Comscore Tracker

5 Penyebab Wanita Memilih Berpisah Setelah Menjalin Hubungan Lama

Pihak wanita gak melulu minta dinikahi

Menjalin hubungan percintaan yang lama tidak menjamin semuanya bakal berakhir pada pernikahan. Tidak sedikit pasangan baik dari pihak pria dan wanita akan mengakhiri hubungan setelah hubungan yang dijalaninya berusia sangat lama. Faktor-faktor yang dialami dan dijadikan alasannya pun sangat beragam.

Bagi wanita yang lebih memilih berpisah dan mengakhiri hubungan yang telah terjalin lama, terdapat beberapa faktor dan penyebabnya mengapa ia sampai tega melakukan hal tersebut. Seperti lima penyebab di bawah ini.

1. Selama menjalin hubungan ia merasa terkekang

5 Penyebab Wanita Memilih Berpisah Setelah Menjalin Hubungan LamaUnplash.com/Brooke Cagle

Selama berbulan-bulan bahkan tahunan wanita lebih mudah menyembunyikan perasaan yang dialaminya, salah satunya adalah menyembunyikan bahwa ia merasa terkekang berada dalam hubungan yang dijalaninya dengan pasangannya. Ia tidak bebas melakukan segala sesuatu yang disukainya.

Segala sesuatunya harus dengan kehendak dan atas izin dari pasangan. Meski ia enjoy menjalani semua itu, tetapi di dalam hati kecilnya ia selalu bersedih dan merasa terkekang berada dalam hubungan ini.

2. Pasangan terlalu menuntut dirinya untuk berubah dan menjadi pribadi lain

5 Penyebab Wanita Memilih Berpisah Setelah Menjalin Hubungan LamaUnplash.com/Amerika woodard

Banyak pria yang menuntut pasangannya untuk berperilaku sesuai dengan yang diinginkannya. Mengaturnya dari segi pakaian, prilaku dan tutur bahasa yang menurut pribadinya itu baik. Namun, apakah pria pernah memikirkan tentang perasaan dari pasangannya, apakah pasangannya menyukai hal tersebut atau tidak.

Meski memiliki tujuan yang baik sejatinya pasanganmu tidak akan pernah bisa menjadi dirinya sendiri di depan dirimu. Ia akan mencoba bersikap biasa saja dan melakukan segala hal yang kamu perintah akan agar kamu bisa terus menerima dan mencintainya. meskipun ia tak menginginkannya.

Baca Juga: Sebelum Memutuskan Berpisah Dengan Pacar, Pikirkan Dulu 5 Hal Berikut

3. Pernah diperlakukan kasar oleh pasangan

5 Penyebab Wanita Memilih Berpisah Setelah Menjalin Hubungan LamaUnplash.com/Julia Caesar

Terkadang pria yang sedang dalam keadaan marah karena bertengkar dengan pasangan secara tidak sadar ia bisa berperilaku kasar. Entah hanya menampar, mendorong atau mengucapkan kata kasar. Bagi wanita hal tersebut membuat dirinya merasakan ketakutan dan trauma berkepanjangan.

Termasuk ketakutan akan terulang kembali, ia tak ingin membangun sebuah keluarga dengan seseorang yang telah berperilaku kasar terhadapnya. Maka, tak heran jika banyak wanita yang memilih mengakhiri hubungan karena alasan pasangannya kasar.

4. Pasangannya sulit untuk berpikiran terbuka

5 Penyebab Wanita Memilih Berpisah Setelah Menjalin Hubungan LamaUnplash.com/Jeremy Bishop

Memiliki pasangan yang berpikiran terbukanya merupakan dambaan setiap wanita. Ia menginginkan pria yang dapat menyikapi setiap permasalahan dengan tidak melihat dari hanya satu sisi saja.

Ketika ia membangun rumah tangga dengan pasangannya, ia ingin semuanya dilakukan secara bersama-sama bukan segalanya dilakukan oleh wanita dari mulai memasak, membersihkan dan merapikan rumah, melayani suami dan lainnya. Ia menginginkan seorang pria yang mampu berpikir bahwa pria dan wanita itu sama yaitu memiliki persamaan hak dan kewajiban.

5. Mengetahui bahwa dirinya tidak pernah mendapatkan restu dari orangtua pasangan

5 Penyebab Wanita Memilih Berpisah Setelah Menjalin Hubungan LamaUnplash.com/Ben White

Menjalin hubungan lama maka sudah pasti saling mengenal kedua keluarga masing-masing. Sudah pernah bertemu dan berbincang dengan orang tua pasangan. Mengetahui seluk beluk keluarganya dan sikap keluarganya. Namun, meskipun telah menjalin hubungan yang begitu lama mendapatkan sebuah restu dari orang tua tidaklah semudah yang dibayangkan.

Ketika wanita sudah mengetahui jika orang tua dari pihak pria tidak menyukainya dan tidak memberikan restu dalam hubungan yang sedang dijalaninya, maka ia akan memilih untuk berpisah.

Penyebab wanita lebih memilih berpisah dalam hubungan yang lama itu tidak melulu karena pihak wanita minta dinikahi sesegera mungkin. Namun, lima penyebab di ataslah yang dijadikan alasan sehingga wanita lebih memilih untuk mengakhiri hubungan. Jadi jangan langsung memberikan cap buruk pada pasanganmu yang memilih untuk berpisah yah.

Baca Juga: Terlihat Baik-baik Saja, 5 Hal Ini Rentan Sebabkan Pasangan Berpisah

P U T R I Photo Community Writer P U T R I

Yuk menulis lagi! mari berteman ig:@putrirhy11

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You