Comscore Tracker

5 Sikap Elegan saat Mengkritik Pasangan Biar Ia Gak Tersinggung Padamu

Cari aman dengan sikap elegenmu ini

Dalam hubungan, terutama hubungan asmara dengan usia yang cukup lama, pastilah gak semua sikap pasangan kamu terima dengan baik. Karena nyatanya, ada juga beberapa sikap yang sama sekali gak kamu sukai. 

Ingin mengkritiknya agar dia berubah, tentu saja menjadi hal yang sulit karena kamu pasti gak ingin dia tersinggung. Namun, membiarkannya begitu saja malah membuatmu kesal. 

Oleh karena itu, ketika kamu mengkritik pasangan ada beberapa hal yang harus diperhatikan lebih jauh. Lakukan kritik dengan cara yang elegan, seperti beberapa cara di bawah ini. 

1. Carilah waktu yang pas untuk mengkritik dirinya

5 Sikap Elegan saat Mengkritik Pasangan Biar Ia Gak Tersinggung Padamupixabay.com/Candid_shots

Meski kamu gak menyukai sikapnya ini, tapi bukan berarti kamu bisa mengkritik dia kapan dan di mana pun kalian berada. Kamu tetap harus mencari waktu yang pas untuk mengobrol secara terbuka dengannya agar dia pun bisa memahami keinginanmu dan meminimalisir terjadinya pertengkaran.

2. Bicarakan secara baik-baik dan terbuka dengannya

5 Sikap Elegan saat Mengkritik Pasangan Biar Ia Gak Tersinggung Padamupixabay.com/Sasint

Jika sudah menemukan kapan waktu terbaik untuk mengungkapkan ketidaksukaanmu pada sikapnya ini, maka kini mulailah bicarakan secara baik-baik dan terbuka dengannya. Namun, jangan langsung bicara ke intinya dulu. Kamu bisa melakukannya setelah kalian basa basi agar perbincangan kamu dan dia bisa lebih enak dan mengalir. 

Baca Juga: 5 Hal Penting Saat Mengkritik Pasangan, Jangan Sembarangan

3. Hindari kata-kata yang menyudutkan dirinya

5 Sikap Elegan saat Mengkritik Pasangan Biar Ia Gak Tersinggung Padamupexels.com/cottonbro

Ketika mengkritik dirinya dengan segala sikap yang gak kamu sukai, maka hindarilah perkataan yang menyusukan dirinya. Karena, ketika kamu memilih kata-kata untuk menyudutkannya, malahan hal itu akan menyinggung perasaannya. Alih-alih dia akan mengerti maksud dan tujuanmu, malahan dia akan menolak segala hal yang kamu bicarakan dan dia enggan untuk berubah. 

4. Ajak dia untuk berubah bersama-sama denganmu

5 Sikap Elegan saat Mengkritik Pasangan Biar Ia Gak Tersinggung Padamupexels.com/Orione Conceição

Jangan hanya dia saja yang kamu tuntut untuk berubah setelah mengkritiknya, tapi ajaklah dia untuk berubah bersamamu menjadi sosok yang lebih baik dan berkualitas lagi. Dengan begitu, dia akan semangat untuk berubah karena ada yang menemani dirinya, yakni kamu. 

5. Ingatkan dirinya lagi jika dia mengulangi

5 Sikap Elegan saat Mengkritik Pasangan Biar Ia Gak Tersinggung Padamupixabay.com/Icsilviu

Jika di kemudian hari dia mengulangi lagi sikapnya dan kamu gak menyukai hal itu, maka ingatkan kembali padang bahwa jangan melakukan lagi. Namun ingat, ingatkan dirinya saat kalian sedang mengobrol berdua. Jika tidak, maka akan terjadi pertengkaran nantinya. 

Mengkritik pasangan itu perlu sikap yang elegan agar dirinya pun bisa menerima kritikanmu dan berubah menjadi lebih baik lagi. Jika tidak, maka dia akan tersinggung dan gak akan mau berubah, meski dia mencintaimu. 

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Pasangan yang Selalu Mengkritik Penampilanmu

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya