Comscore Tracker

5 Cara Menyikapi Perilaku Pasangan yang Ternyata Hanya Memanfaatkanmu

Sikapi dengan benar agar kamu tak terus diperalat 

Memiliki sosok pasangan yang memanfaatkanmu saja dalam hubungan adalah hal yang paling menyakitkan sekaligus mengecewakan. Dirinya bukan hanya memanfaatkanmu, tapi juga menunjukkan sikap bahwa dia sama sekali tidak benar-benar tulus mencintaimu. 

Agar hal seperti ini bisa diselesaikan dengan baik dan tak menimbulkan konflik berkelanjutan, maka kamu perlu memberikan sikap yang cepat, tanggap dan tegas dalam memperlakukan dirinya. Bahkan, melepaskan dirinya pun bisa kamu lakukan bilamana dia sudah sangat keterlaluan sekali. Berikut lima cara menyikapi sosok pasangan yang hanya memanfaatkanmu. 

1. Teliti lebih lanjut, apakah benar dia memanfaatkanmu atau hanya perasaanmu?

5 Cara Menyikapi Perilaku Pasangan yang Ternyata Hanya Memanfaatkanmupexels.com/Gustavo Fring

Hal pertama yang tentu saja harus kamu lakukan adalah memperhatikan setiap perilakunya yang ditunjukkan padamu. Setelah itu teliti, apakah memang benar dia memanfaatkanmu? Atau hanya sekadar perasaanmu saja? 

Jangan sampai kamu menuduhnya memanfaatkanmu sedangkan kamu tidak punya bukti apapun atau sama sekali belum memperhatikan sikapnya dengan teliti. Karena, hal itu akan menjadi boomerang untuk dirimu sendiri. 

2. Singkirkan perasaan cintamu jika dia benar-benar memanfaatkanmu

5 Cara Menyikapi Perilaku Pasangan yang Ternyata Hanya Memanfaatkanmuunsplash.com/Thomas Griesbeck

Jika kamu sudah mengetahuinya dengan meneliti terlebih dahulu, maka sekarang mulailah untuk menyingkirkan perasaan sayang dan cintamu padanya. Hal ini dikarenakan agar kamu bisa memutuskan dia suatu saat nanti tanpa ada rasa kekecewaan yang begitu dalam dirasakan. Bersikaplah seperti biasanya dulu, tapi tetap dengan mengurangi rasa cintamu hari demi hari. 

3. Berani bilang tidak saat dia meminta sesuatu darimu

5 Cara Menyikapi Perilaku Pasangan yang Ternyata Hanya Memanfaatkanmuunsplash.com/Nadine Shaabana

Mulailah untuk bersikap tegas atas sikap dan perilaku dia saat meminta sesuatu darimu. Kamu harus belajar bisa menolaknya dengan berbagai alasan yang kamu miliki.

Jika kamu terus menerus menuruti keinginan dari pasangan, maka dia tak akan berhenti untuk memanfaatkanmu karena kamu pun tetap akan memenuhi keinginannya. Ketika kamu sudah menolak dan berkata tidak, maka kamu harus konsisten dengan ucapanmu. Jangan sampai terbuai dengan rayuan dan pujian darinya, ya! 

Baca Juga: 5 Penyebab Kamu Mudah Dimanfaatkan Orang Lain, Sering Gini? 

4. Sesekali beri pelajaran agar dia sadar

5 Cara Menyikapi Perilaku Pasangan yang Ternyata Hanya Memanfaatkanmupexels.com/mentatdgt

Jangan selalu menuruti keinginan pasangan, maka dia akan terus menerus memanfaatkanmu tanpa mau berubah sama sekali. Oleh karena itu, kamu perlu memberikannya pelajaran agar dia sadar jika bersikap seperti itu adalah salah. Dengan begitu, dia akan meminta maaf dan memperbaiki dirinya jika dia benar-benar mencintaimu. 

5. Jika tak berubah, lebih baik putuskan saja

5 Cara Menyikapi Perilaku Pasangan yang Ternyata Hanya Memanfaatkanmuunsplash.com/Ryan Holloway

Jika segala cara telah dilakukan, tapi dia tetap saja tidak berubah menjadi lebih baik dan berhenti memanfaatkanmu, maka sekarang segera putuskan sosok pasangan yang seperti itu. Karena, tetap bertahan dalam hubungan dengannya akan merugikanmu saja dan kamu tak pernah dianggap sebagai sosok yang istimewa dalam hidupnya. 

Nah, itu dia tadi lima cara menyikapi perilaku pasangan yang hanya memanfaatkanmu saja. Kamu perlu bersikap tegas padanya agar tidak selalu diperlukan semena-mena olehnya. Bahkan, kamu pantas untuk mendapat sosok baru yang lebih berharga dari dirinya jika dia tak juga berubah sama sekali. 

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Teman Suka Manfaatin Kamu, Harus Lebih Hati-Hati!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya