Comscore Tracker

5 Cara biar Kamu Gak Menjadi Pasangan yang Posesif, Mudah Kok

Kamu harus tahu caranya!

Perasaan memiliki saat sudah menjalin hubungan bersamanya, pasti kamu rasakan. Namun, kamu harus bisa mengelolanya dengan baik dan miliki pasangan sewajarnya saja. 

Terlalu memiliki pasangan dapat membuatnya jadi gak nyaman dan terkekang dengan sikapmu ini. Situasi seperti inilah yang kemudian membuatmu menjadi sosok yang posesif.

Posesif gak baik untuk kamu, dia dan hubungan kalian. Kamu perlu belajar untuk menjadi sosok yang pengertian dan jauh dari kata posesif. Caranya, cukup lakukan hal seperti berikut ini saja. 

1. Berdamailah dengan masa lalumu

5 Cara biar Kamu Gak Menjadi Pasangan yang Posesif, Mudah KokIlustrasi merasa damai (pexels.com/Vantha Thang)

Posesif gak hadir begitu saja. Biasanya seseorang yang posesif memiliki masa lalu yang buruk bersama mantannya, entah diselingkuhi, atau sering dibohongi. Itulah mengapa keposesifan hadir sebagai bentuk melindungi diri. 

Kamu yang saat ini merasakan seperti itu, maka penting untukmu belajar menerima semua yang terjadi. Maafkan masa lalu dan ubah mindset bahwa gak semua lawan jenis seperti mantanmu dulu. 

2. Percaya apa yang pasangan lakukan

5 Cara biar Kamu Gak Menjadi Pasangan yang Posesif, Mudah KokIlustrasi pasangan (pexels.com/Artem Beliaikin)

Jika ingin hubunganmu dengannya nyaman dan damai serta langgeng, maka bangunlah kepercayaan satu sama lain. Ingat, kepercayaan itu adalah fondasi utama dalam hubungan. 

Kamu harus selalu percaya padanya. Buang jauh-jauh pikiran negatifmu tentangnya agar kamu bisa tetap percaya kalau dia benar mencintaimu. 

Baca Juga: 5 Caranya agar Pasangan Gak Posesif dan Mengatur Hidupmu

3. Jangan selalu menghabiskan waktu bersamanya setiap hari

5 Cara biar Kamu Gak Menjadi Pasangan yang Posesif, Mudah KokIlustrasi keterbukaan (pexels.com/cottonbro)

Kencan, bertemu dan melakukan quality time adalah bentuk kedekatan kamu dengannya untuk membangun keintiman satu sama lain. Namun, selalu sering bersamanya juga gak baik untukmu. Kamu akan selalu bergantung padanya dan ingin agar dia di sisimu terus menerus. 

Milikilah kehidupan pribadimu sendiri agar fokusmu bukan hanya pada pasangan. Kamu bisa melakukan hobimu, hangout bersama teman atau menghabiskan waktu bersama keluarga. Hidupmu akan seimbang tanpa rasa curiga sama sekali padanya. 

4. Jangan selalu menggunakan perasaan dalam menyikapi hal apa pun di hubungan

5 Cara biar Kamu Gak Menjadi Pasangan yang Posesif, Mudah KokIlustrasi seorang pria (pexels.com/David Gomes)

Seseorang yang cemburu dan posesi selalu menggunakan perasaannya dalam menyikapi segala hal. Jika kamu ingin menjadi seseorang yang lebih pengertian untuknya, maka cobalah gunakan logikamu. 

Sikapi setiap peristiwa dalam hubungan menggunakan logika agar kamu bisa tetap tenang menyelesaikannya tanpa perlu mengekang dan curiga dengannya terus. Hal ini pun akan membuatmu lebih mengerti tentang kondisi pasangan. 

5. Masuk ke lingkungan pasanganmu

5 Cara biar Kamu Gak Menjadi Pasangan yang Posesif, Mudah KokIlustrasi pertemanan (pexels.com/Andrea Poacquadio)

Jika semuanya telah kamu praktikkan, tapi kamu masih saja punya sikap posesif padanya, maka mulai sekarang cobalah kenal dan dekat dengan lingkungannya. Mulai dari teman, sahabat, rekan kerja sampai keluarganya harus kamu kenal agar kamu bisa percaya terus padanya. 

Dekat dengan mereka juga dapat membuatmu tahu lebih dalam tentang pasanganmu. Dengan begitu, akan lebih memudahkan kamu untuk membuat hubungan ini langgeng.

 

Perlu usaha dari dirimu sendiri untuk tidak menjadi pasangan yang posesif. Kamu harus bisa melakukan lima cara di atas secara perlahan agar terbiasa dan rasa posesif bisa hilang dari dalam dirimu. 

Baca Juga: 5 Alasan Pasangan yang Tak Percaya Diri Justru Cemburuan dan Posesif

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya