Comscore Tracker

5 Pelajaran Berharga yang Didapat Saat Toxic Relationship-mu Berakhir

Pribadimu akan jauh lebih dewasa

Menjalani toxic relationship memang akan membuatmu terus menerus tertekan dan tersakiti secara psikis. Putus dari toxic relationship nyatanya akan membuatmu lega dan damai. Namun, tentang putus pastilah menyisakan kecewa yang amat bersatu dalam hati. 

Selagi kamu merasa kecewa atas apa yang dialami, nyatanya kanu juga mendapatkan pelajaran berharga dari berakhirnya toxic relationship yang kamu jalani. Berikut pelajaran berharga yang bisa kamu simak baik-baik. 

1. Cinta bisa tumbuh dan ditunjukkan pada siapa saja, meski itu orang yang salah

5 Pelajaran Berharga yang Didapat Saat Toxic Relationship-mu Berakhirunsplash.com/Annette Sousa

Cinta tidak bisa kamu paksakan untuk kapan tumbuhnya dan pada siapa kamu menunjukkannya. Perihal salah dalam menunjukkan cinta pada sosok yang pernah ada di hidupmu, itu bukanlah salahmu.

Di mana hal tersebut adalah proses jatuh bangun dalam menemukan sosok pasangan yang pas. Kamu pernah menjalin toxic relationship sekarang, bisa jadi ke depannya kamu akan menjalani relationship goals yang berlabu pada pelaminan. 

2. Menggunakan logika dalam hubungan itu sangat penting

5 Pelajaran Berharga yang Didapat Saat Toxic Relationship-mu Berakhirpexels/Jeswin Thomas

Terlalu mencintai pasangan dalam hubungan terkadang akan membuatmu buta dan lupa akan segalanya. Hal itulah yang terjadi dalam toxic relationship yang kamu jalani dulu.

Kini setelah berpisah dan berhasil lepas dari dirinya, maka kamu akan tahu bahwa cinta itu bukanlah segalanya dalam hubungan. Logika pun perlu, di mana logika akan mengarahkanmu pada suatu hal yang realistis. 

Baca Juga: 12 Alasan Kenapa Kamu Susah untuk Lepas dari Toxic Relationship

3. Pernah menjalani toxic relationship berarti kamu mampu mengenali hal yang salah dalam hubungan

5 Pelajaran Berharga yang Didapat Saat Toxic Relationship-mu Berakhirpexels.com/Tan Danh

Menjalani toxic relationship itu perlu energi yang extra dan kamu yang telah melewatinya. Kamu berhasil lepas dari toxic relationship adalah suatu hal yang patut diberikan penghargaan.

Setelah kamu lepas, maka kamu akan tahu bagian mana dalam hubunganmu yang salah. Di mana, kesalahan yang ada di masa lalu akan diperbaiki di hubungan yang akan datang agar tidak terjadi dia kali dalam hidupmu. 

4. Mengetahui bahwa hubungan harus berjalan sesuai dengan harapan dari dua pihak

5 Pelajaran Berharga yang Didapat Saat Toxic Relationship-mu Berakhirunsplash.com/Carly Rae Hobbins

Lepas dari toxic relationship itu sangat melegakan dan kamu pun akan mengerti bahwa hubungan cinta harus sejalan dengan harapan dari dua pihak, bukan hanya dari kamu saja. Selalu mengedepankan keinginanmu dalam hubungan hanya akan membuat hubungan menjadi tak sehat.

Namun, akan lebih baik jika keinginan itu didiskusikan juga dengan pasangan agar hubungan tersebut bisa sejalan dan langgeng selamanya. 

5. Mentalmu telah diuji dan kini lebih dewasa dalam menyikapi masalah

5 Pelajaran Berharga yang Didapat Saat Toxic Relationship-mu Berakhirunsplash.com/Warren Wong

Ketika menjalani toxic relationship, pastinya kamu dihadapkan oleh berbagai hal yang menguras pikiran dan tenaga. Makanya, tak heran bila setelah kamu lepas dari toxic relationship, maka mentalmu akan jauh lebih kuat dan kamu bisa menjadi pribadi yang lebih dewasa dalam menghadapi berbagai masalah dalam hidup. Semua yang telah kamu lalui tak lain adalah proses hidup menuju pendewasaan diri. 

Itulah lima pelajaran berharga yang akan didapatkan saat toxic relationship-mu berakhir. Semuanya yang kamu lalui selama ini akan membuatmu menjadi sosok yang lebih kuat lagi. Tentunya kamu pun tak akan terjebak dalam toxic relationship lagi. 

Baca Juga: 7 Karakter Ini Bisa Menjerumuskan Kamu ke Dalam Toxic Relationship

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya