Comscore Tracker

5 Cara Terbaik Berdamai pada Diri Sendiri pasca Balikan dengan Mantan

Lupakan masa lalu, jalani masa kini

Ketika menjalin hubungan, kita sering kali berekspektasi terlalu tinggi hingga melupakan segala sebab dari berakhirnya hubungan. Pasca hubungan berakhir, kamu sering kali menyesal dan ingin segera balikan dengan pasanganmu. 

Namun, menjalin hubungan setelah putus akan terasa berbeda. Kamu takut masalah akan terulang kembali dan berakhir dengan putus lagi. Agar perasaan takutmu bisa ditenangkan, maka kamu harus berdamai dengan diri sendiri. 

Berikut lima cara terbaik untuk berdamai dengan diri sendiri setelah menerima kembali mantan pasanganmu. 

1. Kurangi perasaan ragu pada diri sendiri dan diri pasanganmu

5 Cara Terbaik Berdamai pada Diri Sendiri pasca Balikan dengan Mantanpexels.com/nappy

Jika tak bisa menghilangkan seluruh perasaan ragumu, maka kamu dapat menguranginya sedikit demi sedikit. Karena, semua ketakutan dan rasa curiga tidak akan lantas hilang begitu saja, meskipun kamu dan pasangan telah menjalin kembali hubungan yang baik. 

Jika perasaan ragumu muncul, terutama saat tak bersama dengan pasanganmu, maka lampiaskanlah pada sesuatu hal yang kamu sukai, seperti menonton film maupun belanja yang yang disukai. Dengan kamu melampiaskan keraguan tersebut, maka fokusmu bukan hanya tentang hubungan saja. 

2. Pahami bahwa kekecewaan adalah bagian dari hidup untuk proses pendewasaan diri

5 Cara Terbaik Berdamai pada Diri Sendiri pasca Balikan dengan Mantanunsplash.com/Allef Vinicius

Rasa kecewa akan masa lalu yang diberikan oleh pasanganmu itu memang akan selalu teringat sampai kapan pun. Namun, pahamilah bahwa kekecewaan adalah bagian dari hidup untuk menuju pendewasaan dalam diri. Bersikaplah ikhlas dan menerima segala hal yang terjadi dalam hidupmu, terutama dalam hubungan percintaanmu. 

Baca Juga: 5 Cara Berdamai dengan Kemalasan, Biar Lebih Produktif

3. Ketakutan itu wajar, tapi kamu harus menghadapinya

5 Cara Terbaik Berdamai pada Diri Sendiri pasca Balikan dengan Mantanpexels.com/Spencer Selover

Meski kamu punya trauma dan ketakutan yang mendalam akan rasa sakit dan patah hati dulu. Namun, perlu kamu ketahui bahwa rasa takut itu wajar, karena kamu mencintai pasanganmu.

Oleh karena itu, hadapilah ketakutan yang kamu miliki dengan keberanian dan pikiran yang positif. Jika kamu melakukannya, maka hubungan yang dijalani pun akan semakin mudah. 

4. Ketika ada masalah, jangan pernah mengungkit masa lalu

5 Cara Terbaik Berdamai pada Diri Sendiri pasca Balikan dengan Mantanunsplash.com/The HK Photo Company

Jika kamu benar-benar ingin berdamai dengan diri sendiri, maka lupakanlah segala permasalahan masa lalu yang ada. Jika di kemudian hari setelah kamu memutuskan bersama lagi, ada masalah yang terjadi, maka ungkitlah permasalahan yang ada sekarang. Jangan mengungkit kesalahan yang terjadi di masa lalu. 

5. Peduli pada hubungan agar tetap romantis

5 Cara Terbaik Berdamai pada Diri Sendiri pasca Balikan dengan Mantanpexels.com/Fernanda Pereira

Daripada kamu hanya memikirkan sakit hatimu dan kekecewaan yang pernah terjadi, akan lebih baik jika kamu memfokuskan dirimu pada hubungan saat ini. Pikirkanlah bagaimana menjalin hubungan agar lebih serius dan tetap romantis, walaupun hubungan yang dijalani ini pernah menyayat hati. 

Itulah lima cara terbaik untuk berdamai dengan diri sendiri setelah balikan dengan mantan. Lakukan caranya dan move on dari masa lalu hubungan. Lupakan semua yang telah terjadi dan fokus hanya pada saat ini saja. 

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Jadi Pelajaran untuk Kamu yang Punya Banyak Mantan

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya