Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Tak Termaafkan di Hubungan, Mending Langsung Putus!

Kamu jauh lebih penting dari kenanganmu

Menjalin hubungan dengan sosok yang kamu cintai, tentu saja punya harapan untuk bisa langgeng bersama dengannya. Sebisa mungkin kamu juga akan mempertahankan hubungan dengan banyaknya masalah yang hadir. 

Namun, jangan sampai rasa cintaimu membutakan segalanya, apa lagi memaafkan segala kesalahan pasangan. Ada beberapa kesalahan yang tak ada toleransi bila kamu mengalaminya dan solusinya adalah putus dari dia. Berikut lima kesalahan yang tak harus kamu maafkan dalam hubungan. 

1. Menyelingkuhimu saat hubungan sedang baik-baik saja

5 Kesalahan yang Tak Termaafkan di Hubungan, Mending Langsung Putus!pexels.com/Helena Lopes

Perselingkuhan adalah suatu hal yang tak termaafkan. Bukan saja menyakiti dan mengkhianatimu, tapi juga memberikan trauma mendalam saat kamu akan menjalin hubungan asmara lagi. Apa lagi jika saat dia menyelingkuhimu tak ada masalah apa pun di hubungan. 

Kesetiaan yang kamu berikan sama sekali tak dianggap dan disambut baik olehnya. Solusi satu-satunya bila kamu mengalami hal seperti ini adalah meninggalkannya. 

2. Hanya kamu saja yang berjuang dalam hubungan

5 Kesalahan yang Tak Termaafkan di Hubungan, Mending Langsung Putus!pexels.com/Son Bom

Namanya juga hubungan asmara, pastilah kamu menjalaninya berdua dengan pasangan. Bila selama menjalin hubungan dengannya, kamu tak pernah merasakan kasih sayang dan bukti cinta darinya, maka dia tak benar-benar mencintaimu. 

Apa lagi bila hanya kamu saja yang berjuang. Memberikan perhatian, mengajak kencan, mengenalkan dia sebagai pasangan pada keluarga dan teman-teman dan sebagainya. Mulai sekarang berhentilah bila dia tak membalas sikapmu. Sekuat apa pun kamu mencoba mengubah sikapnya itu tak akan bisa. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sepele yang Dikira Bijak, Namun Mematikan Hubungan Asmara

3. Sering mengomentari segala hal tentang hidupmu di hadapan publik

5 Kesalahan yang Tak Termaafkan di Hubungan, Mending Langsung Putus!unsplash.com/HIVAN ARVIZU @soyhivan

Memberikan saran dan kritik akan hidupmu memang bisa menunjukkan bahwa dia peduli padamu. Namun, beda konteksnya bila dia mengomentari segala hal tentang hidupmu di hadapan publik. Apa lagi jika dilakukan terlalu sering. 

Selain mempermalukanmu, sikapnya ini sangat mencerminkan tindakan yang tidak dewasa. Kamu boleh memaklumi bila dia melakukan hanya sekali dua kali saja. Namun, jangan memaklumi bila dilakukan berkali-kali. 

4. Lebih memprioritaskan teman daripada kepentinganmu, terutama teman lawan jenis

5 Kesalahan yang Tak Termaafkan di Hubungan, Mending Langsung Putus!pexels.com/Helena Lopez

Kehidupan pasanganmu memang bukan hanya kamu saja, apa lagi jika kamu dan dia masih dalam hubungan pacaran saja. Dia masih bebas melakukan apa pun untuk dirinya sendiri. 

Namun, ketika dia sama sekali tak memprioritaskanmu dan lebih memilih teman, apa lagi teman tersebut adalah lawan jenis, maka itu bukanlah hal yang baik. Justru menunjukkan dia tak menghargai posisimu dan tak menganggapmu penting di hidupnya. 

5. Kasar secara ucapan dan tindakan setiap kali ada masalah

5 Kesalahan yang Tak Termaafkan di Hubungan, Mending Langsung Putus!Pexels.com/Polina Zimmerman

Jangan pernah memaklumi pasangan yang punya sikap kasar terhadapmu, baik secara lisan maupun perilaku. Sikap dia yang seperti ini sangat sulit sekali diubah.

Jika kamu masih tetap bersamanya, maka hubunganmu akan jadi lebih toxic dan kamu akan tertekan lahir dan batin bersamanya. Oleh karena itu, lebih baik akhiri sekarang daripada nanti lebih rumit.

Itu tadi lima kesalahan tak termaafkan pasangan dalam hubungan. Tak perlu takut tak bahagia, karena kamu jauh lebih penting daripada kenanganmu bersamanya. 

Baca Juga: 5 Pemikiran Ini Menegaskan Jika Kamu Pasrah Jadi Korban Hubungan Toxic

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya