Comscore Tracker

5 Cara agar Tetap Fokus Kerja Saat Kamu Baru Saja Putus Cinta

Masalah pribadi jangan dibawa ke kantor

Mengalami putus cinta bukanlah proses yang mudah untuk dilalui begitu saja, apa lagi jika kamu berpisah dari orang yang sangat kamu cintai. Perasaan kecewa, sakit hati, dan menyesal bercampur aduk jadi satu. Bahkan, hari-hari yang kamu lewati pun terasa tidak berarti sama sekali setelah kamu tak lagi menjalin hubungan dengannya. 

Namun, meski kamu mengalami putus cinta dan galau setiap harinya, nyatanya hidup terus berjalan dan tetap maju. Kamu masih punya kewajiban yang harus dilakukan dalam hidupmu, salah satunya adalah pekerjaan. Nah, agar kamu bisa fokus melakukan kewajibanmu ini, maka kamu harus mengikuti lima cara berikut ini. 

1. Berkumpulah seperti biasanya dengan teman-teman kantormu

5 Cara agar Tetap Fokus Kerja Saat Kamu Baru Saja Putus Cintapexels.com/Fauxels

Meski kamu tetap merasa sedih dan hari-harimu hampa, tapi jangan pernah menarik diri dan bersedih sepanjang waktu di tempat kerja. Kamu harus tetap berkumpul dan bergaul dengan teman-teman kantormu seperti biasanya.

Dengan begitu, perasaan sedih yang terus menerus mengganggu pikiranmu bisa teralihkan sementara dan kamu tetap bisa fokus bekerja seperi biasanya. 

2. Kerjakan pekerjaan mulai dari yang mudah dulu

5 Cara agar Tetap Fokus Kerja Saat Kamu Baru Saja Putus Cintapexels.com/Andrea Piacquadio

Pekerjaan berat tidak akan kamu selesaikan dengan baik jika perasaanmu masih saja fokus pada sakit hatimu. Namun, kamu bisa mengantisipasinya dengan melakukan pekerjaan dari yang termudah terlebih dahulu.

Ketika pekerjaan dimulai dari yang termudah, maka fokusmu bisa diatur dengan baik sehingga penyelesaian pekerjaan ke arah yang lebih sulit pun bisa teratasi dengan sangat baik. 

Baca Juga: 5 Keuntungan Pacaran dengan Teman Sekantor, Gak Selalu Buruk Kok!

3. Jangan pernah sekalipun cerita tentang masalah pribadi di tempat kerja

5 Cara agar Tetap Fokus Kerja Saat Kamu Baru Saja Putus Cintapexels.com/fauxels

Membawa masalah pribadi pada tempat kerja hanyalah boomerang bagi diri sendiri karena kamu akan terus menerus memikirkan tentang masalahmu dan tidak fokus pada pekerjaan yang akan kamu kerjakan.

Oleh karena itu, penting untukmu tidak menceritakan tentang putusnya hubungan cintamu dengan pasangan. Dengan kamu tidak menceritakannya, maka tidak akan ada orang yang menyinggung soal hubungan percintaanmu sehingga kamu bisa lebih tenang. 

4. Agar tak teringat lagi, kamu bisa hapus kontak dan buang barang dari mantan

5 Cara agar Tetap Fokus Kerja Saat Kamu Baru Saja Putus Cintapexels.com/Andrea Piacquadio

Masih menyimpan kontak mantan dengan segala akun media sosial yang kalau follow, maka akan membuatmu terus menerus merasa penasaran padanya saat bekerja. Oleh karena itu, ada baiknya untuk kamu menghapus seluruh kontak dan media sosial tentang dirinya.

Bila diperlukan juga, kamu bisa membuang segala macam barang pemberian dari mantanmu, termasuk barang-barang yang masih tersimpan dalam meja kantormu. Dengan semuanya bersih dan tak ada lagi barang darinya, maka kamu akan lebih tenang saat bekerja.

5. Jika dinilai sudah tak kuat, kamu bisa ambil cuti kerja

5 Cara agar Tetap Fokus Kerja Saat Kamu Baru Saja Putus Cintapexels.com/VisionPic.net

Putus cinta itu memang memberatkan hari-harimu. Jika kamu memang tidak sanggup menahan kesedihannya selama ini, maka ambilah cuti dari kantormu untuk menenangkan diri terlebih dahulu. 

Waktu cutimu bisa kamu habiskan untuk melakukan me time dengan liburan sejenak. Menghilangkan penat itu perlu dilakukan agar emosi negatif yang selama ini kamu tahan bisa disalurkan dengan baik. Jadi, manfaatkan dengan baik jatah cutimu, ya! 

Itulah lima cara agar tetap fokus kerja saat kamu baru saja putus dari hubungan. Lakukan caranya, maka pekerjaan yang kamu kerjaan akan selesai dengan baik dan fokusmu tidak akan terbagi lagi. 

Baca Juga: 5 Aktivitas Menyenangkan Setelah Putus Cinta, Wajib Dicoba!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya