Comscore Tracker

5 Cara Tanggapi Curhatan Teman yang Sering Putus Nyambung Soal Asmara

Sesekali kamu perlu menyindir dengan tegas

Sering mendengarkan kisah cinta putus nyambung temanmu, tentunya membuat kamu bosan. Ditambah jika dia mulai curhat dan ingin mendengar solusi darimu. Dan, pada akhirnya kamu memberikan dia nasihat dan solusi yang baik. 

Namun, sudah berkali-kali diberi nasihat dan solusi, dia tetap saja tidak menerima dan melalukan solusi tersebut, hingga pada akhirnya kamu kesal sendiri. Ingin bersikap bodo amat, tapi dia temanmu. 

Nah, daripada bingung, sebaiknya kamu menanggapi curhatannya dengan lima cara di bawah ini. 

1. Kamu harus tetap mendengarkannya agar dia masih merasa dipedulikan

5 Cara Tanggapi Curhatan Teman yang Sering Putus Nyambung Soal Asmarapexels.com/Christina Morillo

Sebosan-bosan dan kesalnya kamu dengan dirinya, tapi dia tetaplah temanmu. Oleh karena itu, kamu tidak harus menghindar, apa lagi menolak jika dia sudah ada niatan untuk curhat padamu.

Kamu cukup mendengarkan seluruh ceritanya saja, meskipun kamu tahu bahwa ceritanya hanya seputar tentang percintaannya yang selalu putus nyambung. 

2. Jangan menyela dan jangan memberikan solusi bila dia tak meminta

5 Cara Tanggapi Curhatan Teman yang Sering Putus Nyambung Soal Asmarapexels.com/nappy

Ketika dia sudah mulai cerita padamu, yang keseluruhan ceritanya adalah masalah cinta yang selalu putus nyambung, maka dengarkanlah terlebih dahulu. Jangan menyela selagi dia bercerita dan jangan memberikan solusi jika dia tidak memintanya darimu. Tugasmu hanyalah mendengarkan keseluruhan dari ceritanya, meskipun kamu tahu akan bagaimana inti dari ceritanya. 

Baca Juga: 5 Alasan Cinta Ditolak Tidak Boleh Buat Kamu Putus Asa  

3. Berikan solusimu yang tegas agar dia sadar

5 Cara Tanggapi Curhatan Teman yang Sering Putus Nyambung Soal Asmarapexels.com/Fauxels

Jika dia meminta solusi darimu, makan berikanlah, meski kamu tahu bahwa solusi tersebut tidak akan dia dengar dan lakukan. Tugasmu hanyalah menghargai temanmu dan memberikan solusi saat dia memintanya. Terlebih, dia melakukannya atau tidak, itu adalah hak dia. 

4. Sesekali kamu bisa menyindir, agar dia merasa bahwa kamu sudah bosan mendengar ceritanya

5 Cara Tanggapi Curhatan Teman yang Sering Putus Nyambung Soal Asmarapexels.com/Christina Morillo

Ketika kamu memberikan saranmu padanya, sesekali kamu boleh menyindir dengan perkataan yang pedas, agar dia bisa paham maksud darimu dan mengerti bahwa hal itu tidak sebaiknya dia lakukan.

Perkataan sindirannya pun terserah, sesuai dengan hal yang kamu inginkan. Tak perlu merasa sungkan dan takut dia tersinggung, karena hal itu harus kamu lakukan. 

5. Jujur atas apa yang kamu rasakan dari tingkah dan ceritanya

5 Cara Tanggapi Curhatan Teman yang Sering Putus Nyambung Soal Asmarapexels.com/Kaboompics .com

Tak ada salahnya untuk bersikap jujur padanya. Kamu bisa meluapkan segala kekesalan yang kamu rasakan padanya. Tak perlu takut, karena teman yang menasihati di depan jauh lebih baik, daripada hanya menyimpan di dalam hati, lalu menjelekkan di belakang dirinya. 

Nah, itu tadi lima cara menanggapi curhatan teman yang sering putus nyambung soal percintaan. Jangan menghindarinya, tapi kamu tetap harus ada memberikan respon yang baik untuknya dan beri sedikit penegasan juga. 

Baca Juga: 5 Alasan Klasik & Tak Masuk Akal Seseorang Utarakan pasca Putus Cinta

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya