5 Rencana Masa Depan Ini Harus Dibahas dengan Pasangan sebelum Menikah

Jangan sampai tak ada persiapan sama sekali

Ketika kamu akan menikah, mempersiapkan segala keperluan tentang pernikahan adalah hal yang wajib. Hal itu dikarenakan, baik kamu dan pasangan tidak ingin ada yang gagal dalam melaksanakan semuanya, terutama tentang resepsi pernikahan. 

Namun, selain mempersiapkan tentang pernikahan, kamu juga harus mempersiapkan tentang rencana masa depan bersamanya kelak. Oleh karena itu, kamu dan dia harus mendiskusikannya secara matang. Nah, berikut ini ada lima hal penting yang harus kamu diskusikan bersama pasangan sebelum melangsungkan pernikahan. 

1. Jumlah anak yang akan dimiliki nanti

5 Rencana Masa Depan Ini Harus Dibahas dengan Pasangan sebelum Menikahunsplash.com/Ann Danilina

Tujuan menikah tak lain adalah membentuk sebuah keluarga yang bahagia. Oleh karena itu, membicarakan tentang anak dan akan punya berapa anak nantinya adalah hal pertama yang harus kamu diskusikan.

Jangan sampai kamu menikah, lalu belum merencanakan tentang kehadiran anak. Lantas, ketika nanti tiba-tiba kamu hamil dan waktu beberapa minggu saja setelah menikah, maka kamu akan kaget dan belum siap menerima segala hal yang akan terjadi dalam hidupmu itu. 

2. Tempat tinggal untuk menghabiskan waktu berdua selamanya

5 Rencana Masa Depan Ini Harus Dibahas dengan Pasangan sebelum Menikahunsplash.com/Toa Heftiba

Tidak selamanya nanti kamu dan pasangan akan tinggal dalam satu atap bersama dengan mertua atau orangtuamu karena hal itu tidak akan membuatmu merasa tenang dan bebas dalam membina rumah tangga. Selalu ada rasa segan dan tak enak hati nantinya. 

Oleh karena itu, diskusikanlah sebelum kamu melangsungkan pernikahan dengan pasangan. Hal itu bertujuan agar kamu punya pandangan setelah menikah nanti, apakah harus membeli aset rumah, mengontrak terlebih dahulu atau tetap akan tinggal di rumah mertua atau orangtuamu? 

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dipastikan saat Serius Ingin Menikah dengan Kekasihmu

3. Soal pekerjaan, apakah boleh keduanya bekerja

dm-player
5 Rencana Masa Depan Ini Harus Dibahas dengan Pasangan sebelum Menikahunsplash.com/LinkedIn Sales Navigator

Ketika kamu berumah tangga kelak, maka akan ada pemisah peran dan tanggung jawab. Suami sebagai kepala keluarga mencari nafkah dan istri sebagai pendamping mengurus segala keperluan rumah tangga. 

Jika kamu dan dia sama-sama ingin bekerja dengan passion masing-masing, maka diskusikanlah. Jangan sampai nantinya timbul pertengkaran karena kurang komunikasi tentang hal seperti ini. Jika memang harus bekerja keduanya, maka harus ada saling gotong royong dalam urusan rumah tangga. 

4. Pekerjaan rumah tangga 

5 Rencana Masa Depan Ini Harus Dibahas dengan Pasangan sebelum Menikahunsplash.com/Jason Briscoe

Pekerjaan rumah tangga umumnya akan dilakukan oleh seorang istri. Namun, jika istri harus bekerja dan tetap mempertahankan pekerjaannya ini, maka diskusikan semuanya bersama dengan pasangan, terutama soal pekerjaan rumah tangga.

Apakah rumah akan dibersihkan dan dikerjakan segalanya berdua, atau menyewa tenaga asisten rumah tangga? Meski sepele, nyatanya hak seperti ini harus cepat didiskusikan agar kamu tidak kesusahan nantinya. 

5. Mengelola keuangan

5 Rencana Masa Depan Ini Harus Dibahas dengan Pasangan sebelum Menikahunsplash.com/Annie Spratt

Memutuskan untuk menikah dengan pasanganmu berarti kamu harus siap untuk menggabungkan seluruh penghasilanmu dengan pasanganmu. Namun, tetap diskusikan terlebih dahulu tentang bagaimana pengelolaan nantinya. Hal ini dilakukan agar kamu dan pasangan bisa melakukan manajemen keuangan dengan sangat baik tanpa harus boros. 

Itulah lima rencana masa depan yang harus kamu diskusikan dengan pasangan sebelum menikah. Jangan sampai semuanya serba mendadak karena semua itu akan membuatmu tidak siap. 

Baca Juga: 5 Alasan Terbuka Soal Masalah Keluarga Itu Penting saat akan Menikah

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya