Comscore Tracker

5 Hal yang Dibutuhkan Pasangan saat Kamu Lakukan Kesalahan

Jangan diam saja!

Memaafkan bukan hanya diucapkan dari ucapan saja, tapi juga harus dari hari. Ketika kamu melakukan kesalahan, maka pahamilah bahwa memaafkan itu bukanlah perkara yang mudah dilakukan oleh pasanganmu. Terlebih bila kesalahan yang kamu lakukan begitu fatal dan membuatnya sangat kecewa. 

Jangan terus menerus meminta maaf padanya. Kamu harus tahu kalau sebenarnya ada hal yang dia inginkan dari sekadar kamu yang hanya meminta maaf saja. Beberapa hal di bawah ini sangat dia harapkan darimu. Simak ulasannya berikut ini agar dia bisa luluh dan memaafkanmu. 

1. Memulai pembicaraan tanpa harus dia minta

5 Hal yang Dibutuhkan Pasangan saat Kamu Lakukan KesalahanIlustrasi hubungan asmara (pexels.com/Keira Burton)

Dia yang sedang kecewa gak akan banyak bicara padamu, tapi sikapnya ini bukan berarti dia sudah memaafkanmu, melainkan masih marah atas kesalahan yang kamu lakukan. Sikapmu jangan ikut diam karena itu akan membuatnya tambah kesal denganmu. 

Yang harus kamu lakukan adalah memulai percakapan dengannya. Ubah situasi hening di antara kalian dengan adanya perbincangan. Kamu bisa memulainya dari menjelaskan semua yang terjadi. 

2. Menjelaskan kondisi yang sebenarnya saat kamu melakukan kesalahan

5 Hal yang Dibutuhkan Pasangan saat Kamu Lakukan KesalahanIlustrasi hubungan asmara (pexels.com/Alex Green)

Jangan ada yang ditutupi dari ceritamu jika kamu ingin mendapatkan maaf darinya. Jelaskan kondisi yang sebenarnya secara jujur saat kamu melakukan kesalahan tersebut. 

Dengan kamu bisa jujur cerita padanya dengan apa adanya, maka dia akan mengerti dan menempatkan posisinya pada posisimu saat itu. Jadi, jujur dan terbukalah untuk keberlangsungan hubungan kalian berdua. 

Baca Juga: 5 Cara Bijak Menyadarkan Kesalahan Seseorang, Jangan Debat!

3. Berjanji untuk gak mengulanginya lagi

5 Hal yang Dibutuhkan Pasangan saat Kamu Lakukan Kesalahanilustrasi komunikasi terbuka (pexels.com/Marco Irodistan)

Jangan hanya minta maaf saja. Pasanganmu gak butuh kata maafmu. Yang paling dia butuhkan adalah janjimu untuk tidak melakukannya lagi.

Berjanjilah padamu dan pada dirimu sendiri agar ke depannya kamu gak lagi melakukan hal yang sama. Ingat, kamu harus memegang jani ini karena jika tidak, maka kamu akan kehilangan dia yang tulus mencintaimu. 

4. Mengerti kondisinya yang sedang marah

5 Hal yang Dibutuhkan Pasangan saat Kamu Lakukan KesalahanIlustrasi hubungan bahagia (pexels.com/Laura Garcia)

Kamu harus mengerti dia yang kecewa dan marah padamu. Dengarkan setiap luapan emosinya. Jangan membenarkan diri atas apa yang telah kamu lakukan. 

Ingatlah saat seseorang sedang marah, dia hanya butuh untuk didengarkan saja. Kamu harus mengakuinya agar bisa membuat pasanganmu menjadi lebih lega. 

5. Menghiburnya

5 Hal yang Dibutuhkan Pasangan saat Kamu Lakukan KesalahanIlustrasi hubungan asmara (pexels.com/cottonbro)

Setelah dia bisa memaafkanmu, sikapmu jangan diam saja. Kamu harus bisa menghiburnya agar mood baiknya bisa kembali lagi. Ajak dia makan, atau jalan-jalan menuruti apa yang dia mau. 

Namun, jika dia gak ingin dihibur olehmu, maka berikanlah dia waktu untuk sendiri dulu. Dia butuh berpikir dan menenangkan dirinya sendiri atas apa yang telah terjadi. 

Daripada kamu hanya meminta maaf saja, lebih baik kamu melakukan lima hal di atas padanya. Semua itu bisa membuatnya jadi mengerti tentang kondisimu. Bukan hal mustahil bila nanti dia akan memaafkanmu juga. 

Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan Memilih Pasangan Hidup agar Masa Depanmu Bahagia

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya