Comscore Tracker

5 Masalah yang Sering Dihadapi Pasangan dengan Usia Hubungan 5 Tahun

Bukan hanya tentang bosan

Hubungan asmara yang sudah terjalin lebih dari lima tahun memang bukan hubungan seperti saat masa pendekatan. Tentunya sudah saling mengenal lebih jauh karakter masing-masing. 

Masalah dalam hubungan yang sudah terjalin lama memang bukan lagi tentang rasa bosan, sebab kebosanan sudah biasa dirasakan dan tidak terlalu dianggap pusing. Namun, ada masalah yang jauh lebih berat yang memang dialami oleh mereka yang telah lama menjalin hubungan. 

Apa saja itu? Berikut lima masalah yang sering terjadi dalam pasangan dengan usia hubungan lebih dari lima tahun.

1. Tidak ada menghargai satu sama lain

5 Masalah yang Sering Dihadapi Pasangan dengan Usia Hubungan 5 Tahunimdb.com

Karena sudah saling mengenal satu sama lain lebih dalam, pasangan yang sudah terjalin lama cenderung lebih mementingkan diri sendiri. Mereka akan menganggap semua usaha yang dilakukan oleh pasangannya adalah sesuatu yang wajar terjadi.

Oleh sebab itu, jarang dari mereka yang masih mengapresiasi sekecil apa pun usaha yang dilakukan pasangan. Bahkan untuk saling memberikan hadiah dan surprise satu sama lain pun sudah tidak pernah dilakukan lagi. Makanya, tidak heran jika mereka akan jauh lebih sering bertengkar karena masalah ingin dihargai satu sama lain.

2. Tidak ada kepastian hubungan

5 Masalah yang Sering Dihadapi Pasangan dengan Usia Hubungan 5 Tahunimdb.com

Usia hubungan asmara lima tahun bahkan lebih dari itu tentunya akan membuat salah satu pasangan bertanya-tanya "sampai kapankah hubungan ini terus terjalin dan tidak ada kejelasan?" Tidak adanya batas akhir dari usia hubungan untuk sampai ke tahap selanjutnya, yakni pernikahan akan membuat salah satu pihak merasa hanya dipermainkan. 

Tidak jarang, salah satunya juga akan selalu mengungkit tentang komitmen dan keseriusan dari hubungan tersebut. Jika terus menerus di ambang ketidakjelasan hubungan, maka dapat dikatakan sebuah pertengkaran akan sering terjadi dan akan selalu membahas mengenai keseriusan hubungan. 

Baca Juga: 5 Ciri Nyata Bahwa Selama Ini Dia Gak Pernah Serius Pacaran Denganmu

3. Perselingkuhan

5 Masalah yang Sering Dihadapi Pasangan dengan Usia Hubungan 5 Tahunpexels.com/Pixabay

Tidak semua pasangan yang telah berusia lima tahun dalam hubungan melakukan tindakan perselingkuhan. Namun, selalu saja ada perselingkuhan yang dilakukan. 

Perselingkuhan yang dilakukan oleh salah satunya akan menimbulkan luka dan trauma psikis bagi pasangannya. Timbulkan jika hubungan dilanjutkan, akan selalu pertengkaran dan rasa terpaksa hingga balas dendam. Oleh karena itu, tidak heran mereka yang memilih memaafkan pasangannya yang telah berselingkuh, akan selalu mengungkit masalah selingkuhan itu jika ada pertengkaran. 

4. Ketidaksetujuan dari salah satu keluarga atas hubungan tersebut

5 Masalah yang Sering Dihadapi Pasangan dengan Usia Hubungan 5 Tahunimdb.com

Tujuan dari sebuah hubungan yang sudah terjalin sangat lama adalah sebuah pernikahan. Namun, tidak jarang pula mereka akan menemukan kesulitan pada restu keluarga. 

Akan ada waktunya salah satu pihak keluarga tidak menyetujui hubungan yang sudah terbina, meski hubungan tersebut telah terjalin lama. Masalah seperti ini biasanya masalah yang sangat sulit untuk menemukan solusinya. Timbulnya pertengkaran pun akan jauh lebih sering. 

5. Ingin berpisah, tapi sudah saling ketergantungan

5 Masalah yang Sering Dihadapi Pasangan dengan Usia Hubungan 5 Tahunpexels/Trinity Kubassek

Menjalin hubungan yang sudah lama memang terkadang membosankan. Tidak ada hal baru yang dilakukan pun mampu membuat salah satunya ingin mengakhiri hubungan. 

Namun, mengakhiri hubungan yang telah berusia lebih dari lima tahun akan sulit untuk dilakukan. Akibatnya, salah satu pihak akan merasa dilema. Satu sisi dia ingin mengakhiri semuanya, tapi takut menyesal di kemudian hari. Di sisi lain, dia ingin bertahan, tapi akan timbul keterpaksaan saat menjalaninya. 

Itulah lima masalah yang sering terjadi pada pasangan dengan usia hubungan lima tahun. Menjalin hubungan dengan usia yang begitu lama bukanlah hal yang mudah, jadi akan lebih baik jika saling terbuka satu sama lain agar hubungan yang terjalin bisa langgeng hingga ke pernikahan.

Baca Juga: 7 Cara Membangun dan Mempertahankan Kepercayaan dalam Suatu Hubungan

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi! mari berteman ig:@putrirhy11

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya