Comscore Tracker

Meminimalisir Curiga, Ini 5 Tips Menumbuhkan Rasa Percaya di Hubungan

Biar kamu gak overthinking terus!

Secinta-cintanya kamu pada pasangan, tetap saja rasa curiga itu pasti ada karena kamu gak ingin dia melirik orang lain dan akhirnya meninggalkanmu. Namun, jika curiga terus pun itu akan membuat pasangan jadi gak nyaman dalam hubungan ini. Oleh karena itu, kamu perlu membangun rasa percaya dalam hubungan agar hubungan ini tetap harmonis dan langgeng terus. 

Nah, untuk memupuk dan membangun rasa percaya itu, maka kamu perlu berusaha semaksimal mungkin. Caranya dengan coba lakukan beberapa tips berikut ini mulai dari sekarang. 

1. Yakinlah kalau dia setia dan komitmen dalam hubungan ini

Meminimalisir Curiga, Ini 5 Tips Menumbuhkan Rasa Percaya di Hubunganpexels.com/Tran Long

Untuk menumbuhkan rasa percaya pada pasangan saat menjalin hubungan dengannya, maka kamu harus yakin terlebih dahulu padanya kalau dia setia padamu. Ketika kamu sudah yakin kalau dia itu setia, maka kamu akan selalu percaya pada apa yang dia lakukan, terutama saat dia sedang jauh darimu.

Gak ada pikiran curiga dalam dirimu karena dia telah berjanji untuk setia dan komitmen dalam hubungan ini. Maka, sudah dipastikan kalau dia nantinya akan menikah denganmu. 

2. Terbuka tentang keinginan masing-masing dalam hubungan

Meminimalisir Curiga, Ini 5 Tips Menumbuhkan Rasa Percaya di Hubunganpexels.com/Trung Nguyen

Ketika keyakinan sudah kamu pegang kalau dia itu setia, maka selanjutnya kamu dan pasangan harus sama-sama terbuka tentang segala hal. Terlebih tentang keinginan masing-masing dalam hubungan ini agar ke depannya hubungan mudah untuk dijalani tanpa ada banyak masalah dan pertengkaran yang akan kamu alami. Hal ini pun berguna agar pasangan gak mencari sosok yang lain karena gak dapat apa yang dia inginkan dalam hubungan. 

3. Jangan gengsi untuk mengungkapkan rasa cinta pada pasangan

Meminimalisir Curiga, Ini 5 Tips Menumbuhkan Rasa Percaya di Hubungan.pexels.com/Ketut Subiyanto

Kamu dan dia sudah menjalin hubungan, maka selanjutnya adalah membuat hubungan ini terasa bahagia tanpa ada masalah apa pun. Kepercayaan dalam hubungan harus dijaga dan jangan sampai malah rusak hanya karena rasa curiga.

Oleh karena itu, guna memupuk kepercayaan dalam hubungan, maka mulailah untuk menunjukkan rasa sayang dan cintamu pada pasangan agar dia merasa diistimewakan olehmu, begitu pun sebaliknya. Jika hubungan sudah memiliki rasa cinta dan sayang, maka kepercayaan pun dalam hubungan itu sudah pasti tumbuh dengan baik tanpa ada curiga dan ketakutan kalau pasanganmu melirik orang lain. 

Baca Juga: 5 Cara Elegan Menguji Kesetiaan Pasangan, Gak Perlu Curiga Lagi, deh!

4. Lakukanlah secara rutin quality time bersamanya

Meminimalisir Curiga, Ini 5 Tips Menumbuhkan Rasa Percaya di Hubunganpexels.com/cottonbro

Jika kamu ingin selalu percaya pada pasangan, maka jangan terlalu cuek dan menjalani hubungan semengalirnya saja karena hubungan yang saling percaya itu perlu perjuangan. Salah satunya adalah dengan rutin melakukan quality time bersama dengan pasanganmu. 

Pasalnya, quality time bersama pasangan mempunyai membuatmu yakin kalau dia itu setia padamu dan selalu bersikap baik selama ini. Percayalah, rasa percaya pada pasangan akan semakin kuat jika kamu rutin melakukan quality time bersamanya, minimal seminggu sekali di hari libur. 

5. Berlakukan sistem feed and back dalam hubungan

Meminimalisir Curiga, Ini 5 Tips Menumbuhkan Rasa Percaya di Hubunganpexels.com/Katerina Holmes

Ketika mencintai seseorang, kamu memang harus dituntut untuk memberi dan memberi sebagai tanda dari cintamu ini padanya. Namun, kamu perlu tahu bahwa gak semua hubungan cocok hanya dengan memberi saja. Tetap harus ada timbal baliknya. Terapkan feed and back dalam hubunganmu agar kalian bisa saling percaya dan menghargai satu sama kin di hubungan ini. 

Percayai dia selayaknya kamu mempercayai dirimu sendiri agar hubungan yang kalian bangun ini gak sia-sia dan hancur hanya karena kecurigaan saja. Ingatlah kalau kamu ingin hubungan ini harmonis dan langgeng terus, maka kamu harus berusaha untuk percaya pada pasangan, apa pun yang dia lakukan.  

Baca Juga: Posesif dan Penuh Curiga, 10 Chat dengan Pacar Ini Ngeselin

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya