Comscore Tracker

5 Tanda Saat Ini Kamu Sedang Alami Emotional Abuse dalam Hubungan

Segara pergi bila kamu mengalaminya! 

Emotional abuse adalah penyiksaan emosional yang terjadi dalam hubungan yang berdampak pada mental seseorang. Umumnya seseorang yang mengalami kondisi seperti ini sangat sulit lepas dari pasangannya karena banyak alasan yang melatarbelakangi seperti, kesepian, ketakutan setelah pisah darinya dan ketergantungan. 

Tidak semua orang merasa tahu bahwa dirinya sedang ada di posisi seperti itu bersama dengan pasangan yang abusive. Oleh karena itu, ada beberapa yang tunjukkan, apakah kamu sedang ada di hubungan yang memiliki emotional abuse atau tidak? Berikut tandanya yang bisa kamu simak lebih lanjut. 

1. Memantau setiap pergerakanmu dengan sangat ketat

5 Tanda Saat Ini Kamu Sedang Alami Emotional Abuse dalam Hubunganpexels.com/mentatdgt

Jangan senang bila pasangan selalu menelpon dan menanyakan dirimu sedang ada dimana saat kamu tak bersama dia, dengan alasan dia khawatir terhadapmu. Justru, perilaku seperti ini menunjukkan adanya emotional abuse dalam hubungan. Di mana, kamu sulit bergerak bebas dan segalanya harus serba menginformasikan pada dirinya. 

2. Setiap pertengkaran yang terjadi, dia selalu menang

5 Tanda Saat Ini Kamu Sedang Alami Emotional Abuse dalam Hubunganpexels.com/Vera Arsic

Pertengkaran yang sehat adalah pertengkaran yang bisa diselesaikan berdua dengan tidak ada yang menang maupun kalah. Hati-hati bila selama menjalin hubungan dengannya, di setiap pertengkaran dia selalu menang dan merasa bahagia di akhir karena hal itu menunjukkan adanya emotional abuse. 

Pasanganmu akan memanipulasi setiap masalah seolah dari masalah tersebut penyebabnya adalah kamu. Akhirnya, kamu yang selalu merasa bersalah dan meminta maaf terhadapnya. 

Baca Juga: 5 Tanda Hubunganmu Masuk Kategori Harmonis, Tak Cuma Romantis!

3. Dia selalu membuat keputusan sendiri dalam hubungan tanpa minta pendapatmu

5 Tanda Saat Ini Kamu Sedang Alami Emotional Abuse dalam Hubunganpexels.com/Pixabay

Hubungan yang kamu jalani ini berdua, maka setiap hal yang diputuskan demi hubungan haruslah kesepakatan bersama. Bila hanya dirinya saja yang selalu memutuskan setiap hal dalam hubungan tanpa adanya kesepakatan atau meminta pendapat darinya, maka hubunganmu sudah masuk dalam emotional abuse. Hati-hati karena posisimu saat ini bukan sebagai subjek dalam hubungan, melainkan sudah objek. 

4. Melarangmu untuk bergaul dengan siapa pun, selain dia

5 Tanda Saat Ini Kamu Sedang Alami Emotional Abuse dalam Hubunganpexels.com/Ketut Subiyanto

Kamu harus mulai sadar dalam hubungan bilamana pasangan sudah melarangmu bergaul dengan orang lain dan memintamu hanya meluangkan waktu untuknya saja. Selain posesif, perilaku seperti ini tunjukkan adanya emotional abuse.

Di mana, lambat laun kamu akan kehilangan kehidupan sosialmu dan tergantikan hanya dengan dirinya saja. Baginya, kamu sudah menjadi miliki dia dan harus selalu ada untuknya selamanya. 

5. Mengancam saat kamu tak turuti keinginannya

5 Tanda Saat Ini Kamu Sedang Alami Emotional Abuse dalam Hubunganpexels.com/Odonata Wellnesscenter

Pernahkah pasangan mengancammu saat permintaan atau perintahnya tidak kamu turuti? Bila pernah dan sering terjadi, entah dengan ancaman dia akan menyebar rahasiamu, bunuh diri atau berbuat kasar, maka segera pergi dari dirinya.

Jika kamu bersama terus menerus, maka kamu akan tertekan dan terbelenggu dengan perilakunya. Akhirnya, emotional abuse akan terus menerus kamu rasa. 

Itulah sederet tanda yang tunjukkan saat ini kamu sedang alami emotional abuse dalam hubungan. Bila kamu merasakannya, lebih baik segera sadar dan pergi dari hidupnya. Jangan takut tak bahagia tanpa dia karena kamu lebih baik sendiri dan akan bahagia setelah pisah darinya. 

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kamu Gak Boleh Terbiasa dengan Abusive Relationship

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya