Comscore Tracker

5 Penyebab Pasangan Sulit Ucapkan Maaf pasca Lakukan Kesalahan

Kamu harus tahu!

Setiap hubungan pastilah memiliki pertengkaran yang disebabkan oleh kesalahan, entah itu dilakukan olehmu maupun oleh pasangan. Selepas melakukan kesalahan tersebut, tentu saja harus ada permintaan maaf yang diucapkan untuk dapat membuat hubungan kembali harmonis lagi. 

Namun, ketika pasanganmu adalah sosok yang sulit sekali mengucapkan maaf, tentunya hal itu sangat menjengkelkan. Lantas, apa sih penyebab dia sulit meminta maaf walau hanya sekedar ucapan saja? Nah, berikut yang harus kamu ketahui biar paham. 

1. Takut citra baiknya di hadapanmu jadi rusak

5 Penyebab Pasangan Sulit Ucapkan Maaf pasca Lakukan Kesalahanunsplash.com/Idella Maeland

Kesalahan yang dia lakukan terhadapmu, tentu saja membuatmu sakit hati dan menilai bahwa diri sendirinya itu bukanlah sosok pasangan yang baik. Meski begitu, yang tahu dia tidak baik hanyalah dirinya sendiri.

Mengucapkan kata maaf terhadapmu, tentu saja akan membuat citra baiknya di hadapan kamu jadi rusak dan dia takut kamu menganggapnya sebagai bosok yang buruk. Oleh sebab itulah, permintaan maaf tidak akan dia ucapkan. 

2. Permintaan maaf membuatnya terlihat lemah

5 Penyebab Pasangan Sulit Ucapkan Maaf pasca Lakukan Kesalahanunsplash.com/Idella Maeland

Mengucapkan kata maaf, berarti dia mengakui kesalahannya. Pengakuan tersebut akan membuatnya menjadi sosok yang terlihat lemah di hadapanmu. 

Oleh karena itu, dia ingin tetap terlihat kuat dan baik-baik saja. Caranya dengan tidak mengucapkan kata maaf, meski dia tahu bahwa dia salah. 

3. Takut kamu menolak maaf yang dia lontarkan

5 Penyebab Pasangan Sulit Ucapkan Maaf pasca Lakukan Kesalahanunsplash.com/Mosa Moseneke

Ketika dia minta maaf, ada dua respon yang akan dia dapatkan darimu. Pertama adalah kamu menerima maafnya dan kedua, kamu menolak maafnya. Ketika kamu menerima maafnya, tentu saja dia akan senang bahwa kesalahannya bisa dimaafkan olehmu. 

Namun, jika kamu malah menolaknya, itu akan menjadi beban untuk dia. Dia akan merasa malu terhadapmu dan takut kamu akan memaki dirinya dengan hinaan. 

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Paling Susah Minta Maaf, Egoisnya Tinggi!

4. Percaya bahwa tindakan lebih berarti dibandingkan kata maaf

5 Penyebab Pasangan Sulit Ucapkan Maaf pasca Lakukan Kesalahanunsplash.com/Laura Margarita Cedeño Peralta

Maaf memang hanya sebuah ucapan dan kamu tahu bahwa mengatakannya sangatlah mudah. Namun, tidak semua orang bisa melakukannya, termasuk pasanganmu. 

Alasan dia sulit mengucapkan maaf karena dia menilai bahwa tindakan perubahan lebih penting daripada maaf. Dengan tindakan, kamu tidak hanya menerima maafnya saja, tapi langsung dibuktikan olehnya. 

5. Pernah dikhianati olehmu

5 Penyebab Pasangan Sulit Ucapkan Maaf pasca Lakukan Kesalahanunsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Jangan salah, ketika kamu pernah mengkhianatinya dan dilakukan berulang-ulang, tentunya dia akan kecewa denganmu dan tidak percaya akan kata maaf yang diucapkan olehmu. Akhirnya, dia belajar dari perilakumu bahwa ucapan maaf itu tidak berarti bahwa telah menyesal melakukannya. Oleh karena itu, dia lebih memilih untuk melakukan cara lain agar kesalahannya bisa dimaafkan. 

Nah, itulah tadi lima sebab yang bikin pasanganmu sulit ucapkan maaf setelah lakukan kesalahan. Setelah membacanya, apakah kamu sudah paham sebab dia sulit sekali mengucapkan maaf terhadapmu?  

Baca Juga: Meski Gak Bilang Maaf tapi 5 Sikap Ini Menandakan kalau Dia Menyesal

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya