Comscore Tracker

5 Kunci Penting Menjalin Hubungan saat Kamu Punya Ketakutan Menikah

Pahami dan jangan paksa dirimu ya!

Meski banyak orang yang menginginkan menikah dalam waktu cepat dengan pasangannya, nyatanya masih ada juga sosok yang punya ketakutan untuk menikah. Biasanya ketakutan yang menjelma menjadi trauma ini dipicu oleh berbagai macam sebab, seperti lingkungan keluarga, masa lalu hubungan sampai curhatan teman yang telah menikah. 

Jika kamu sedang mengalami takutnya pernikahan saat ini, maka penting untukmu mengetahui kunci penting saat menjalin hubungan dengan seseorang. Hal ini dilakukan agar ketakutan yang kamu rasakan perlahan bisa kamu hadapi karena berlama-lama ada di posisi seperti itu pun akan membuatmu menjadi sosok yang apatis pada pernikahan. 

Nah, berikut ini bisa kamu simak kunci penting dalam menjalin hubungan saat kamu punya ketakutan untuk menikah. 

1. Tinjau lagi hubungan masa lalumu dan ambil pelajaran berharga tak terulang lagi

5 Kunci Penting Menjalin Hubungan saat Kamu Punya Ketakutan Menikahpexels.com/@thiszun

Ketakutan menikah yang kamu alami selama ini biasanya sebagian besar diakibatkan oleh hubungan  masa lalu. Entah hubungan itu toxic, pasangan yang pernah membuat kamu kecewa begitu dalam dan terkhianati atau hubungan yang tak punya arah. 

Oleh karena itu, penting untukmu meninjau kembali hubunganmu dulu. Kesalahan yang pernah terjadi di masa lalu dapat kamu ambil pelajaran berharga di dalamnya. Evaluasi setiap hal yang terjadi dan perbaiki diri mulai saat ini. Jangan sampai di hubungan yang kamu jalani saat ini atau suatu saat nanti terulang kembali dengan kesalahan yang sama. 

2. Ubah mindset bahwa tak ada hubungan pernikahan yang sempurna sesuai yang diharapkan

5 Kunci Penting Menjalin Hubungan saat Kamu Punya Ketakutan Menikahpexels.com/Wesner Rodrigues

Punya impian menjalin hubungan pernikahan yang bahagia, tentu saja menjadi keinginanmu selama ini. Namun, kamu juga harus paham bahwa menikah itu tidak hanya bersenang-senang saja di dalamnya. 

Ada banyak kekurangan, juga kelebihan yang akan kamu rasakan karena pernikahan itu dijalani oleh dua orang dan semuanya tidak bisa kamu setting sesuai dengan keinginanmu selama ini. Jadi, mulailah mengubah mindset-mu bahwa semua pernikahan itu selalu ada masalah di dalamnya dan kamu harus bisa menyelesaikan dengan baik semua itu. 

Baca Juga: Sedang Rencanakan Pernikahan? Ini Hukum dan Aturan Mahar dalam Islam

3. Perhatikan, apakah pacarmu saat ini sudah cocok untuk dijadikan pasangan hidup?

5 Kunci Penting Menjalin Hubungan saat Kamu Punya Ketakutan Menikahunsplash.com/Roman Purtov

Hal yang paling penting dalam hubungan dan berniat untuk hubungan jangka panjang adalah mengetahui lebih dalam, apakah pacarmu saat ini sudah cocok untuk dijadikan pasangan hidupmu nanti? Teliti lebih dalam mulai dari cara dia bersikap, merespon setiap hal yang kamu lakukan dan ucapkan serta cara dia menanggapi masalah. 

Itu semua sangat penting, apa lagi untuk kamu yang punya rasa takut untuk menikah. Jadi, perhatikan terlebih dahulu dan jangan sampai terburu-buru.

4. Bangun kepercayaan dan komunikasi dua arah yang baik

5 Kunci Penting Menjalin Hubungan saat Kamu Punya Ketakutan Menikahpexels.com/Helena Lopes

Setelah kamu yakin dengan pacarmu saat ini dan ingin menjalin hubungan yang lebih serius dengannya, maka bangunlah kepercayaan dalam hubungan. Percayalah padanya dengan segala hal yang dia lakukan dan hargai privasi yang dia miliki.

Selain itu, bangunlah komunikasi dua arah agar hubunganmu bisa lebih terbuka. Kamu juga dapat memberitahu dia tentang ketakutanmu akan pernikahan secara perlahan. Buat dia paham dan mintalah pengertian serta memberimu kekuatan agar kamu bisa lebih yakin dengannya. 

5. Sebelum memutuskan untuk menikah, baiknya kamu lakukan konseling

5 Kunci Penting Menjalin Hubungan saat Kamu Punya Ketakutan Menikahpexels.com/mentatdgt

Percaya saja pada pasangan kadangkala tidak cukup untuk menyingkirkan rasa ketakutanmu soal pernikahan. Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan menikah, ada baiknya untuk berkonsultasi dulu dengan orang-orang yang kamu percayai, seperti keluarga, sahabat dan teman-teman. Setelah cukup yakin, kamu juga bisa lakukan konseling pra nikah pada psikolog bersama dengan calon pasanganmu.

Segala ketakutan akan pernikahan itu sebenarnya bisa diselesaikan dengan baik asalkan tahu caranya. Lakukanlah beberapa poin penting di atas agar kamu bisa jauh lebih yakin menghadapi pernikahan. Selamat mencoba bila saat ini kamu sedang ada di posisi seperti itu.

Baca Juga: 5 Bahasa Kasih dalam Pernikahan, Sudah Tahu Tipemu?

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya