Comscore Tracker

5 Cara Tetap Ramah saat Interaksi dengan Orang yang Gak Kamu Suka

Jangan tunjukkan ketidaksukaanmu pada mereka

Ketika gak menyukai seseorang, kamu pasti menghindari untuk berkomunikasi dengannya. Itu hal yang wajar. Lalu, bagaimana kalau dia mengajakmu ngobrol atau situasi membuat kalian harus berinteraksi? 

Hal tersebut pasti menjadi sulit. Namun kamu juga gak bisa menunjukkan ketidaksukaanmu padanya karena itu akan menjadi masalah bagimu. Kamu harus tetap ramah kepada mereka. Bagaimana caranya? Simak ulasan dan trik berikut ini. 

1. Tersenyumlah saat kalian saling tatap

5 Cara Tetap Ramah saat Interaksi dengan Orang yang Gak Kamu Sukailustrasi perbincangan (pexels.com/SHVET Productions)

Meski kamu gak menyukainya, bukan berarti kamu harus menampilkan ketidaksukaan itu. Ketika berhadapan atau berinteraksi dengannya, cobalah tersenyum saat dia menatapmu. Ini merupakan bagian dari kesan pertama yang menunjukkan bahwa dirimu ramah. 

Kamu yang tersenyum padanya akan membuat dia juga merasa diterima. Perbincangan kalian bisa berlangsung lebih nyaman, meski pun kamu benar-benar tidak menyukainya. 

2. Memperhatikan saat dia berbicara padamu

5 Cara Tetap Ramah saat Interaksi dengan Orang yang Gak Kamu Sukailustrasi dua orang ngobrol (pexels.com/Sarah Chai)

Jangan sibuk dengan urusanmu, apalagi sibuk bermain gadget saat dia mengajakmu berbicara. Cobalah untuk menghargainya dengan cara memperhatikan dan mendekatkan diri. 

Meski kamu mendengarkan, bukan berarti wajahmu juga menunjukkan sikap yang datar. Tunjukkan senyum dan antusiasme. Ingatlah bahwa gak suka bukan berarti kamu gak menghargai. 

Baca Juga: 5 Tips agar Self Reward Tak Bikin Buntung, Harus Dikalkulasi Dulu

3. Jawablah jika dia bertanya dan kamu juga harus bisa membuka diri

5 Cara Tetap Ramah saat Interaksi dengan Orang yang Gak Kamu Sukailustrasi berbicara (pexels.com/Christina Morillo)

Selama perbincangan jangan pernah hanya mendengarkan atau menunjukkan siapa dirimu dengan sombongnya. Kamu harus bisa menjadi sosok yang tahu bagaimana cara berinteraksi dan berbincang. 

Jika dia bertanya, maka kamu menjawab dan kamu pun harus melakukan hal yang sama. Buat komunikasi menjadi dua arah agar kamu gak terlihat sombong. 

4. Tunjukkan bahwa kamu sosok yang punya sikap baik dan berkualitas

5 Cara Tetap Ramah saat Interaksi dengan Orang yang Gak Kamu Sukailustrasi percakapan (pexels.com/Helena Lopes)

Selama kalian saling berbincang, tunjukkan sikap ramahmu. Hal ini membuktikan bahwa kamu sosok yang baik dan punya kepribadian yang berkualitas. 

Kamu pintar menguasai situasi dan ngobrol akrab dengannya, meskipun dalam hatimu kamu gak suka. Percayalah dia akan terpesona dengan sikapmu padanya selama interaksi ini. 

5. Akhiri pertemuan dengan cara yang baik

5 Cara Tetap Ramah saat Interaksi dengan Orang yang Gak Kamu Sukailustrasi pertemanan (pexels.com/Uriel mont)

Mengawali pertemuan dan interaksi dengan senyuman, maka mengakhirinya pun harus sama. Tunjukkan kamu yang bisa menghargainya. Misalnya dengan tersenyum dan menjabat tangan serta mengucapkan senang telah berbincang dengannya. Hal seperti itu jauh lebih baik. 

Nah, semua caranya sudah kamu ketahui. Sekarang tinggal praktikan bagaimana kamu bertemu dengannya. ingatlah bahwa menjadi orang yang ramah itu gak merugikanmu sama sekali. 

Baca Juga: 5 Sikap yang Membuatmu Disenangi Banyak Orang, Patut Dilakukan

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya