Comscore Tracker

5 Alasan Logis Kenapa Kamu jadi Sering Curiga setelah Diselingkuhi

Ada hal yang melatarbelakangimu

Memaafkan pasangan yang telah melakukan pengkhianatan dalam hubungan bukanlah hal yang mudah. Kamu pasti memiliki hati yang begitu besar sehingga bisa memaafkan pasanganmu itu. 

Namun, ingat meski memaafkannya, selalu ada konsekuensi yang harus kamu tanggung. Kamu mungkin akan merasakan curiga terus menerus pada pasangan bilamana dia gak ada di sampingmu. Hal itu terjadi dikarenakan beberapa alasan di bawah ini yang melatarbelakangimu. 

1. Kepercayaanmu padanya telah terkikis banyak

5 Alasan Logis Kenapa Kamu jadi Sering Curiga setelah Diselingkuhipexels.com/pixabay

Kamu sudah setia dan percaya sepenuhnya pada pasangan selama ini, lalu kemudian diselingkuhi olehnya, maka yang terjadi adalah kamu akan kecewa dan kehilangan rasa percayamu lagi pada pasangan. Kepercayaanmu padanya gak bisa lagi utuh, makanya sekarang ini kamu terus curiga padanya dan ingin dia selalu terbuka serta jujur padamu. 

2. Takut kejadian yang sama akan terulang kembali

5 Alasan Logis Kenapa Kamu jadi Sering Curiga setelah Diselingkuhiunsplash.com/Michael Afonso

Namanya diselingkuhi, pastinya rasa sakit yang dirasakan sangat dalam. Itulah mengapa akhirnya kamu memiliki trauma selingkuh, bahkan mulai gak mempercayai lagi sebuah cinta yang tulus. Setiap hari kamu takut kalau kejadian yang sama akan terulang kembali dan menyaksikan pasanganmu bermesraan dengan orang asing selain dirimu. 

Baca Juga: 5 Risiko yang Akan Kamu Terima saat Selingkuh Dibalas Selingkuh Lagi

3. Bentuk melindungi dirimu sendiri

5 Alasan Logis Kenapa Kamu jadi Sering Curiga setelah Diselingkuhiunsplash.com/Florencia Viadana

Curiga yang kamu alami secara terus menerus ini juga dikarenakan kamu ingin melindungi dirimu sendiri. Jangan sampai karena kamu terlalu percaya pada pasangan, akhirnya pasangan melakukan kesalahan yang sama lagi. Pasalnya, perselingkuhan itu gak ubahnya seperti candu dan akan akan selalu asyik untuk dilakukan olehnya. 

4. Bukti kamu merasa sangat memilikinya

5 Alasan Logis Kenapa Kamu jadi Sering Curiga setelah Diselingkuhipexels.com/Gustavo Fring

Jika kamu gak cinta dan gak merasa memiliki, pasti saja kamu akan memutuskannya dan bersikap acuh. Namun, kamu yang memilih tetap bertahan dan sekarang jadi curiga terus padanya, maka hal itu dikarenakan perasaan memilikimu. Kamu gak ingin dia menjadi milik orang lain lagi dan harus jadi milikmu seutuhnya serta selamanya. 

5. Kamu gak ingin melihat dia baik-baik saja

5 Alasan Logis Kenapa Kamu jadi Sering Curiga setelah Diselingkuhipexels.com/Alex Green

Balas dendam pun bisa jadi alasan mengapa kamu bersikap seperti itu padanya. Pasalnya, kamu gak ingin melihat dia baik-baik saja setelah menyakitimu sedemikian rupa. Kamu ingin membalasnya, meskipun tidak dengan sekian. Caranya adalah dengan membuat dia gak nyaman akan kecurigaan yang kamu lakukan ini dan berakhir dia akan merasa bersama terus. 

Curiga menjadi konsekuensi saat kamu memilih untuk tetap bertahan dengannya setelah alami diselingkuhi. Jika kamu memang memaafkan dan ingin memperbaiki hubungan, maka perlahan berikanlah kepercayaan lagi padanya karena jika terus menerus curiga, maka itu pun jadi gak baik untuk dirimu sendiri. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Curiga yang Berlebihan Terhadap Pasangan

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya