Comscore Tracker

5 Kenyataan yang Harus Kamu Terima saat Pacaran Bertahun-tahun Kandas

Terimalah biar kamu bisa ikhlas

Setelah menjalin hubungan bertahun-tahun, tentunya kamu pasti berharap banyak pada hubungan dan tidak lain adalah menikah dengannya. Namun, prihal jodoh kamu dan pasangan hanya bisa merencanakan tanpa bisa mengubah takdir. 

Ketika kalian tidak jodoh, pastinya kekecewaan akan hadir begitu dalam dan itulah kenyataan yang harus kamu terima. Setelah putus cinta, nyatanya ada banyak kenyataan hidup yang harus kamu terima, seperti beberapa kenyataan di bawah ini. 

1. Dia sudah bukan lagi sosok yang akan jadi jodohmu

5 Kenyataan yang Harus Kamu Terima saat Pacaran Bertahun-tahun Kandasunsplash.com/Yehor Milohrodskyi

Putusnya hubungan pacaranmu yang telah bertahun-tahun, berarti menunjukkan bahwa dia bukanlah jodohmu. Kamu harus bisa menerima itu semua karena jika dipaksakan pun tidak akan baik untuk kamu dan dirinya. 

Ingat, Tuhan telah menciptakan pasangan yang jauh lebih baiklah. Gak apa-apa kecewa di awal karena beberapa waktu ke dapan, kamu pun akan bahagia lagi. 

2. Sekarang kisahmu dengannya hanya tinggal kenangan

5 Kenyataan yang Harus Kamu Terima saat Pacaran Bertahun-tahun Kandasunsplash.com/KAL VISUALS

Menjalin hubungan pacaran bertahun-tahun bukanlah waktu yang sebentar, tapi sangat lama. Jadi, pantas saja kamu mengharapkan banyak hal pada hubunganmu ini. 

Namun, selepas berakhirnya hubunganmu, terimalah bahwa kisahmu sudah selesai. Kebahagiaan, kekecewaan dan sakit hati kini telah menjadi kenanganmu. 

3. Pahami bahwa kekecewaan akan selalu ada dalam hubungan asmara

5 Kenyataan yang Harus Kamu Terima saat Pacaran Bertahun-tahun Kandasunsplash.com/shade jay

Jangan mengurung diri dan berlarut-larut dalam kekecewaan yang kamu rasakan ini karena kamu akan tahu bahwa kekecewaan akan selalu ada dalam hidup, terutama dalam hubungan asmara. Cepat atau lambat jika memang dia bukan jodohmu, kekecewaan pastilah kamu lalui. Dengan kekecewaan yang kamu rasakan, percayalah kamu akan tumbuh jadi sosok yang lebih baik lagi. 

Baca Juga: 12 Urutan Zodiak yang Gak Bisa Lama-lama Tahan Perasaan

4. Jangan menyesali, tapi jadikan waktu yang dilalui sebagai pelajaran berharga

5 Kenyataan yang Harus Kamu Terima saat Pacaran Bertahun-tahun Kandaspexels.com/Edu Carvalho

Jangan menyesali waktu bertahun-tahun lamanya yang telah kamu habiskan bersama dengan dia, tapi jadikanlah waktu tersebut sebagai pembelajaran. Koreksi setiap hal yang salah dan mengapa hubunganmu bisa berakhir. Ketika kamu bisa belajar dari kesalahan ini, maka saat kamu menjalin hubungan lagi, kamu gak akan kecewa untuk kesekian kalinya. 

5. Kamu harus bisa move on dan membuka diri

5 Kenyataan yang Harus Kamu Terima saat Pacaran Bertahun-tahun Kandasunsplash.com/Brooke Cagle

Berhenti menangisi hubunganmu yang telah berakhir karena itu tidak akan mengubah semuanya. Lebih baik, kamu bangkit lagi dan mulai membuka lembaran baru untuk hidupmu kini. Kamu juga harus bisa membuka diri untuk hubungan yang baru agar proses menuju move on bisa lebih cepat. 
 
Jodoh dan menikah adalah takdir yang Tuhan atur dalam hidup. Kekecewaan yang kamu rasakan adalah proses dalam mendapatkan jodoh yang sesungguhnya. Oleh karena itu, kamu harus bisa menerima kelima kenyataan hidup di atas.  

Baca Juga: 5 Pertanda Kalian Tidak Mungkin Menikah Meski Sudah Lama Pacaran

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya