Comscore Tracker

5 Keuntungan Punya Circle Pertemanan yang Kecil, Gak Perlu Iri!

Dalam hubungan, kualitas lebih utama daripada kuantitas

Punya teman yang itu-itu saja kadang kala membuatmu bosan dan gak bisa eksplor dengan banyak orang. Perasaan iri pun sering kali hadir saat melihat orang yang punya banyak teman. Bahkan, kamu merasa kalau dirimu gak bisa bergaul sehingga hanya punya circle pertemanan yang sedikit. 

Namun, sebelum berpikir macam-macam, nyatanya punya teman sedikit pun ada keuntungannya. Kamu bisa menyimak keuntungan tersebut di bawah ini. 

1. Pertemanan yang minim drama

5 Keuntungan Punya Circle Pertemanan yang Kecil, Gak Perlu Iri!ilustrasi pertemanan (pexels.com/Keira Burton)

Circle pertemanan yang kecil dapat menjadi sebuah keuntungan tersendiri untukmu. Kamu dan teman-teman yang lain tidak akan menemukan masalah yang begitu rumit hingga saling mempengaruhi satu sama lain. 

Setiap ada masalah, atau ketidaksukaan akan diucapkan secara langsung. Gak ada yang dipendam, apa lagi sampai dendam. Meski sakit dengan kejujuran ini, nyatanya hal ini pun akan membuat komunikasi jadi lebih baik. 

2. Punya ikatan yang solid satu sama lain

5 Keuntungan Punya Circle Pertemanan yang Kecil, Gak Perlu Iri!ilustrasi perbincangan (pexels.com/SHVETS Production)

Sedikit teman akan membuatmu hanya berinteraksi dengan mereka yang sama setiap hari dan kesempatan. Akhirnya dari kebersamaan yang telah terjalin ini membuat ikatan pertemanan yang lebih solid. 

Jika salah satu ada yang memiliki masalah, maka yang lainnya akan siap membantu. Semuanya akan menunjukkan kepedulian satu sama lain dan gak ingin satu orang bersedih. 

Baca Juga: 5 Momen yang Bikin Pertemanan Jadi Lebih Spesial di Hidupmu

3. Pertemanan bisa terjalin untuk selamanya

5 Keuntungan Punya Circle Pertemanan yang Kecil, Gak Perlu Iri!ilustrasi pertemanan (pexels.com/Designecologist)

Punya circle pertemanan yang luas gak menjamin akan bertahan lama. Beberapa hanya lewat saja. Seiring bertambahnya waktu, satu per satu akan hilang dengan kesibukannya masing-masing. 

Namun, berbeda dengan pertemanan yang kamu miliki. Meski sedikit, nyatanya pertemanan seperti ini akan selalu terjalin sampai kapan pun. Ketika ada kesibukan yang berubah, maka tempat untuk kumpul dan komunikasi adalah teman-teman yang sama lagi. 

4. Komunikasi lebih terbuka

5 Keuntungan Punya Circle Pertemanan yang Kecil, Gak Perlu Iri!ilustrasi perbincangan (pexels.com/William Fortunato)

Teman yang sedikit cenderung lebih terbuka. Gak ada gosip yang dibicarakan di belakang satu sama lain. Semuanya bisa diceritakan dengan leluasa, dan tentu saja kerahasiaan sangat dijaga. 

Jadi, gak heran bila pertemananmu lebih komunikatif. Semua hal bisa diceritakan dengan bebas, termasuk masa lalu, kebiasaan, dan masalah kehidupan saat ini. 

5. Pertemanan jauh lebih asyik

5 Keuntungan Punya Circle Pertemanan yang Kecil, Gak Perlu Iri!ilustrasi pertemanan (pexels.com/Afta Putta Gunawan)

Karena personilnya hanya sedikit, segala yang dilakukan jauh lebih intim. Kalian bisa bebas menjadi diri sendiri tanpa takut di-judge buruk. Gak heran bila banyak hal gila yang dilakukan bersama. Pertemanan yang terjalin pun jauh lebih asyik. Semua bisa diekspresikan dengan baik di dalamnya. 

Sekarang ini, iri bukanlah hal yang harus dirasakan lagi. Pertemanan yang luas dan pertemanan yang sedikit sama-sama memiliki keuntungan tersendiri. Jika kamu bahagia menjalani pertemanan ini, gak perlu memikirkan hal lain. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Pertemanan Itu Penting, Jangan Terus Menyendiri!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya