Comscore Tracker

5 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Memilih Putus Darinya

Jangan tergesa-gesa memutuskan hubungan!

Ketika kamu memilih untuk putus, pastinya ada sebab serta alasan dari dirimu sehingga terpikirkan untuk mengakhiri hubungan ini, entah itu sepele maupun yang rumit.

Namun, sebelum memutuskan untuk mengakhiri hubunganmu dengannya, maka cobalah menjawab beberapa di bawah ini untuk mengetahui apakah kamu nanti siap dan gak akan menyesal telah mengambil keputusan ini. Apa saja?

1. Kesalahan apa yang telah dia lakukan padamu?

5 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Memilih Putus Darinyapexels.com/RODNAE Productions

Sebelum memutuskan untuk mengakhiri semua kisahmu dengannya, maka cobalah jawab pertanyaan ini. Kesalahan apa yang telah dilakukan oleh pasanganmu sehingga kamu gak bisa memperbaiki semuanya? Apakah memang sefatal itu? 

Jika jawabannya hanya sepele, maka pikirkan lagi karena takutnya ini adalah emosi sesaat saja. Namun, jika memang fatal dan gak bisa kamu maafkan, maka kamu bisa mengakhiri semuanya.

2. Masihkah kamu mencintainya?

5 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Memilih Putus Darinyapexels.com/Alena Darmel

Pikirkan lagi semuanya karena memilih keputusan untuk mengakhiri semuanya itu sangat berdampak besar. Jika kamu masih mencintainya, jangan malah memutuskan hubungan dengannya karena itu akan membuatmu kehilangan dirinya.

Bertahanlah dan selesaikan setiap masalah yang ada dan jangan bersikap egois terus. Namun, jika memang kamu gak lagi mencintainya, maka diskusikanlah dengan pasangan agar keputusan untuk mengakhiri hubungan ini bisa dilakukan secara baik-baik. 

Baca Juga: Gak Ada Kata Putus, Ini 5 Tanda Bahwa Hubungan Kalian Sudah Selesai

3. Siapkah kamu berpisah darinya?

5 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Memilih Putus Darinyaunsplash.com/Steven Aguilar

Jika kamu memang sudah siap berpisah dengannya, maka kamu juga sudah siap dengan kehilangan dia dan merasa kesepian setelah hubungan ini berakhir.

Jika tidak, maka jangan ambil keputusan untuk mengakhiri hubungan ini karena pada akhirnya kamu akan menyesali semua yang telah terjadi. Kamu gak siap kehilangannya dan akhirnya hanya bisa menyalahkan diri sendiri. 

4. Apakah kamu benar-benar gak bahagia bersamanya?

5 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Memilih Putus Darinyapexels.com/Mann Quang

Sekali lagi ingat, jangan mengambil keputusan hanya karena kamu sedang emosi saja. Jika memang selama ini kamu bahagia-bahagia saja bersamanya, maka bertahanlah karena setiap hubungan itu ada masa-masa sulitnya.

Namun, jika selama menjalin hubungan ini kamu lebih banyak kecewa dan sakit hatinya, maka jangan lanjutkan lagi. Hal ini menunjukkan bahwa kalian berdua memang gak cocok satu sama lain, makanya kalian gak bahagia. 

5. Masihkah kalian memiliki mimpi yang sama dalam hubungan ini?

5 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Memilih Putus Darinyaunsplash.com/Rahadiansyah

Mimpi dan harapan pastinya kamu miliki bersama dengannya. Pertanyaan, sampai saat ini masih adalah mimpi yang masih kalian harapkan bersama? Diskusikan semuanya. Jangan sampai hanya karena masalah sepele saja, rencana dan mimpi yang telah kalian bangun jadi sia-sia. 

 

Jangan mengambil keputusan dengan tergesa-gesa, apa lagi saat kamu sedang emosi. Tenangkan dirimu jika ingin mengambil keputusan besar dalam hubungan, dan jawablah pertanyaan di atas untuk memantapkan hatinya tentang keputusan apa yang akan dipilih.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Masih Merasa Marah Pasca Putus Cinta

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya