Comscore Tracker

5 Perilaku yang Tunjukkan Pasangan Sangat Mengontrolmu dalam Hubungan

Kamu harus segera sadar

Memiliki hubungan asmara dan dirimu sering dikontrol oleh pasangan tentunya adalah hal yang sangat buruk dalam hubungan. Meski kamu mencintainya, tapi jangan sampai rasa cintamu membutakan segalanya dan menganggap sikap mengontrolnya padamu ini adalah bentuk dia peduli padamu. Justru, sikapnya inilah sangat semena-mena dan membuat hubungan menjadi lebih toxic. 

Selain selalu harus dikabari dan ikut ke mana pun pergi, nyatanya tanda sikap pasangan yang mengontrol dirimu bukan hanya sebatas itu. Ada hal lain yang jauh lebih spesifik dan juga merugikan dirimu dalam hubungan. Berikut perilaku pasangan yang tunjukkan sangat mengontrol dirimu dalam hubungan. 

1. Harus selalu izin padanya di setiap hal yang akan kamu lakukan

5 Perilaku yang Tunjukkan Pasangan Sangat Mengontrolmu dalam Hubunganunsplash.com/Christin Hume

Meminta izin pada pasangan dalam hubungan sering kali diartikan sebagai bentuk keterbukaan satu sama lain agar sama-sama tahu tentang hal yang dilakukan. Hal tersebut memang benar adanya.

Namun, beda konteksnya jika pasangan selalu menyuruhmu untuk meminta izin pada setiap hal yang akan kamu lakukan. Hal itu menunjukkan bahwa dirinya benar-benar sedang mengontrol hidupmu agar dia bisa terus memantau hal apa yang kamu lakukan tanpa kehadirannya. 

Meminta izin itu perlu, tapi hanya untuk hal-hal yang masih berhubungan dengan dirinya saja. Jika ada kegiatan yang tak berhubungan dengan dirinya, maka kamu tak perlu melakukannya. 

2. Menuntutmu untuk berubah sikap sesuai dengan yang dia inginkan

5 Perilaku yang Tunjukkan Pasangan Sangat Mengontrolmu dalam Hubunganpexels.com/Trinity Kubassek

Jika kamu sudah berstatus menikah dengan pasanganmu, dia yang menuntutmu untuk berubah sikap sesuai yang dia inginkan, yang menurutnya baik, maka kamu harus menurutinya karena kamu harus patuh padanya dan hal itu pun demi kebaikanmu juga.

Namun, jika belum menikah dan masih hubungan pacaran, lalu dia menuntutmu untuk mengubah sikapmu sedemikian rupa, maka hal itu menunjukkan bahwa dirinya sangat mengontrol pribadimu dan berusaha untuk mengubah semua tentang dirimu.

Dirinya tidak pernah sama sekali peduli padamu, apakah kamu tertekan atau tidak? yang dipedulikannya hanyalah dia bisa punya pasangan yang sikapnya sesuai yang dia harapkan. 

Baca Juga: 5 Cara Menyikapi Perilaku Pasangan yang Ternyata Hanya Memanfaatkanmu

3. Mengatur style pakaianmu setiap bertemu dengannya

5 Perilaku yang Tunjukkan Pasangan Sangat Mengontrolmu dalam Hubunganunsplash.com/Roman Purtov

Ketika dirinya sudah terlalu memiliki dirimu, maka dia sudah berhak atas hidupmu. Imbasnya dia akan mengontrol segala hal yang berhubungan denganmu, termasuk mengatur segala style pakaian yang akan kamu gunakan saat bersama dengannya.

Jika hal tersebut sudah dilakukan, maka dia sudah tak menganggapmu sebagai subjek lagi dalam hubungan. Yang dianggap, kamu adalah objek yang bisa dia atur sedemikian rupa agar tampil menawan. 

4. Mengetahui segala password akun media sosial yang kamu gunakan

5 Perilaku yang Tunjukkan Pasangan Sangat Mengontrolmu dalam Hubunganpexels.com/Gustavo Fring

Password media sosial adalah hal privasi yang sebaiknya orang lain tidak mengetahuinya sama sekali, termasuk pasanganmu. Jika sekarang dia sudah mengetahui segala password akun media sosialmu, maka hal itu sudah sangat membuktikan bahwa dirimu ada di bawah kontrol dirinya. Kamu sudah tak lagi punya privasi dalam hidupmu karena segalanya sudah dia ketahui sekarang. 

5. Harus selalu mendahulukan dirinya di setiap hal yang dia minta

5 Perilaku yang Tunjukkan Pasangan Sangat Mengontrolmu dalam Hubunganunsplash.com/Brooke Winters

Ingin diprioritaskan dalam hubungan oleh orang tersayang sangat normal dirasakan. Namun, jika dirinya sudah terlalu menuntutmu untuk mendahulukan segala hal yang dia minta, tanpa melihat kepentinganmu juga, maka hal itu sudah keterlaluan. Apa lagi, jika ditambah dirinya mengancam putus bilamana kamu tidak menuruti perintahnya. Hidupmu saat ini sudah menjadi hidupnya. Tak ada kendali untuk dirimu sendiri. 

Itulah lima perilaku pasangan yang tunjukkan sudah sangat mengobrolmu dalam hubungan. Jika sudah begitu, kamu harus segera sadar. Mulailah untuk bisa berkata tidak jika kamu tak ingin stres dibuat olehnya. Bahkan, putus pun harus kamu lakukan jika dia tetap saja tak berubah. 

Baca Juga: 5 Ciri Hubungan Platonik, Hubungan yang Gak Dilandasi Rasa Cinta

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya