Comscore Tracker

Biar Gak Jadi Toxic, Ini 5 Cara Hadapi Pasangan yang Terobsesi Padamu

Jangan malah memarahinya

Memiliki pasangan yang kini jadi terobsesi ingin memiliki dirimu adalah hal yang mengesalkan. Hidupmu jadi lebih dikekang olehnya dan kamu pun gak nyaman menjalani hubungan, meskipun pada dasarnya kamu juga mencintai dirinya. 

Terus menerus berada dalam hubungan yang membuatmu tertekan, tentu saja akan jadi gak sehat. Akan lebih baik jika kamu menghadapi dia yang terobsesi denganmu melalui cara-cara di bawah ini agar dia sadar. 

1. Cari tahu terlebih dahulu alasan dan penyebabnya jadi terobsesi padamu

Biar Gak Jadi Toxic, Ini 5 Cara Hadapi Pasangan yang Terobsesi Padamufreepik.com/freepik

Di balik sikap pasangan yang sekarang jadi terobsesi denganmu, pastinya ada beberapa alasan dan sebab yang melatarbelakangi dirinya jadi berubah. Bisa saja penyebabnya adalah dari kesalahan yang kamu lakukan sehingga dia takut untuk kehilanganmu. Oleh karena itu, mulailah mencari tahu tentang penyebab tersebut agar kamu bisa mengatasi semuanya sebelum dirinya benar-benar jadi sosok yang toxic di hidupmu 

2. Sadarkan dirinya bahwa obsesi hanya akan menghancurkan hubungan

Biar Gak Jadi Toxic, Ini 5 Cara Hadapi Pasangan yang Terobsesi Padamufreepik.com/renestevensdg

Jika sudah tahu penyebabnya, maka sadarkanlah dirinya dengan memberikan berbagai macam pengertian. Katakan padanya bahwa menjadi sosok pasangan yang terobsesi pada dirinya hanya akan menghancurkan hubungan. 

Dia gak akan pernah merasa tenang dan kamu pun akan merasa tertekan oleh sikapnya. Akhirnya, bukan kelanggengan hubungan yang didapat, malahan hubungan kalian bisa berakhir. 

Baca Juga: 5 Akibat yang Justru Didapat kalau Terobsesi pada Pasangan

3. Bantu dia untuk menghilangkan perasaan obsesinya

Biar Gak Jadi Toxic, Ini 5 Cara Hadapi Pasangan yang Terobsesi Padamufreepik.com/freepik

Jangan hanya menceramahi dirinya untuk gak jadi sosok yang terobsesi, tapi kamu juga harus membantunya untuk menghilangkan sikap seperti itu. Caranya dengan menjalani hubungan secara santai dan sehat. 

Bahkan, kamu juga bisa meluangkan waktu lebih banyak bersama dengannya. Dengan begitu, dia akan berubah secara perlahan bersamamu. 

4. Kamu juga bisa memberitahu dirinya bahwa kamu gak nyaman

Biar Gak Jadi Toxic, Ini 5 Cara Hadapi Pasangan yang Terobsesi Padamufreepik.com/master1305

Ketika dia melakukan hal yang menunjukkan bahwa dirinya mulai obsesi lagi, maka kamu bisa memberitahu padanya bahwa kamu gak nyaman jika dia terus-terusan bersikap obsesi padamu. Kamu seakan gak bebas menjalani aktivitas. 

Dengan kamu memberitahu dirinya, maka dia akan berpikir bahwa bersikap terobsesi padamu itu gak membuatmu bahagia. Jika dia mencintaimu, maka dia akan berubah. 

5. Ambil langkah tegas jika dia gak berubah sama sekali

Biar Gak Jadi Toxic, Ini 5 Cara Hadapi Pasangan yang Terobsesi Padamufreepik.com/zinkevych

Jika dia terus mengulang sikapnya yang terobsesi padamu berkali-kali, maka ambilah langkah yang tegas. kamu bisa marah padanya, bahkan sebagai bentuk pembelajaran, kamu bisa memutuskan kontak dengannya sementara waktu. Dari situlah, dia akan berpikir dan merenungi setiap hal yang telah dia lakukan terhadapmu. 

Obsesi adalah salah satu sikap toxic dalam hubungan. Jika dibiarkan begitu saja, maka kamu juga akan merasakan dampak buruknya, yakni semakin terkekang dan gak bahagia bersama dia. Oleh karena itu, kamu harus menghadapi dirinya dengan lima cara di atas agar dia bisa berubah. 

Baca Juga: 5 Tanda Dia Hanya Terobsesi Tanpa Mencintaimu Sedikitpun di Hubungan

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya