Comscore Tracker

Ingin Hubungan Awet? 5 Macam Gengsi Ini Harus Dihilangkan dalam Dirimu

Gengsi hanya akan merugikanmu saja

Gengsi menjadi sifat yang sulit dihilangkan pada diri semua orang. Memiliki sifat gengsi, terutama dalam hubungan hanya akan merugikanmu saja. Akan ada banyak masalah yang disebabkan oleh sifat gengsi ini, bahkan berpotensi berakhirnya hubungan. 

Oleh sebab itu, jika kamu ingin hubungan percintaanmu dengan pasangan bisa awet dan tetap harmonis, maka kamu harus menghilangkan macam-macam sifat gengsi di bawah ini. 

1. Gengsi untuk mengirim pesan dan menelpon lebih dulu

Ingin Hubungan Awet? 5 Macam Gengsi Ini Harus Dihilangkan dalam Dirimupexels.com/Chevanon Photography

Komunikasi dalam hubungan adalah hal yang wajib dilakukan. Hal ini bertujuan agar di antara kamu dan pasanganmu ada kabar dan saling terbuka satu sama lain serta paham karakter masing-masing. 

Gengsi untuk memberi kabar dengan mengirim pesan dan meneleponya terlebih dahulu adalah sebuah kesalahan. Ketika kamu masih merasa gengsi untuk hal seperti ini, artinya kamu belum paham tentang makna hubungan untuk saling berkomunikasi. 

2. Gengsi mengajak ketemu dan kencan saat kamu kangen

Ingin Hubungan Awet? 5 Macam Gengsi Ini Harus Dihilangkan dalam Dirimupexels.com/Jodie DS

Menghabiskan waktu bersama dengan pasangan adalah hal yang menyenangkan. Sehari atau bahkan seminggu tidak bertemu dengannya tentu menimbulkan rasa kangen bukan? 

Ketika rasa kangen sudah kamu rasakan, ungkapkan saja semua dan katakan pada dirinya. Jangan malu dan gengsi dengan alasan kamu seperti agresif, justru pasanganmu akan merasa senang. 

Baca Juga: Jangan Menyerah, Ini 5 Cara untuk Hadapi Pacar yang Gengsian dan Cuek!

3. Gengsi untuk mengakui kesalahan

Ingin Hubungan Awet? 5 Macam Gengsi Ini Harus Dihilangkan dalam Dirimupexels.com/Jopwell

Di dalam hubungan, melakukan kesalahan adalah hal yang wajar. Baik kamu dan pasanganmu pasti pernah melakukannya dengan sengaja atau tidak.

Oleh sebab itu, meminta maaf dengan tulus dan mengakui kesalahan adalah sikap yang pemberani. Gengsi untuk mengakui bahwa kamu salah hanya akan membuatmu dan pasangan bertengkar dengan ego masing-masing yang tinggi. 

4. Gengsi untuk meminta maaf, meski itu bukan kesalahanmu

Ingin Hubungan Awet? 5 Macam Gengsi Ini Harus Dihilangkan dalam Dirimupexels.com/Vera arsic

Meminta maaf dan saling memaafkan adalah modal utama dalam hubungan yang langgeng. Ketika kamu dihadapkan pada masalah yang entah siapa yang salah dan tidak ada yang mengakui kesalahan, kamu bisa menyingkirkan gengsimu untuk meminta maaf terlebih dahulu. 

Minta maaflah pada pasanganmu saat keadaan sudah kacau dan tenangkan pasanganmu dengan permintaan maafmu, meski hal itu bukan atas kesalahanmu. Kemudian, bicarakan baik-baik saat semuanya sudah tenang. 

5. Gengsi minta balikan saat kamu masih sayang

Ingin Hubungan Awet? 5 Macam Gengsi Ini Harus Dihilangkan dalam Dirimupexels.com/Immortal shots

Pertengkaran, kesalah pahaman hingga berakhir putus memang sering terjadi pada setiap hubungan. Ketika kamu masih sayang dan sebenarnya tidak benar-benar menginginkan hubunganmu berakhir, maka singkirkan rasa gengsimu. 

Temui pasanganmu dan mintalah balikan dengamu. Kamu juga harus mengantisipasi agar kesalahan tersebut tidak terulang kembali. Berjanjilah padanya untuk berubah dan yakinkan dirinya agar mau kembali menjalin hubungan. 

Itulah lima macam gengsi yang harus kamu hilangkan, jika ingin hubunganmu awet. Dalam hubungan jangan hanya mementingkan ego dan gengsi masing-masing, semoga hubunganmu awet!

Baca Juga: Gengsinya Tinggi, Ini 6 Zodiak yang Sulit Meminta Maaf Padahal Salah

P U T R I Photo Community Writer P U T R I

Yuk menulis lagi! mari berteman ig:@putrirhy11

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You