Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memaafkan Kesalahan Pasangan

Jangan diulangi lagi! 

Setiap orang pasti melakukan kesalahan dalam hubungan, baik yang sepele maupun yang benar-benar parah. Memaafkan kesalahan pasangan harus dilakukan agar hubungan yang dijalani bisa bertahan dengan saling introspeksi untuk menjadi pribadi lebih baik lagi. 

Namun, dalam memaafkan pasangan juga perlu adanya aturan, sebab saat ini banyak dari individu yang melakukan kesalahan dalam memaafkan pasangan. Berikut kesalahan yang sering dilakukan saat memaafkan pasangan yang harus kamu lakukan.

1. Memaafkan segala kesalahan yang dibuat pasangan

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memaafkan Kesalahan Pasanganpexels.com/Lucas Frizzi

Kesalahan yang dilakukan oleh pasanganmu tentunya tidak selalu sepele, ada juga yang parah. Meski memaafkan, nyatanya kamu juga harus memperhatikan kesalahan yang dilakukan oleh pasanganmu.

Jangan pernah memaafkan segala kesalahannya, karena hal itu sama saja akan menjadi boomerang bagi dirimu sendiri. Di mana, dia akan terus menerus melakukan kesalahan dan pada akhirnya kamu pun memaafkan segala kesalahannya. 

2. Memaafkan pasangan tanpa adanya jaminan khusus

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memaafkan Kesalahan Pasanganpexels.com/visionpic.net

Memaafkan pasangan begitu saja tanpa adanya jaminan yang diberikan olehnya hanya percuma kamu lakukan. Kesalahan yang sama akan diulanginya lagi.

Kamu bisa meminta jaminan padanya, misalnya jika kesalahan yang sama dilakukan lagi, maka tidak ada lagi kesempatan kedua. Jika kamu hanya bersikap menerima dan ikhlas, kemungkinan kamu akan perlakukan semena-mena olehnya. 

Baca Juga: 5 Kesalahan Berkomunikasi sama Pasangan, Malah Bikin Salah Paham!

3. Hanya memaafkan tanpa mau menjelaskan dan berdiskusi dulu

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memaafkan Kesalahan Pasanganpexels.com/Gustavo Fing

Memaafkan pasangan boleh saja, tapi kamu harus mendengarkan terlebih dahulu penjelasan darinya tentang alasan dia melakukan kesalahan tersebut. Jika dirasa kesalahannya adalah hal yang sepele dan wajar, maka kamu bisa memaafkannya.

Namun, jika malah sebaliknya, kesalahan yang diperbuat sangatlah fatal, maka kamu berhak untuk tak memaafkan dirinya. 

4. Menyalahkan diri sendiri atas kesalahan yang dilakukan pasangan

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memaafkan Kesalahan Pasanganpexels.com/Austin Guevara

Jangan pernah menyalahkan diri sendiri hanya karena kesalahan yang dilakukan oleh pasanganmu, sebab kamu tak punya sangkut paut dengan kesalahannya. Yang punya kesalahan adalah dia, jadi yang sepenuhnya salah adalah dia. Jangan memaafkan pasangan, hanya karena kamu menyalahkan dirimu sendiri atas kesalahan yang dia lakukan. 

5. Setelah memaafkan, kamu mengurangi kebaikan pasangan

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memaafkan Kesalahan Pasanganpexels.com/Vera Arsic

Meski kesalahan pasangan akan membuatmu kecewa, tapi kamu tak berhak untuk mengurangi kebaikan yang pernah pasangan lakukan untukmu. Apa lagi jika kamu terus menerus mengungkit kesalahan pasangan saat terjadi masalah di kemudian hari.

Hal tersebut sangatlah tidak pantas kamu lakukan. Jika memaafkan, maka maafkanlah, jangan mengungkitnya lagi. 

Itulah lima kesalahan yang sering tak disadari saat memaafkan kesalahan pasangan. Setelah kamu mengetahuinya, maka jangan pernah dilakukan lagi, ya! 

Baca Juga: 5 Cara Melihat Pasangan Bisa Jadi Sukses atau Tidak, Simple Kok!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya