Comscore Tracker

Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Jalani Keseriusan Hubungan Jangka Panjang

Jangan sampai kamu salah memilih

Menjalin hubungan baru dengan segala komitmen dan keseriusan perlu pertimbangan yang matang dan hati-hati. Terlebih, jika kamu akan menjalin hubungan pacaran dalam jangka waktu yang panjang dan tidak hanya satu, dua dan tiga bulan saja, tapi beberapa tahun kedepan.

Jika saat ini kamu benar-benar ingin menjalin hubungan baru, tapi ingin langsung serius dan menjalaninya dalam jangka waktu yang panjang hanya dengan satu orang, maka kamu perlu pertimbangan yang banyak untuk beberapa hal, seperti pertimbangan di bawah ini.

1. Setia hanya pada satu orang

Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Jalani Keseriusan Hubungan Jangka Panjangpexels.com/Smoke Weddings

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan saat akan menjalani hubungan serius dalam jangka waktu yang panjang adalah komitmen. Komitmen bahwa kamu akan setia pada satu orang dan tidak akan melirik atau naksir dengan lawan jenis, selain pasanganmu.

Jika kesetiaan sudah benar-benar kamu yakini dan tak akan menduakan dirinya, maka kamu bisa menjalani hubungan tersebut. Namun, jika hatimu tidak yakin, apakah kamu bisa setia atau tidak? Lebih baik jangan menjalaninya, karena jika kamu terpaksa menjalaninya, justru hanya akan mempermainkan hatinya saja.

2. Apakah benar kamu bisa menerima segala kekurangannya? 

Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Jalani Keseriusan Hubungan Jangka Panjangpexels.com/Git Stephen Gitau

Menjalani komitmen dengan seseorang dalam hubungan itu perlu penerimaan yang baik dari kedua pihak. Sebelum menjalin hubungan dengan dirinya, kamu harus menanyakan beberapa hal terlebih dahulu pada dirimu sendiri.

Salah satunya adalah apakah kamu yakin bisa menerima segala kekurangan yang ada? Karena, dalam hubungan itu bukan hanya kelebihan saja yang diterima dengan baik, kekurangan pun harus diterima juga.

Kelebihan dan kekurangan itu satu paket dalam diri. Oleh karena itu, kamu harus menerimanya dengan apa adanya dia. 

3. Pastikan bahwa kamu akan menikah dengannya

Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Jalani Keseriusan Hubungan Jangka Panjangpexels.com/Hoang Kha

Berniat untuk menjalani hubungan jangka panjang, berarti kamu juga harus benar-benar yakin bahwa kamu harus menikahinya kelak. Jangan hanya modal ucapan saja, di mana nantinya hanyalah sebuah angin belaka.

Kamu harus berjanji pada dirimu sendiri untuk menikah dengan dirinya, sehingga waktu yang kamu dan dia habiskan dalam hubungan tidak sia-sia begitu saja. Selalu ada tujuan di balik hubungan, apa lagi jika hubungan tersebut memakan waktu yang begitu panjang. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Segera Punya Tujuan Jangka Panjang Dalam Hidup

4. Siap dengan segala risiko hubungan yang akan ditanggung

Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Jalani Keseriusan Hubungan Jangka Panjangunsplash.com/Roman Purtov

Menjalani hubungan jangka panjang itu bukan hanya tentang senangnya saja, tapi akan ada banyak dukanya juga. Masalah dan pertengkaran akan mewarnai setiap jalannya. Di mana hal ini adalah proses pendewasaan diri dalam hubungan.

Jika kamu bisa menerima segala risiko yang akan dihadapi kelak, maka hubunganmu tidak akan berakhir sia-sia. Malahan, hubungan percintaanmu bisa kuat dan langgeng hingga menikah dan tua nanti.

5. Perhatikan kehidupan sosialnya

Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Jalani Keseriusan Hubungan Jangka Panjangunsplash.com/The HK Photo Company

Kamu tentunya ingin punya pasangan yang baik secara sikap dan perilaku, bukan? Nah, mencari tahu seluk beluk sosial dia, mulai dari keluarga, pertemanan hingga lingkungan yang dia tinggali pun harus kamu lakukan.

Dengan kamu mengetahui semua itu, berarti kamu sudah mengenal hampir 75% karakter dalam dirinya. Selain itu, memperhatikan kehidupan sosialnya juga akan membuatmu yakin dalam memilih calon pendamping hidup. 

Nah, itulah lima hal yang perlu dipertimbangkan saat kamu ingin menjalani hubungan jangka panjang yang serius. Mempertimbangkan kelima hal di atas, maka tidak akan membuatmu menyesal di kemudian hari. 

Baca Juga: 5 Pola Pikir Ini Dimiliki Pasangan yang Serius dalam Menjalin Hubungan

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya