuhi oleh pasangan yang kamu sayangi, maka akan ada rasa kecewa yang sangat mendalam. Dari kecewa tersebut, lama kelamaan akan timbul niatan untuk membalaskan rasa sakit hati dan kecewamu ini, yakni dengan menyelingkuhinya balik. Jika sudah seperti ini, maka hubungan akan jadi toxic dan gak ada kebahagiaan satu sama lain lagi. 

5. Kamu berpotensi alami diselingkuhi lagi

5 Kerugian Jika Bersikeras Bertahan dengan Pasangan yang Selingkuhfreepik.com/pressfoto

Ingat, perselingkuhan gak ubahnya seperti kebiasaan yang memacu adrenalin. Jika pernah melakukannya sekali, ke depannya akan ada hal yang terulang kembali. 

Kamu harus siap dengan hal itu. Merasakan rasa sakit hati dan kecewa lagi. Jika sudah begitu, maka kamu akan semakin terjatuh lebih dalam ke lubang yang sama lagi. 

Ketika pasangan selingkuh, ada baiknya memberikan dia pelajaran terlebih dahulu. Jangan langsung memaafkannya karena itu akan membuatnya jadi besar kepala dan menganggap kamu sangat menyayanginya, sehingga dia bisa melakukannya lagi dan lagi. Jadi, pikirkan lagi jika memang kamu ingin bertahan sesuai diselingkuhi. 

Baca Juga: 5 Risiko yang Akan Kamu Terima saat Selingkuh Dibalas Selingkuh Lagi

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya