Comscore Tracker

Menyesal Telah Mutusin Doi? Lakukan 5 Hal Ini Agar Hatimu Mantap

Bertanggungjawablah pada keputusan yang kamu pilih!

Cinta kadang kala bercampur dengan rasa bahagia dan juga rasa kecewa. Memutuskan hubungan jika kamu sudah merasa gak nyaman adalah hal yang wajar dan kamu harus menemukan kebahagiaanmu sendiri jika sudah seperti itu. 

Namun, bagaimana jadinya jika kamu setelah memutuskan hubungan jadi menyesal? Pastinya setelah itu ada rasa ingin balikan. Kamu harus bisa menahannya dan memantapkan hati atas pilihan yang kamu ambil ini, caranya dengan melakukan lima hal di bawah ini. 

1. Ketahui dari dirimu sendiri, mengapa kamu menyesalinya?

Menyesal Telah Mutusin Doi? Lakukan 5 Hal Ini Agar Hatimu Mantapfreepik.com/wavebreakmedia_micro

Ketika kamu mengetahui bahwa kamu gak nyaman menjalin hubungan ini, lantas kamu memilih putus, maka saat itu kamu sadar sepenuhnya akan pilihanmu ini. Lantas kenapa sekarang kamu jadi menyesali semua yang telah kamu lakukan? 

Jika sudah menyesal, maka tanyakanlah pada dirimu sendiri, mengapa kamu menyesal atas semua yang telah diambil? Setelah itu barulah cari solusinya. 

2. Ingat perasaan menyesalmu saat ini gak lain adalah masa transisi dalam hidupmu

Menyesal Telah Mutusin Doi? Lakukan 5 Hal Ini Agar Hatimu Mantapunsplash.com/Andrew Neel

Kamu harus tahu, umumnya perasaan menyesal itu hadir karena kamu belum terbiasa hidup tanpa dirinya. Kondisi seperti ini dinamakan sebagai fase transisi, dari yang awalnya selalu bersama, kini hanya kamu sendiri. 

Namun, jangan selalu mengandalkan perasaanmu. Kamu harus tetap berpendirian dan yakin jika sudah lama, perasaan seperti ini akan hilang. 

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Merasa Menyesal Putus dengan Mantan

3. Bertanggungjawablah atas apa yang telah kamu pilih dalam hidup

Menyesal Telah Mutusin Doi? Lakukan 5 Hal Ini Agar Hatimu Mantapunsplash.com/Tamara Bellis

Keputusanmu untuk mengakhiri hubungan bersamanya dibuat secara sadar. Oleh karena itu, bertanggungjawablah atas apa yang kamu pilih. 

Jika kamu tetap ingin balikan dengannya, maka hubunganmu gak akan lagi sama seperti dulu. Lebih baik lakukan hal-hal agar kamu bisa move on darinya. 

4. Berhenti membayangkan kisah indah bersamanya lagi

Menyesal Telah Mutusin Doi? Lakukan 5 Hal Ini Agar Hatimu Mantapunsplash.com/shade jay

Perasaan menyesal juga bisa hadir saat kamu sering membayangkan tentang kenanganmu bersamanya. Jika memang kamu ingin mantap dengan keputusanmu untuk putus darinya, maka maka berhenti mengenang masa lalu indah bersamanya. Untuk lepas, kamu bisa membayangkan hal buruk yang telah dia lakukan terhadapmu 

5. Hibur dan sibukkan dirimu agar ingatan tentangnya bisa hilang

Menyesal Telah Mutusin Doi? Lakukan 5 Hal Ini Agar Hatimu Mantapfreepik.com/nakaridore

Jangan menyendiri terus setelah putus, kamu harus menghibur dirimu sendiri agar bisa lupa tentangnya, atau carilah kesibukan lain biar pikiranmu gak berpusat pada dirinya saja. Dengan begitu, lama kelamaan kamu juga akan move on dari penyesalanmu ini. 

Merasa menyesal setelah memutuskan pasangan itu adalah hal yang wajar, tapi kamu harus bertanggungjawab dengan pilihanmu di awal. Jika memang sudah ingin putus maka, putuslah. Kamu bisa melakukan lima hal di atas agar gak menyesali semuanya lagi. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Menyesal Berikan Kesempatan Kedua pada Dia yang Selingkuh

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya