Comscore Tracker

Ingin Putus? Ini 5 Cara Mengakhiri Hubungan tanpa Drama di Akhirnya

Lakukan semuanya saat kamu tenang

Tidak ada cara mengakhiri hubungan yang tidak menyakiti hati kedua pihaknya. Sakit hati, kecewa, dan dendam akan pasti ada dan memuncak dalam hati.

Terlebih, jika sebelumnya terjadi masalah besar yang sulit untuk diajak berdamai pasca hubungan berakhir. Meski sulit, kamu dapat mengantisipasi drama-drama pertengkaran yang akan muncul dengan cara di bawah ini. 

1. Pilih waktu yang pas untuk mengakhiri hubungan

Ingin Putus? Ini 5 Cara Mengakhiri Hubungan tanpa Drama di AkhirnyaPexels.com/rawpixel.com

Mengakhiri hubungan biar tidak menimbulkan drama ke depannya harus dilakukan dengan cara baik-baik, yakni menentukan waktu yang tepat. Jangan membicarakanya pada momen yang penting seperti anniversary, ulang tahun, atau saat kencan. 

Alih-alih kamu mengakhirinya dengan baik-baik, malahan kamu akan dibuat drama atas kejadian tersebut. Oleh sebab itu, pilihlah waktu yang tepat untuk mengakhiri hubungan dan ceritakan alasanmu.

2. Hindari mengakhiri hubungan melalui handphone dan medsos

Ingin Putus? Ini 5 Cara Mengakhiri Hubungan tanpa Drama di AkhirnyaUnsplash.com/David Preston

Mengakhiri hubungan melalui telepon atau media sosial menimbulkan kesan yang tidak sopan. Selain itu, kamu pun akan dicap sebagai pribadi yang tidak dewasa.

Ucapkanlah kata perpisahan melalui tatap muka secara langsung agar kamu dan dia sama-sama saling mengerti. Namun, jika kamu sedang berada pada fase long distance relationship, maka usahakanlah mengakhiri dengan melakukan video call.

Baca Juga: Sudah Lama Putus, 5 Tanda Kamu Belum Siap untuk Pacaran Lagi

3. Tegaskan alasanmu dan jangan mudah berubah pikiran

Ingin Putus? Ini 5 Cara Mengakhiri Hubungan tanpa Drama di AkhirnyaUnsplash.com/Yolanda Sun

Saat kamu menginginkan untuk mengakhiri hubungan percintaanmu dengannya, berikanlah alasan yang jelas. Bicarakan semuanya dengan tegas tanpa berbelit-belit agar dia mudah memahami maksud alasanmu.

Selain itu, alasan yang sudah kamu ucapkan sebaiknya benar-benar kamu pegang. Jangan mudah untuk berubah pikiran dan kembali pada mantan pasanganmu lagi.

4. Setelah berakhir, buat batasan antara kamu dan dia

Ingin Putus? Ini 5 Cara Mengakhiri Hubungan tanpa Drama di AkhirnyaPexels.com/pixabay

Berteman dengan mantanmu boleh-boleh saja, asalkan kamu tetap menjaga batasan dalam berteman. Tegaskan sikapmu saat dia kembali mencoba untuk mendekati.

Pertegas sikapmu dalam membatasi dirimu dengannya sehingga dapat membuatnya paham bahwa kamu dan dia sudah benar-benar berpisah. Tentunya perpisahan tersebut bukan hanya di mulut saja.

5. Jangan pernah berpikir untuk balas dendam atas kesalahannya

Ingin Putus? Ini 5 Cara Mengakhiri Hubungan tanpa Drama di AkhirnyaPexels.com/Burst

Jangan pernah menaruh dendam pada kesalahan yang telah diperbuatnya. Menaruh dendam hanya akan membuat hatimu semakin sakit saja ketika mengingatnya. Akan lebih baik jika semuanya diselesaikan secara damai tanpa adanya dendam dari kesalahan masa lalu.

Nah, itulah lima cara mengakhiri hubungan tanpa menimbulkan drama di antara kamu dan pasangan. Perlu diingat, kelima cara di atas harus dilakukan dengan sikap yang tenang dan pikiran yang jernih ya!

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Memaafkan dan Bahagia Kembali Seusai Putus

P U T R I Photo Community Writer P U T R I

Yuk menulis lagi! mari berteman ig:@putrirhy11

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You