Comscore Tracker

Tanpa Harus Ghosting, Ini 5 Cara Mengakhiri Hubungan dengan Gebetan

#IDNTimesLife Image-mu tetap baik di matanya

Cocok dan gak cocok dalam proses PDKT adalah hal yang wajar karena kamu harus mencari pasangan yang pas di hatimu agar ke depannya gak ada perasaan menyesal. Namun, saat kamu sudah dekat, tapi akhirnya merasa gak cocok dengannya, jangan lakukan ghosting atau menghilang tanpa ada kata pamit sama sekali.

Hal itu akan membuatnya kecewa dan kamu pun bisa mendapatkan karma dari perilakumu sendiri. Ada cara yang jauh lebih baik untuk mengakhiri kedekatanmu dengannya. Cara-cara berikut ini bisa kamu praktikan agar image-mu tetap baik di matanya. 

1. Jangan memutuskan melalui komunikasi online

Tanpa Harus Ghosting, Ini 5 Cara Mengakhiri Hubungan dengan GebetanIlustrasi pegang hp (unsplash.com/magnet.me)

Pertama, jangan pernah memutuskan hubungan dengannya melalui pesan text maupun telepon. Hal ini jika dilakukan dapat membuat dirimu terlihat sangat gak dewasa sama sekali.

Dia akan jauh lebih kecewa dengan sikapmu yang memutuskan hubungan ini dengan cara yang gak baik. Akibatnya, hubungan kalian selepas ini akan terasa seperti musuh yang saling membenci. 

2. Ajak dia bertemu untuk menceritakan yang kamu rasakan

Tanpa Harus Ghosting, Ini 5 Cara Mengakhiri Hubungan dengan GebetanIlustrasi hubungan asmara (pexels.com/cottonbro)

Sikap yang dewasa dan memperlihatkan kewibawaanmu adalah dengan mengajaknya bertemu. Hubungan dia dan ajaklah dia untuk membicarakan hal penting soal hubungan kalian.

Setelah itu, kamu bisa mulai untuk menceritakan keberlangsungan dari kedekatan kalian. Namun, ingat kalau kamu harus mengucapkan maaf atas keputusanmu ini padanya 

3. Berikan pengertian padanya

Tanpa Harus Ghosting, Ini 5 Cara Mengakhiri Hubungan dengan GebetanIlustrasi saling berbicara (unsplash.com/Yolanda Sun)

Jangan hanya cerita kalau kamu ingin memutuskan hubungan saja dengannya, tapi berikanlah pengertian padanya agar rasa kecewa yang dia alami gak begitu dalam. Jika kamu bisa memberikan pengertian yang baik untuknya, maka dia pun pasti bisa memahami situasimu.

Gak akan ada dia yang kemudian membencimu. Justru, dia akan selalu mendukung keputusan yang kamu rasakan karena dipaham kalau menjalin hubungan itu harus sama-sama saling mencintai. 

Baca Juga: Beranikan Diri, 5 Tips Meminta Maaf Setelah Melakukan Ghosting

4. Katakan padanya kalau kalian masih bisa tetap berteman

Tanpa Harus Ghosting, Ini 5 Cara Mengakhiri Hubungan dengan GebetanIlustrasi hubungan asmara (pexels.com/Katerina Holmes)

Kamu juga harus bisa meyakinkan dirinya bahwa kalian masih bisa tetap berteman. Hanya saja hubungan yang terjalin gak akan seintens dulu lagi.

Hal ini bertujuan agar dia gak membencimu karena harapannya untuk bisa menjalin hubungan jadi pupus begitu saja. Dia jadi bisa mengontrol emosinya saat kamu memberikan keyakinan kalau kalian masih tetap bisa berteman dan bertemu 

5. Kamu harus bisa menghiburnya

Tanpa Harus Ghosting, Ini 5 Cara Mengakhiri Hubungan dengan GebetanIlustrasi hubungan cinta (unsplash.com/Tibor Pápai)

Siapa pun pasti akan sakit hati saat sudah dekat selama berhari-hari kemudian gak lanjut ke tahap pacaran. Harapannya gak akan pernah terwujud.

Sudah pasti kalau dirinya merasa sedih. Oleh karena itu, kamu wajib menghiburnya agar dia bisa menerima semua keputusan yang kamu ambil ini. 

Daripada ghosting dan menyakiti hatinya, lebih baik kamu melakukan lima cara seperti di atas. Percayalah jika kamu melakukan itu, maka ke depannya gak akan ada rasa benci darinya terhadapmu.  

Baca Juga: 5 Jurus yang Bisa Kamu Lakukan Saat Bertemu Tukang Ghosting

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya