Comscore Tracker

5 Cara Membangun Hubungan yang Sehat, Jalinan Cinta jadi Kekal

Gak susah lho!

Menjalin sebuah hubungan asmara gak hanya berpatok pada rasa cinta saja. Ada kualitas hubungan yang harus dibangun agar kamu dan dia bisa saling nyaman untuk jangka waktu yang lama. Membuat hubungan berkualitas salah satunya adalah dengan membangun jalinan asmara yang sehat. 

Jalin asmara yang sehat adalah langkah pasti kamu dan dia bisa saling nyaman, bahkan membuat hubungan jadi harmonis dan langgeng. Segala permasalahan di hubungan bisa diselesaikan dengan baik. Ada pun cara membangun hubungan yang sehat bisa dimulai dari cara di bawah ini. 

1. Pegang komitmen di awal hubungan

5 Cara Membangun Hubungan yang Sehat, Jalinan Cinta jadi Kekalilustrasi komitmen (pexels.com/TranStudios Photography)

Jangan menjalani hubungan tanpa pondasi komitmen sama sekali. Dalam artian hubungan yang kamu dan dia jalani hanya sebatas hubungan yang mengalir mengikuti arus yang gak tahu harus dibawa kemana? 
Hubungan yang sehat dimulai dari adanya komitmen di awal hubungan. 

Ketika kamu mulai menyukainya dan jatuh cinta padanya, maka mulailah berjanji untuk setia dengannya. Kalian harus sama-sama berjanji untuk menjalani hubungan ini untuk jangka waktu yang panjang dan punya tujuan yang jelas. 

2. Tahu privasi satu sama lain

5 Cara Membangun Hubungan yang Sehat, Jalinan Cinta jadi Kekalilustrasi pegang HP (pexels.com/Samson Katt)

Hubungan asmara yang dijalani bukan berarti kalian harus terus bersama dan tahu tentang segalanya. Ingatlah bahwa privasi itu perlu ada. Kamu punya kehidupanmu sendiri dan prioritas yang dimiliki, begitupun dengan pasanganmu. 

Jangan ada tekanan saling menuntut dengan alasan keterbukaan agar kalian bisa tahu satu sama lain. Pasalnya, hubungan yang terlalu terbuka tentang kehidupan pribadi lebih mudah menimbulkan rasa bosan. 

Baca Juga: 5 Cara Sederhana untuk jadi Individu yang Lebih Berkualitas 

3. Komunikasi jika ada hal yang berkaitan dengan hubungan

5 Cara Membangun Hubungan yang Sehat, Jalinan Cinta jadi Kekalilustrasi komunikasi (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Keterbukaan dalam hubungan hanya menyangkut soal hubungan cinta kalian saja, lebih dari itu harusnya tidak. Ceritakan semua masalah jika memang kalian memiliki ketidaknyamanan di hubungan. Bahkan, hal yang pahit sekalipun harus diketahui masing-masing. 

Jangan sampai ada kebohongan yang kalian pendam karena jika suatu saat nanti ketahuan, maka semuanya akan jadi hancur. Terbukalah dan katakan semuanya, meski itu nantinya akan menyakitkan. 

4. Ada batasan saat kamu dan dia melakukan keintiman hubungan

5 Cara Membangun Hubungan yang Sehat, Jalinan Cinta jadi Kekalilustrasi hubungan (pexels.com/Katerina Holmes)

Menunjukkan dan mengekspresikan rasa cinta gak hanya dilakukan dengan ucapan saja, tapi juga bahasa tubuh, yakni keintiman. Melakukan keintiman dengan pasangan bukanlah hal buruk, asalkan kamu dan dia tahu batasan. 

Cukup berlakukan sentuhan dengan bergenggaman tangan, pelukan, senderan dan ciuman saja. Lainnya, tetap gak boleh kalian lakukan karena itu dapat membuat hubungan jadi bermasalah hingga menimbulkan toxic relationship. 

5. Saling melibatkan di hari-hari penting

5 Cara Membangun Hubungan yang Sehat, Jalinan Cinta jadi Kekalilustrasi hubungan (pexels.com/Budgeron Bach)

Tunjukkan rasa cinta yang kamu miliki dengan cara melibatkan pasangan di hari-hari pentingmu, seperti hari kelulusan, pencapaian karier, dan perayaan ulang tahunmu. Bukan hanya kamu saja, tapi dia pun harus melakukannya. 

Saling melibat satu sama lain adalah bukti bahwa kalian saling membutuhkan. Koneksi cinta yang dimiliki begitu erat sehingga kalian bisa berbagi kebahagiaan satu sama lain. 

Cukup mudahkan menjalin hubungan yang sehat itu? Kamu hanya perlu memberlakukan lima cara di atas saja. Ingat, semuanya butuh proses juga terutama bila kamu dan pasangan mulai membangun hubungan yang sehat ini. 

Baca Juga: 5 Tanda Hubungan Pacaranmu Cuma Lama di Waktu tapi Tidak Berkualitas

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya